Terima Kasih Telah Berkunjung ke Unclebonn.com Ini Alasan Sederhana Mengapa Anak-anak Menggit Timbi, Laipori, Walakiri, Kadumbul dan Maujawa Perlu Memilih SMK Negeri 1 Pandawai? - unclebonn.com

Thursday, May 19, 2022

Ini Alasan Sederhana Mengapa Anak-anak Menggit Timbi, Laipori, Walakiri, Kadumbul dan Maujawa Perlu Memilih SMK Negeri 1 Pandawai?

https://www.unclebonn.com/2022/05/ini-alasan-sederhana-mengapa-anak-anak.html

Kalau mau lengkap alasan mengapa anak-anak Menggit Timbi, Laipori, Walakiri, Kadumbul, Maujawa dan Wera perlu Memilih SMK Negeri 1 Pandawai? Sebenarnya peserta didik saat ini ada juga yang berasal dari Kahaungu Eti dan Mauhau. Yang dari Mauhau itu anak-anak yang berasal dari Bajawa, Flores. Sebelumnya ada yang dari Prailiu, dari Kamalaputi. Bahkan dari Melolo. Ke sekolah mereka memakai kendaraan roda dua atau menumpang bus pagi Melolo. 


SMK Negeri 1 Pandawai melaksanakan penerimaan siswa baru (PPDB) tahun pelajaran 2016-2017. Sekolah kejuruan ini berlokasi di Menggit Timbi, Desa Palakahembi, Kecamatan Pandawai, Kabupaten Sumba Timur, NTT.


Baca Juga : Menengok Peralatan Dan Fasilitas Bengkel Siswa Teknik Dan Bisnis Sepeda Motor, Jurusan Unggulan Di SMK Negeri 1 Pandawai Kabupaten Sumba Timur

 

Jumlah peserta didik baru angkatan perdana kurang lebih 58 orang. Kondisi saat itu nir dana BOS sampai bulan Desember 2016. Semua guru dan pegawai bekerja sukarela. Beruntungnya penanggung jawab pembangunan sekolah saat itu, Dominik W. Tenggu,SH dan juga sebagai kepala sekolah definitif saat ini mempertimbangkan kearifan lokal dengan merekrut para sarjana dari Menggit Timbi, Laipori, dan Walakiri di tambah guru-guru yang berdomisili di Waingapu. 


Kebijakan kearifan lokal ini dengan memperhatikan pemberdayaan masyarakat setempat, jarak lokasi dan pendekatan budaya. Dengan harapan bahwa proses pembangunan sekolah dan proses pembelajaran dapat berjalan lancar, aman dan tertib. Selain itu dengan kehadiran sekolah (SMK Negeri 1 Pandawai) setidaknya memberi kesempatan kerja bagi para sarjana di sekitar lingkungan sekolah. Walau demikian, semuanya melalui proses pertimbangan dan analisis kebutuhan sekolah. 


Saat ini, SMK Negeri 1 Pandawai salah satu sekolah baru dalam kacamata penulis merupakan sekolah baru yang potensial. Pembangunan sarana dan prasarana sekolah terus dilakukan. Perwajahan sekolah terus dirias agar sekolah tidak tampak kumuh. Proses pembelajaran selama masa pandemi tetap dilakukan baik melalui pembelajaran tatap muka terbatas maupun PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh). 


Baca Juga : Sepenggal Kisah Masa Prakerin Siswa NKPI Angkatan 4 Tahun 2021 SMK Negeri 1 Pandawai


Selain kegiatan pembelajaran kegiatan lomba-lomba dan teranyar Gebyar SMK tahun 2022 juga diikuti oleh peserta didik SMK Negeri 1 Pandawai. Tujuan untuk memberi pengalaman baru kepada peserta didik. Karena kami tahu kerinduan peserta didik tentang pengalaman baru sehingga mendukung perkembangan karir mereka setelah menamatkan pendidikan di SMK Negeri 1 Pandawai. 


Lulusan SMK Negeri 1 Pandawai juga banyak yang diterima bekerja di PT. MSM (Muria Sumba Manis). Sebagian melanjutkan kuliah dan beberapa lulusan melanjutkan ke Politeknik Kelautan dan Perikanan Kupang. Bahkan sudah ada alumni SMK Negeri 1 Pandawai yang lulus tes dan sudah menjadi Bintara TNI AD. Itulah sekilas perkembangan terkini SMK Negeri 1 Pandawai. 


Mengapa harus memilih SMK Negeri 1 Pandawai?


Jika tidak memilih melanjutkan pendidikan ke kedokteran, teknik nuklir, atau beberapa sekolah kedinasan lainnya yang belum menerima lulusan SMK maka kami merekomendasikan lanjut saja ke SMK. Dalam konteks ini ke SMK Negeri 1 Pandawai. Di sekolah ini terdapat 3 Kompetensi Keahlian antara lain: Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM), Nautika Kapal Penangkap Ikan (NKPI) dan Agribisnis Ternak Unggas (ATU). Setiap kompetensi keahlian (jurusan) memiliki keunggulan masing-masing dan memang sesuai potensi dan kebutuhan masyarakat setempat. Seandainya pada PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) tahun pelajaran 2022-2023 ini terjadi "ledakan siswa" SMK Negeri 1 Pandawai akan membuka jurusan multimedia yang selama ini disarankan oleh orang tua/wali peserta didik.


