Terima Kasih Telah Berkunjung ke Unclebonn.com Siswa Agribisnis Ternak Unggas SMK Negeri 1 Pandawai Lakukan Kunjungan Industri pada PT Mitra Sinar Jaya Sumba Timur - unclebonn.com

Monday, November 30, 2020

Siswa Agribisnis Ternak Unggas SMK Negeri 1 Pandawai Lakukan Kunjungan Industri pada PT Mitra Sinar Jaya Sumba Timur

https://www.unclebonn.com/2020/11/siswa-agribisnis-ternak-unggas-smk.html

Pada Jumat, 27 November 2020, sekitar pukul 11.00 Wita siswa kelas XII Kompetensi  Keahlian Agribisnis Ternak Unggas (ATU) SMK Negeri 1 Pandawai didamping dua orang guru melaksanakan Kunjungan Industri pada PT Mitra Sinar Jaya (MSJ). Kedatangan para siswa dan guru ini langsung diterima oleh pimpinan cabang PT. MSJ di Sumba Timur, Yeheskiel K. Limu.


PT Mitra Sinar Jaya sendiri beralamat di Jl. Gatot Subroto No.81 RT 06 RW 02, Padadita, Kelurahan Kambaniru, Kecamatan Kambera. Yeheskiel sendiri sebagai pimpinan cabang lalu memilih salah satu peternak terdekat, Azwandi William yang menjadi mitra kerja PT. MSJ selama ini. Peternak ini memiliki kandang yang layak untuk dijadikan model pembelajaran peserta didik saat kunjungan itu.


Sebagai informasi tambahan bahwa PT MSJ sudah memiliki 13 mitra kerja di Sumba Timur yang tersebar di beberapa tempat. Kandang yang dikembangkan oleh PT MSJ rata-rata memiliki ukuran 6 X 40 meter. Kandang ini bisa menampung 3 ribu ekor ayam. 


Selain kandang yang bisa menampung ayam dengan kapasitas besar kelebihan lainnya dari kandang ini yaitu sudah menggunakan tempat minun otomatis kemudian menggunakan kompor sebagai pemanas. Hal ini memudahkan peternak pada proses pengontrolan dan pemberian minum.


Untuk pemberian pakan, minum dan vitamin PT MSJ memiliki standard tersendiri yang sudah di print out dan dibagikan kepada setiap mitra kerja sehingga mereka juga teratur dalam hal pemberian pakan sesuai dengan umur ayam dan jenis pakan sampai pada pemberian vitamin. 


PT. MSJ biasanya melakukan panen saat umur ayam berkisar  30 - 35 hari. Selain itu disesuaikan juga dengan permintaan pasar. Karena PT MSJ ini sudah memiliki penangkap (langganan) maka proses panen tidak membutuhkan waktu lama (beberapa hari) cukup memerlukan waktu 3 - 4 jam.


Kunjungan industri ini tentu memberikan banyak manfaat bagi peserta didik. Manfaat bagi peserta didik saat melakukan kunjungan industri  ini antara lain: 1) Mendapat tambahan materi yang belum didapatkan di sekolah, 2) Melihat secara langsung kondisi riil dunia usaha/industri (DU/DI), 3) Memperkokoh hubungan sekolah dengan dunia industri dan ke-4) Mengetahui pemeliharaan ayam broiler secara profesional.


Baca Juga : Dinas Peternakan Kabupaten Sumba Timur Beri Materi Kesehatan Hewan Kepada Siswa SMK Negeri 1 Pandawai


Menurut pendapat Ketua Program Keahlian Agribisnis Ternak Unggas,  Marleni Antoneta Rambu Kareri Toga,S.Pt bahwa kunjungan industri ini bertujuan mengenal tipe atau standar kandang yang dapat menampung ayam dalam ribuan ekor sekaligus mengetahu jenis pakan dan jenis peralatan minum yang diatur secara otomatis.


"Tujuan kunjungan industri agar anak mengenal standar kandang perusaan yang memelihara ayam ribuan ekor. Kebetulan kandang yang dikunjungi kemarin memiliki kapasitas 3.000 ekor."


"Selain itu melalui kunjungan ini anak-anak juga bisa mengetahui peralatan pakan dan minum yang otomatis. Harapan kami kedepan PT MSJ bisa menjadi mitra untuk kegiatan praktik kerja industri (Prakerin)," bebernya.*


No comments:

Post a Comment

Kami sangat menghargai pendapat Anda namun untuk kebaikan bersama mohon berkomentarlah dengan sopan!