Terima Kasih Telah Berkunjung ke Unclebonn.com Mengenal Lebih Dekat Google Grup Pendidik Sumba Timur - unclebonn.com

Friday, February 4, 2022

Mengenal Lebih Dekat Google Grup Pendidik Sumba Timur

https://www.unclebonn.com/2022/02/mengenal-lebih-dekat-google-grup.html

Komunitas Google Grup Pendidik atau Google Educator Group (GEG) Sumba Timur adalah sebuah komunitas yang terdiri dari guru-guru yang memiliki dedikasi dan saling menginspirasi di antara mereka. Mereka selama ini adalah pendidik di Sumba Timur.  Keberadaan komunitas ini bila ditelusuri,  motivasinya persis dengan apa yang diyakini oleh  Google bahwa inspirasi terbaik bagi pengajar adalah pengajar lainnya.  

Jargon universal yang menjadi fondasi komunitas ini adalah; Belajar. Berbagi. Menginspirasi. Memberdayakan.  Sehingga energi yang dikeluarkan adalah kerelaan. Maksudnya segala kegiatan yang dibuat adalah murni pemberdayaan yang sifatnya sukarela bukan money oreanted.


Aktivitas GEG Sumba Timur berlangsung secara online dan offline.  GEG online memberi ruang bagi pendidik untuk berdiskusi bersama dan mempelajari satu sama lain melalui Google+; GEG offline mengadakan acara dan lokakarya secara lokal, sebagai sarana untuk belajar dan berbagi secara langsung.


Komunitas GEG Sumba Timur berdiri pada tanggal  30 Maret 2015. Diinisiasi oleh seorang guru bernama Umbu Oskar Tamu Ama dan beberapa orang guru lainnya.  Mereka memiliki niat yang selaras dengan tujuan google yaitu berkolaborasi satu sama lain, memungkinkan mereka mengambil ide kreatif baru, dan saling membantu dengan sebaik-baiknya untuk memenuhi kebutuhan siswa menggunakan solusi Google.


Kegiatan yang dilakukan oleh komunitas GEG Sumba Timur secara garis besar menyesuaikan dengan program-program utama Google Educator Group. Program-program tersebut antara lain; lokakarya GEG, piknik GEG, pertemuan pembicara GEG, dan pertemuan hangout GEG. Walaupun demikian dalam pelaksanaannya kegiatan-kegiatan itu bisa dilaksanakan sesuai format, topik, dan durasi  komunitas atau menyesuaikan dengan kondisi yang ada. 


Komunitas GEG Sumba Timur  tidak mengenal batasan usia dan status kepegawaian,  apalagi hal-hal yang bernuansa SARA. Dengan kata lain, bahwa GEG Sumba Timur welcome kepada siapa saja dari latar belakang apa saja yang penting memiliki niat yang sama, dan akan diperbolehkan bergabung dengan komunitas GEG Sumba Timur.  Tujuannya tak lain  hanya untuk memajukan pendidikan di wilayah Sumba Timur.  GEG sendiri telah membuka pintu dan kesempatan kepada kepala sekolah, administrator sekolah, pengajar, siswa, ataupun seseorang yang tertarik menggunakan produk Google untuk membantu orang lain.  Selain itu ia bisa menjadi anggota maupun sebagai pimpinan komunitas di daerahnya. 


Pertanyaannya, apa saja fitur-fitur google yang dipakai untuk membantu orang lain (siswa) dalam belajar? Pada pertemuan perdana  tanggal 1  Mei 2015 dalam format lokakarya dengan topik, ‘Email versus Guru dalam Dunia Pendidikan,”  fitur google selain gmail, juga diperkenalkan penggunaan fitur-fitur lain seperti; Google Doc, dan Google Drive.  Sebenarnya masih banyak fitur yang begitu familiar dengan kita, misalnya, google maps dan youtube.   Akibat  terbatasnya durasi waktu akhirnya fitur-fitur familiar itu tidak dimasukan ke dalam lokakarya tersebut. 


GEG Indonesia menghadirkan langsung seorang trainer-nya dalam lokakarya itu.  Untuk pendaftaran, konsumsi dan alat tulis, peserta mendapatkan secara cuma-cuma alias gratis. Kegiatan ini difasilitasi langsung oleh GEG Indonesia. Hanya saja peserta diminta untuk membawa laptopnya masing-masing.   Kegiatan perdana ini bertempat di SMA Katolik Anda Luri.  Direncanakan bahwa pada tanggal 1 Agustus 2015, GEG Sumba Timur akan kembali mengadakan kegiatan lokakarya dengan topik, “Android One untuk Solusi Pendidikan”.


Perlu diketahui bahwa komunitas-komunitas pendidik yang masuk dalam naungan GEG Indonesia, sudah ada 14 komunitas yang tercatat di laman resmi GEG Dunia. Setelah mengadakan lokakarya perdana,  akhirnya GEG Sumba Timur juga tercatat dalam laman resmi GEG Dunia, atau termasuk dalam 14 komunitas dalam tataran GEG Indonesia sampai saat ini. Uniknya, untuk wilayah Nusa Tenggara (Bali, NTB, dan NTT), kalau dilihat dari website resmi GEG dunia,  komunitas GEG Sumba Timur merupakan satu-satunya komunitas google grup pendidik yang masuk dalam laman tersebut.


Pada tanggal 15 - 16 Juni 2015 lalu,  ketua komunitas GEG Sumba Timur, Umbu Oskar Tamu Ama diundang mengikuti pelatihan Champion Teachers Workshop di Google Office – Jakarta.  Sebuah pelatihan eksklusif untuk para leader Google Educator Groups. Apakah Anda leader selanjutnya?*


Penulis: B Sambo


Baca Juga : 

  1. Tutorial Paling Lengkap Cara Membuat Soal Pilihan Ganda Menggunakan Google Form
  2. Ayo Menulis Menggunakan Google Docs! Berikut Langkah-Langkahnya
  3. Membuat Jadwal KBM Otomatis Dengan Asc Timetables


No comments:

Post a Comment

Kami sangat menghargai pendapat Anda namun untuk kebaikan bersama mohon berkomentarlah dengan sopan!