Terima Kasih Telah Berkunjung ke Unclebonn.com Tutorial Paling Lengkap Cara Membuat Soal Pilihan Ganda Menggunakan Google Form - unclebonn.com

Monday, June 1, 2020

Tutorial Paling Lengkap Cara Membuat Soal Pilihan Ganda Menggunakan Google Form

Pembaca setia unclebonn.com pada kesempatan ini admin akan menjelaskan cara membuat soal pilihan ganda dengan menggunakan google form. Apalagi saat ini ditengah pandemi virus corona guru / pendidik diminta untuk menerapkan pembelajaran daring atau online. Bapak/ibu guru tutorial memang banyak terkait dengan pembuatan soal menggunakan google form. Namun kali ini admin ingin memberi tahu cara dan langkah-langkahnya dengan lengkap dan jelas.

Namun sebelum kita mulai pastikan bahwa Anda telah memiliki email dari google sebagai syarat kita menggunakan fitur-fitur google. Jika belum silahkan Anda buat atau daftar.

Sekarang perhatikan langkah-langkahnya :

Langkah ke - 1: Masuk menggunakan email Anda setelah itu perhatikan tampilannya! Klik simbol yang dilingkari      dengan warna merah lalu klik google drive

Langkah ke - 2 : Buat Tampilan Google Form


Arahkan kursor pada simbol yang dilingkari dengan warna merah kemudian perhatikan langkah selanjutnya :


Lalu klik Google Formulir atau Google Form jika setingan komputer Anda masih dalam Bahasa Inggris

Langkah ke - 3 : Edit nama dokumen kerja



Untuk menambahkan lembaran kerja baru gunakan tombol (+) yang dilingkari dengan garis merah. Pada bagian-bagian yang dilingkari dengan garis merah artinya bagian yang dapat kita edit (nama dokumen). Caranya seperti apa? Anda cukup klik lalu ketik nama mata pelajaran atau subyek tertentu. Perhatikan hasilnya seperti di bawah ini.

Langkah ke-4 : Pengisian Data

Rekan-rekan sebelum kita mulai menyusun soal sebaiknya kita perlu menyiapkan halaman/bagian/kolom/dokumen untuk data siswa. Tujuannya agar kita tahu data siswa yang mengikuti ujian. Untuk diketahui bahwa google form akan merekam semua data yang kita isi. Nanti kita bisa lihat di google spread sheet saat kita download.

Untuk mendapatkan tampilan seperti di bawah ini caranya adalah klik salah satu bagian lembar kerja perhatikan bagian pojok kanan atas lalu klik tombol segitiga yang sudutnya ke bawah. 
Pada bagian kanan saya telah menandai dengan kotak merah. Disitu kita bisa memilih sesuai kebutuhan. Misalnya :
  • Untuk nama dan nomor urut absen kita  pilih jawaban singkat
  • Untuk kelas kita bisa pilih drop down
  • Waktu pelaksanaan kita bisa pilih tanggal, dan sebagainya. Pada intinya tergantung kebutuhan kita apa. 

Perhatikan gambar di bawah ini :
Pada keterangan yang saya beri teks dengan warna merah maksudnya adalah bagian deskripsi. Soal ini perhatikan contohnya.

Di google form memungkinkan Anda untuk membuat token atau password. Tujuannya untuk menjaga keamaan soal. Pada bagian ini akan dijelaskan pada tutorial berikutnya.


Selanjutnya saya akan menjelaskan maksud 3 (tiga) item atau simbol yang saya beri lingkaran merah :
  1. Untuk duplikat
  2. Untuk menghapus soal yang sedang dikerjakan atau soal tersebut tidak dipakai
  3. Tombol yang (wajib diisi).  Ini juga diterap pada bagian data siswa agar setiap keterangan yang diminta wajib mereka isi jikalau mereka tidak mengisi kolom itu maka mereka tidak bisa lanjut ketahap berikutnya. Kemudian untuk setiap soal jika tombol wajib diisi diaktifkan dan apabila ada salah satu soal belum dikerjakan maka pekerjaan siswa tidak bisa di-submit atau dikirim.

 Jika kolom data siswa sudah diisi maka selanjutnya klik SECTION tampilan bisa dilihat di bawah ini!
Langkah ke - 5: Pengisian Soal

Pengisian soal bisa dilakukan dengan diketik secara langsung, copy - paste, atau menggunakan aplikasi tambahan seperti Form Builder.
Untuk kotak merah yang didalamnya terdapat tanda silang (X) fungsinya untuk menghapus opsi jawaban yang tidak dipakai. Kita bisa menyisipkan gambar dalam soal-soal tersebut.

Langkah ke - 6 : Pengaturan

Yang paling penting bahwa form yang kita isi ini kita rubah menjadi kuis. Maksudnya kita bisa membuat kunci jawaban pada soal dan memberi skor. Pemberian skor ini tergantung dari kebijakan masing-masing guru. Jika Anda ingin total skornya 100 poin maka nilai yang muncul adalah skala angka antara 0 - 100. Jika setiap nomor diberi skor 1 (satu) maka jumlah skor sama dengan jumlah soal.

Untuk memulai pengaturan dengan mengklik kotak merah di pojok kanan atas. Perhatikan gambar di bawah ini!



Pengaturan atau setingan di bawah ini menurut versi admin. Anda bisa lakukan eksplorasi terhadap pengaturan sesuai apa yang Anda dikendaki.

Catatan :
  1. Untuk mengetahui pekerjaan kita yang sifatnya sementara bisa gunakan tombol priview
  2. Untuk mempercantik tampilan google form bisa gunakan tema



Keterangan :

  1. Klik Kuis
  2. Ubah menjadi kuis tujuannya untuk kita memberi kunci jawaban dan memberi skor
  3. Ketika soal sudah dikirim saat itu juga siswa akan langsung mengetahui jumlah skor atau nilai yang ia raih
  4. Poin 4 tergantung keinginan guru
  5. Setingan atau setiap perubahan harus disimpan

 Langkah ke- 7 : Mengacak opsi jawaban. Caranya sesuai gambar di bawah ini


Memulai dengan cara mengklik tiga titik yang tersusun tegak atau letaknya persis di sebelah kanan tombol wajib di isi.

Catatan

Model soal jika dikerjakan secara manual atau menggunakan Form Builder




Demikian tutorial perdana dari admin unclebonn.com semoga dapat memberi manfaat untuk kita semua. Jangan lupa share. Terima kasih.*





No comments:

Post a Comment

Kami sangat menghargai pendapat Anda namun untuk kebaikan bersama mohon berkomentarlah dengan sopan!