Terima Kasih Telah Berkunjung ke Unclebonn.com Seputar Penerimaan Peserta Didik Baru SMK Negeri 1 Pandawai Tahun Pelajaran 2022-2023 - unclebonn.com

Sunday, June 12, 2022

Seputar Penerimaan Peserta Didik Baru SMK Negeri 1 Pandawai Tahun Pelajaran 2022-2023

https://www.unclebonn.com/2022/06/seputar-penerimaan-peserta-didik-baru.html

Salam hormat pembaca unclebonn.com semoga menjumpai Anda dalam kondisi yang sehat dan penuh semangat. Tentunya dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa. Salam sehat dan salam bahagia.


Kali ini admin ingin berbagi beragam informasi penting terkait Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk Tahun Pelajaran 2022-2023 yang akan dilaksanakan psada akhir Juni 2022 ini. Bagi siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) tentu masih harap-harap cemas soalnya hasil kelulusan ujian sekolah baru akan diumumkan pada tanggal 15 Juni 2022 nanti. Mudah-mudahan putra-putri Anda semuanya lulus dan lanjut ke jenjang pendidikan menengah baik SMA/SMK atau jenjang pendidikan lain yang sederajat. 


Baca Juga : Ini Alasan Sederhana Mengapa Anak-Anak Menggit Timbi, Laipori, Walakiri, Kadumbul Dan Maujawa Perlu Memilih SMK Negeri 1 Pandawai?


Bagi yang lulus dan mau melanjutkan sekolah (sebaiknya wajib untuk sekolah) maka harus mempertimbangkan berbagai aspek. Jangan ikut arus. Semuanya mesti dimulai dengan rencana masa depan. Kalau bisa sesuai dengan cita-cita anak Anda. Namun begitu perhitungan yang matang secara efektif, efisien dan ekonomis. Apalagi harga bahan bakar melambung tinggi seperti saat ini. Menempuh jarak jauh tentu menguras energi. Jika kelelahan mana mungkin mengikuti pembelajaran dengan baik. Benarkan?


Apa yang disebutkan sebelumnya harus dipertimbangkan oleh orang tua. Pola zonasi sebenarnya sudah membantu peserta didik dan orang tua. Namun di jenjang SMK soal zonasi masih longgar. Siswa yang berminat masuk SMK silahkan memilih sekolah mana saja sesuai minat dan bakatnya. 


Baca Juga : Bingung Pilih SMK? Di SMK Negeri 1 Pandawai Saja!


Jenjang SMK seperti yang sudah disinggung diawal tidak mengenal zonasi maka anak-anak Anda perlu memanfaatkan peluang ini dengan sebaik-baiknya. Misalkan anak Anda tidak punya cita-cita melanjutkan ke fakultas kedokteran, teknik kimia, dan lain-lain yang memang tidak mensyaratkan dari program IPA maka sebaiknya pilih SMK saja. Bagi anak-anak lulusan SMP yang bermukim di sekitar Kawangu, Walakiri, Laipori, Menggit Timbi, Kadumbul, Maujawa, sampai Wanga tidak harus jauh-jauh sekolah ke kota cukup pilih SMK Negeri 1 Pandawai. Kalau dari anak-anak dari Waingapu berminat ke SMK Negeri 1 Pandawai, kami sangat welcome. 


Selain dekat, bila masuk SMK Negeri 1 Pandawai jika tidak kuliah kesempatan kerja pasti selalu ada. Apalagi SMK Negeri 1 Pandawai menjadi mitra PT. Muria Sumba Manis atau PT. MSM dalam hal bursa kerja. 


SMK Negeri 1 Pandawai saat ini merupakan salah satu SMK yang cukup progres dalam peningkatan kualitas pembelajaran dan peningkatan prasarana dan sarana, peralatan serta fasilitas praktik untuk tiga kompetensi keahlian. 