Baca Juga : Resty, Remaja Putri Yang Bekerja Di Bengkel Motor


Oleh karena itu, SMK Negeri 1 Pandawai meminta kerja sama dari tokoh masyarakat, tokoh agama, aparatur desa bahkan masyarakat yang berada di Walakiri, Laipori, Menggit Timbi, Kadumbul, Maujawa, Wera bahkan sampai Wanga. Total kuota PPDB SMK Negeri 1 Pandawai TP. 2022-2023 adalah 108 siswa. Jika melampaui 108 orang calon siswa baru maka rencana pembukaan jurusan baru bisa terwujud.


Kami sudah berkomunikasi dengan beberapa kepala SMP pendukung untuk melakukan sosialisasi seperti di SMP Negeri 1 Pandawai, SMP Negeri 2 Pandawai dan SMP Negeri 3 Pandawai dan beberapa kepala SMP lainnya. Bagi siswa yang jauh akan disiapkan ruang alternatif untuk tempat tinggal peserta didik. 


Soal komposisi tenaga pendidik dan kependidikan sudah memenuhi prasyarat utama dari Undang-Undang Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. 


Baca Juga : Siswa Agribisnis Ternak Unggas SMK Negeri 1 Pandawai Lakukan Kunjungan Industri Pada PT Mitra Sinar Jaya Sumba Timur


Masing-masing jurusan sudah memiliki guru yang spesifik serta linear dengan keahliannya masing-masing. Guru-guru di SMK Negeri 1 Pandawai didominasi dari sarjana lulusan Universitas Nusa Cendana, Universitas Kristen Arta Wacana, dari Universitas Udayana Bali, Sekolah Tinggi Perikanan Jakarta, sarjana lulusan Jogyakarta, Malang, dan lain-lain. Semuanya berkolaborasi untuk menciptakan sebuah model pendidikan yang berkualitas di SMK Negeri 1 Pandawai.


Lantas bagaimana dengan peralatan praktik di SMK Negeri 1 Pandawai?


Kompetensi Keahlian Teknik dan Bisnis Sepeda Motor sudah dilengkapi peralatan yang lengkap bahkan canggih. Jurusan TBSM di SMK Negeri 1 Pandawai merupakan salah satu jurusan yang peralatan paling lengkap di Pulau Sumba. Praktik kerja industri dilaksanakan pada bengkel-bengkel di Waingapu.


Baca Juga : Dinas Peternakan Kabupaten Sumba Timur Beri Materi Kesehatan Hewan Kepada Siswa SMK Negeri 1 Pandawai


Walaupun jurusan NKPI belum memiliki kapal latih, ruang simulator navigasi maupun simulator olah gerak kapal namun peralatan untuk praktik navigasi, menjangka peta, rancang bangun alat tangkap sudah ada di sekolah. Praktik kerja industri dilaksanakan di Waingapu, Kampung Bugis, tepatnya.


Sedangkan jurusan ATU untuk tahun anggaran 2022 akan mendapatkan 1 unit ruang praktek siswa (RPS) dan peralatan praktik siswa senilai 3 Miliar lebih. Jadi jurusan ATU ini akan menjadi jurusan yang komplit untuk kegiatan pembelajaran di sekolah dari proses pemeliharaan, pembuatan pakan, penetasan, kegiatan pemberian vaksinasi sampai pemasaran produk. 


Dengan keberadaan PT MSM peluang kerja bagi lulusan SMK Negeri 1 Pandawai, khususnya jurusan TBSM, bahkan semua jurusan lain  terbuka lebar. Bagi lulusan NKPI bisa mengikuti kapal-kapal nelayan baik yang di Pulau Sumba atau di luar Pulau Sumba. Atau berwirausaha di bidang perikanan tangkap. Sementara itu lulusan ATU bisa memelihara ayam pedaging untuk diperdagangkan. Dan ini bisa menjadi peluang usaha yang potensial bagi lulusan Agribisnis Ternak Unggas.


Baca Juga : Kampung Bugis, "Kampungnya" Anak SMK Negeri 1 Pandawai 


Demikian sekilas ulasan mengapa mengapa anak-anak Menggit Timbi, Laipori, Walakiri, Kadumbul dan Mau Jawa Perlu Memilih SMK Negeri 1 Pandawai. Untuk lulusan SMP yang mau mendaftar sebagai calon peserta didik baru SMK Negeri 1 Pandawai tunggu saja tanggal resmi pendaftaran dari panitia PPDB TP. 2022-2023. SMK Bisa, SMK Hebat, SMK Negeri 1 Pandawai, Jaya Selalu.*




No comments:

Post a Comment

Kami sangat menghargai pendapat Anda namun untuk kebaikan bersama mohon berkomentarlah dengan sopan!