Terima Kasih Telah Berkunjung ke Unclebonn.com Bingung Pilih SMK? Di SMK Negeri 1 Pandawai Saja! - unclebonn.com

Tuesday, May 25, 2021

Bingung Pilih SMK? Di SMK Negeri 1 Pandawai Saja!

https://www.unclebonn.com/2021/05/bingung-pilih-smk-di-smk-negeri-1.html

Tahun ajaran baru segera dimulai. Berdasarkan Kalender Pendidikan tahun ajaran 2021-2022, perkiraan masa penerimaan peserta didik baru (PPDB) akan dibuka pada bulan Juli 2021. Dan rencananya bahwa pada tahun ajaran baru ini, akan dilaksanakan uji coba pembelajaran tatap muka. Artinya bahwa peserta didik yang selama ini BDR akan kembali ke sekolah untuk memulai aktivitas pembelajaran secara normal dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. 


Sementara itu di Kabupaten Sumba Timur program vaksinasi untuk tenaga pendidik dan kependidikan sedang berjalan. Dengan demikian tidak diragukan lagi bahwa rencana uji coba pembelajaran tatap muka akan terealisasi dengan berpedoman data dari gugus tugas Covid-19. 


Nah, bagi orang tua peserta didik yang berada di kecamatan Pandawai,  Kambera dan Melolo bahkan kota Waingapu jika berminat dengan pendidikan kejuruan maka SMK Negeri 1 Pandawai bisa menjadi alternatif bagi pendidikan anak Anda. Apalagi bagi orang tua peserta didik yang berdomisili di kecamatan Pandawai : Watumbaka, Walakiri, Laipori,  Menggit Timbi (tuan rumah), Kadumbul,  Maujawa, dan Wera bisa memotivasi anak-anaknya memilih SMK Negeri 1 Pandawai sebagai tujuan pendidikan mereka.  Mengapa kami mesti meyakini orang tua? 


Karena sekolah sudah memiliki pengajar yang sesuai jurusan (kompetensi keahlian). Sebagai informasi bahwa SMK Negeri 1 Pandawai memiliki 3 jurusan yaitu Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM), Nautika Kapal Penangkap Ikan (NKPI), dan Agribisnis Ternak Unggas (ATU). Masing-masing jurusan memiliki fasilitas dan peralatan praktik yang memadai terutama jurusan TBSM. Jurusan ini memiliki peralatan lengkap dan termasuk dalam kategori canggih dan diperkirakan hampir sama dengan peralatan yang dimiliki Tbk Astra Indonesia. 


Sementara itu jurusan NKPI juga memiliki peralatan yang lengkap yakni dari bahan dan peralatan untuk perakitan alat tangkap serta peralatan kenavigasian. Walaupun belum memiliki simulator navigasi namun bila dilihat dari kondisi sekolah nyatanya pembelajaran teori dan praktik berjalan dengan baik. Karakteristik jurusan NKPI adalah pembinaan kedisiplinan, pembinaan mental dan karakter.  Dalam kurun waktu tiga tahun terakhir ini jurusan NKPI didominasi oleh siswi (peserta didik perempuan) yang mampu mengikuti kegiatan praktik melaut pada kapal-kapal yang melakukan kegiatan penangkapan dalam waktu sehari di laut (one day fishing) bahkan untuk praktik perakitan alat tangkap malah siswi memiliki keterampilan lebih dibandingkan siswanya. 


Sementara itu jurusan ATU memiliki guru dengan kompetensi yang mumpuni.  Jurusan ATU juga memiliki unit produksi dengan pembelajaran berbasis entrepreneurship (kewirausahaan). Peserta didik diajarkan bagaimana melakukan pembibitan ayam, pemeliharaan dan pemanenan. Tidak cukup sampai disitu mereka pun diajarkan model marketing berbasis online dengan memanfaatkan media sosial. Mereka memasarkan ayam hasil praktik sekolah secara online.  Sebelum melakukan kegiatan ternak ayam para peserta didik diminta membuat dan mengajukan proposal usaha. Berdasarkan proposal tersebut sekolah akan memberikan modal usaha. Hasil keuntungan itu dibagi kepada siswa dan sekolah secara proporsional. 


SMK Negeri 1 Pandawai juga menjadi mitra erat PT Muria Sumba Manis (MSM) sehingga lulusan TBSM, SMK Negeri 1 Pandawai digaransi bekerja di PT MSM sebagai operator. Saat ini SMK Negeri 1 Pandawai menjadi perpanjangan tangan dari PT MSM dalam perekrutan tenaga kerja yang dibutuhkan oleh PT MSM. Bukan saja lulusan TBSM, lulusan SMK Negeri 1 Pandawai dari jurusan lain juga diberi kesempatan bekerja di PT MSM. 


Beberapa siswa NKPI sudah melanjutkan kuliah secara gratis di Politeknik Kelautan dan Perikanan (Poltek KKP)  Kupang. Mereka mengambil peluang kuliah sebagai anak pelaku perikanan. Pendaftaran dilakukan secara online dengan bantuan staf Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Sumba Timur.  Dalam dua tahun terakhir sudah ada 5 siswa SMK Negeri 1 Pandawai yang kuliah di Poltek KKP Kupang. 


Dan untuk jurusan ATU, tahun 2021 ini baru meluluskan angkatan perdana. Dari informasi yang didapatkan media ini bahwa ada salah satu siswa jurusan ATU akan melanjutkan studi kedokteran hewan. 


Mengutib penjelasan  Kepala Program Studi TBSM, Onesimus Hudi Limu ST, ia menjelaskan bawa TBSM merupakan salah satu jurusan unggulan yang ada di SMK Negeri 1 Pandawai.


" TBSM sendiri di buka untuk menjawab kebutuhan masyarakat yang notabene dipakai oleh masyarakat terbanyak. Dengan perkembangan teknologi yang semakin maju dimana juga sepeda motor mengikuti perkembangan yang sangat pesat," jelasnya.


"Kalau dulu motornya konvensional atau manual saat ini sistem EFI (Electronic Fuel Injection) atau bisa dikatakan sebagai motor pintar dioperasikan dengan sistem ECU (Electronic Control Unit), jelasnya lagi.


"Dengan bantuan  pemerintah pusat, SMK Negeri 1 Pandawai, jurusan TBSM sudah memiliki peralatan yang memadai dan canggih hampir berstandar TBK Astra Indonesia," ungkapnya. 


Selain berbagai fasilitas praktik, SMK Negeri 1 Pandawai juga memiliki peralatan musik seperti Keyboard, dan peralatan lain untuk mengembangkan minat dan bakat peserta didik. Untuk sarana olahraga sedang dibangun lapangan olahraga multi fungsi yang akan dipergunakan untuk permainan bola voli, futsal,  takraw dan bola basket. Jadi jangan ragu, pilih saja SMK Negeri 1 Pandawai pada PPDB untuk masa depan yang gemilang.*


No comments:

Post a Comment

Kami sangat menghargai pendapat Anda namun untuk kebaikan bersama mohon berkomentarlah dengan sopan!