Terima Kasih Telah Berkunjung ke Unclebonn.com Menua Bersama di Sosial Media - unclebonn.com

Sunday, June 25, 2023

Menua Bersama di Sosial Media

https://www.unclebonn.com/2023/06/menua-bersama-di-sosial-media.html

Guys, parnahkah Anda berpikir sudah sejak kapan Anda pertama kali menggunakan platform sosial media seperti Facebook, Twitter, Instagram dan sebagainya? Siapakah teman-teman facebookmu, misalnya yang pertama kali kalian undang menjadi teman akun sosial medianya? Pasti sudah pada lupakan? 


Kerap di waktu luang saya dan mungkin juga Anda mencoba mengingat kembali teman masa lalu saya atau Anda di sosial media. Kira-kira siapa dia dan sudah seperti apa kondisi dia saat ini.


Saya sendiri sudah menggunakan facebook sejak tahun 2009. Kira-kira sudah sekitar 14 tahun, guys. Kalau disandingkan dengan usia manusia sudah seperti anak remaja. Nah, bersosial media bukan soal usia tapi ini sebuah pengalaman. Bersosial media itu soal manajemen diri. Untuk apa kita bersosial media apakah untuk hal-hal yang berfaedah atau un-faedah. Pada hal ini kembali pada pribadi masing-masing, Guys.


Baca Juga : 6 Tips Ekstrim Menghadapi Masalah Gaji


Back to topic. Dulu yang menjadi teman facebook saya adalah teman kuliah, kemudian teman dekat dan selanjutnya kenalan atau sengaja searching untuk mendapatkan teman yang sesuai selera dan kepentingan. Bahkan seseorang dalam keluguan bersosial media bisa saja mencurahkan isi hatinya karena hubungan sosial itu. Jadi berbedakan antara hubungan sosial dan atau (ikatan) cinta kan?


Namun jika kita salah memanfaatkan platform sosial media kita bisa saja kehilangan jati diri, kehilangan teman bahkan harga diri. Kalau ditinjau dari segi ekonomi seseorang bisa mengalami kerugian. Karena sosial media ibarat pedang bermata dua. Jika tidak bijak dalam menggunakannya maka dapat melukai diri sendiri. 


Dalam konteks politik, sosial media bak imperium bagi dunia. Dia seperti dunia sesembahan bagi para user fanatiknya-nya. Tak terbantahkan disitu menjadi arena perang kata-kata, hujatan bahkan fitnah berseliweran. Seseorang bisa saja kehilangan pertemanan, menciptakan musuh baru bahkan kelompok kepentingan baru. Intinya tergantung pesanan.


Baca Juga : Dia Laki-Laki Ibunya


Dikelompok persahabatan atau pertemanan ada perilaku lovely disitu. Setiap mereka membangun komunikasi asyik dan ingin menciptakan romantika bagi komunitasnya. Menjadi katarsis untuk mengungkapkan perasaan. Mereka membentuk dunianya sendiri. Kelompok ini yang akan terus eksis dan berusaha mempertahankan eksistensi mereka. Kalaupun menua biarlah menua bersama.


Guys, jika menggunakan usia bersosial media saya, tentu kita sudah mengalami masa-masa atau periodesasi kehidupan, mulai remaja, menjadi milenial tua, berumah tangga bahkan sudah mulai memasuki usia pensiun. Bahkan teman-teman sosmed kita sudah harus pergi meninggalkan bumi untuk selamanya karena dipanggil sang Khaliq.


Salah satu teman saya saat itu masih ABG sekarang dia sudah menimang anak. Saat itu ia masih memiliki tubuhnya yang indah namun kini kelihatan makin subur. Mungkinkah ini indikasinya dia makin makmur dan bahagia? Hemmm.


Suatu hari ketika generasi pertama teman facebook dari akun saya tak sengaja bertemu disuatu acara resepsi pernikahan kita merasa aneh dengan penampakan diri masing-masing. Yang saat itu masih muda dan cantik dan si boy yang saat itu tampan dan atletis saat ini memang sih tampak anggun dan berwibawa namun soal fisik sudah berubah. Ada yang sudah mengalami penggundulan kepala dan ada juga yang boros soal usianya. 


Baca Juga : Dyra Juliani


Pada akhirnya kita sadar bersama. Bahwa kita sudah dimakan usia. Ada yang masih setia mengikuti unggahan status sosial dari kita masing-masing dan ada juga yang sudah lupa dan berusaha melupakan. Karena punya memory yang pahit dengan seseorang. Bahkan ada yang saling blokir. 


Untuk dirimu dan semuanya yang masih setia bersama di sosial medianya mari kita menua bersama. Terus rawat pertemanan dan jauhilah kata-kata sinis dan benci. Perbanyak humor nun santun agar otak segar, fisik bugar dan mental kuat sekiranya dapat memperpanjang usiamu,  usia kita masing-masing. Amin.

No comments:

Post a Comment

Kami sangat menghargai pendapat Anda namun untuk kebaikan bersama mohon berkomentarlah dengan sopan!