Baca Juga : Menengok Peralatan Dan Fasilitas Bengkel Siswa Teknik Dan Bisnis Sepeda Motor, Jurusan Unggulan Di SMK Negeri 1 Pandawai Kabupaten Sumba Timur 


Saat ini juga SMK Negeri 1 Pandawai sedang merancang road map bagaimana menjadi sekolah berbasis digital. Ini bukan mimpi melainkan tuntutan pembelajaran kekinian. Proses pembelajaran berbasis digital menjadi kebutuhan dengan semangat literasi digital. Sehingga peserta didik bisa belajar dari sumber mana saja, kapan saja dan dimana saja. Karena dunia dianggap Kampung Global atau Global Village. Marshall McLuhan memperkenalkan konsep ini pada awal tahun 60-an dalam bukunya yang berjudul Understanding Media: Extension of A Man. Konsep ini berangkat dari pemikiran McLuhan bahwa suatu saat nanti informasi akan sangat terbuka dan dapat diakses oleh semua orang. Dan saat ini apa yang dikatakan oleh McLuhan terbukti. Dunia tanpa batas. 


Pemanfaatan tools teknologi di dunia pendidikan menjadi nyata dimasa pandemi Covid-19 dengan pembelajaran daring atau online. Dengan sistem online saat ini memungkinkan sekolah melaksanakan pembelajaran jarak jauh (PJJ). Dengan memanfaatkan tools teknologi kekuatiran bahwa sekolah di "kampung" siswa akan ketinggalan dapat dikatakan itu pemikiran kuno. Saat ini siapa yang menguasai informasi dan teknologi dia yang akan menguasai dunia. Jika kita punya hasrat belajar kita-lah penguasanya.


Baca Juga : Siswa SMK Negeri 1 Pandawai Laksanakan Prakerin Tahun 2021 Dengan Prokes Ketat 


Nah, para orang tua atau wali peserta didik dengan penjelasan singkat di atas orang tua jangan kuatir mendaftarkan anaknya di SMK Negeri 1 Pandawai. SMK Negeri 1 Pandawai memiliki 3 (tiga) kompetensi keahlian antara lain : Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM), Nautika Kapal Penangkap Ikan (NKPI), dan Agribisnis Ternak Unggas (ATU). 


Berdasarkan Keputusan Gubernur Nusa Tenggara Timur  nomor : 175/KEP/HK/2022 tentang Daya Tampung Peserta Didik Baru pada Sekolah Menengah Atas dan Sekolah Menengah Kejuruan Tahun Pelajaran 2022-2023 kuota PPDB SMK Negeri 1 Pandawai 108 orang. Dengan rincian kompetensi TBSM 36 orang, NKPI 36 orang dan ATU 36 orang. 


Baca Juga : Siswa Agribisnis Ternak Unggas SMK Negeri 1 Pandawai Lakukan Kunjungan Industri Pada PT Mitra Sinar Jaya Sumba Timur 


PPDB SMK Negeri 1 Pandawai dilaksanakan secara offline. Pendaftaran dibuka mulai tanggal 30 Juni 2022 - 13 Juli 2022. Persyaratan umum yang perlu dipersiapkan : 

  1. Surat Keterangan Lulus atau Surat Keterangan Hasil Ujian Sekolah untuk lulusan tahun pelajaran 2021-2022
  2. Foto copy ijazah bagi lulusan SMP dan ijazah Paket B bagi lulusan dibawah tahun 2021-2022. 
  3. Foto copy akta kelahiran 1 lembar
  4. Foto copy Kartu Indonesia Pintar (KIP) 1 lembar
  5. Foto hitam putih 3 x 4 cm sebanyak 3 lembar 


Syarat lain akan dilengkapi setelah calon peserta didik baru dinyatakan lulus seleksi sebagai siswa baru atau PPDB SMK Negeri 1 Pandawai tahun pelajaran 2022-2023


Baca Juga : Sepenggal Kisah Masa Prakerin Siswa NKPI Angkatan 4 Tahun 2021 SMK Negeri 1 Pandawai


Demikian penjelasan singkat kami terkait seputar informasi Penerimaan Peserta Didik Baru SMK Negeri 1 Pandawai Tahun Pelajaran 2022-2023. Semoga informasi yang Admin sajikan ini bermanfaat bagi Bapak/Ibu orang tua/wali peserta didik. Pilih SMK Negeri 1 Pandawai sebagai jalan sukses masa depan anak Anda. SMK Bisa - SMK Hebat.*


No comments:

Post a Comment

Kami sangat menghargai pendapat Anda namun untuk kebaikan bersama mohon berkomentarlah dengan sopan!