Terima Kasih Telah Berkunjung ke Unclebonn.com Ayo Menulis Menggunakan Google Docs! Berikut Langkah-langkahnya - unclebonn.com

Monday, July 13, 2020

Ayo Menulis Menggunakan Google Docs! Berikut Langkah-langkahnya

Pembaca setia Unclebonn.com pada kesempatan ini admin akan menyajikan informasi terkait salah satu tools Google yang disebut Google Docs. Tool google ini memiliki banyak keunggulan dan keuntungan. Keunggulannya bahwa kita bisa memperolehnya secara gratis. Kita bisa bekerja secara online maupun offline. Bisa berkolaborasi dengan orang lain secara realtime. Atau dari dokumen google docs kita bisa mengkonversi ke dalam bentuk word atau pdf. Dan tentu tidak sebatas ini saja masih banyak lagi tergantung pemahaman dan kreativitas kamu.

Aplikasi ini juga memiliki banyak fungsi selain sebagai pengolah kata bisa juga dipakai untuk membuat table, templete, memuat gambar, atau diterapkan pada platform lain seperti untuk fitur tambahan pada blog atau web.  Namun untuk memanfaatkan tool google docs ini minimal Anda harus memiliki akun gmail.  Dengan memiliki akun Gmail Anda akan bisa menggunakan tools atau aplikasi Google lainnya seperti Youtube, Google Map, Google Spreadsheet,  Google Slide, Google Classroom,  Google Drive, Music,  dll. 

Namun kali ini yang dibahas tentu seperti yang sudah dijelaskan di atas yakni Google Docs.  Mengapa admin Unclebonn.com merekomendasikan google docs untuk Anda? Maksud kami Anda yang hobi tulis menulis maka Google Docs adalah alternatifnya. 

Begini guys,  kebiasaan tulis-menulis yang sebelumnya akrab dengan alat tulis kemudian diolah lagi di-PC hari ini tanpa itu semua kamu dapat mengerjakan lewat gadget atau smartphone kamu. Memang sih tidak semua smartphone. Namun saat ini mayoritas smartphone sudah support soal ini. Sekarang dengan teknologi Google kamu cukup membuat sebuah tulisan atau artikel cukup dengan smartphone kamu. Anda bisa mendownload melalui Playstore. Jika proses instalasi sudah berhasil maka ia akan tampil di layar smartphone kalian. 

Sebelum admin menjelaskan langkah-langkah menggunakan Google Docs admin mau kasitahu bahwa jika kita menulis menggunakan google docs file tulisan kita tidak akan hilang saat handphone tiba-tiba kehabisan batrei, handphone kita rusak atau hilang. Karena Google sudah memakai teknologi clouds yang penyimpanannya terjadi secara otomatis. 

Berikut perhatikan langkah-langkah pemanfaatan tool Google Docs untuk kegiatan tulis-menulis melalui smartphone: 

Langkah 1 : Pastikan bahwa Tool Google Docs sudah tampil dilayar smartphone Anda 
Dengan tampilan seperti ini maka akan mempermudah pekerjaan Anda. Artinya kamu tak perlu lagi harus masuk ke chrome untuk mengakses google docs. Selanjutnya klik icon google docs untuk mendapatkan untuk proses lebih lanjut.

Langkah 2 : Membuat Lembar Kerja Baru
Perhatikan gambar nomor 1 =>> tanda plus (+) lalu diklik dan tampilan seperti gambar nomor 2 untuk mendapatkan dokumen atau lembar kerja baru. 

Langkah 3 : Membuat Artikel pada Lembar Kerja Baru

Jika lembar kerja sudah tampil seperti gambar 3 di bawah ini maka mulailah menulis. Anda dapat melakukannya dimana saja dan kapan saja. Google Docs sepertinya sangat memahami kapan Anda mulai bekerja dan kapan Anda akan mulai menulis. 
Langkah 4 : Cara Memberi Nama Dokumen atau File pada Google Docs

Jika kamu perhatikan gambar 4 bahwa dokumen tersebut belum ada judul atau belum dinamakan. Selanjutnya Anda harus memberi nama file. Tujuannya membantu Anda bila sewaktu-waktu membutuhkan file tersebut yang tak lain berisi artikel atau hasil kerja lainnya. Caranya silahkan klik tiga titik yang tersusun tegak kemudian akan muncul tampilan seperti gambar 5. Untuk tercipta sebuah nama file perhatikan langkah 5.
Langkah 5 : Ketik Nama File pada Menu Box

Jika sudah tampil seperti gambar 6 langkah Anda berikutnya silahkah ketik nama file/dokumen sesuai kebutuhan Anda. Jika sudah selesai maka tinggal meng-klik tombol ganti nama. Maka nama file atau dokumen kerja Anda akan tampil seperti tersaji pada gambar 7 di atas.

Demikian tutorial singkat terkait pemanfaatan Tool Google Docs untuk kamu yang suka menulis. Dengan adanya google docs kami yakin produktifitas Anda dalam menghadirkan beragam tulisan yang menarik dan kreatif semakin meningkat. 





No comments:

Post a Comment

Kami sangat menghargai pendapat Anda namun untuk kebaikan bersama mohon berkomentarlah dengan sopan!