Terima Kasih Telah Berkunjung ke Unclebonn.com Membuat Jadwal KBM Otomatis dengan Asc Timetables - unclebonn.com

Saturday, January 2, 2021

Membuat Jadwal KBM Otomatis dengan Asc Timetables


https://www.unclebonn.com/2021/01/membuat-jadwal-kbm-otomatis-dengan-asc.html

Membuat jadwal kegiatan belajar mengajar (KBM) itu gampang-gampang susah atau sebaliknya. Itu istilah yang pas bagi mereka yang berkecimpung disitu. Terlebih untuk Wakasek Kurikulum dan kelompok kerjanya. Jadwal KBM ini sangat penting untuk kegiatan pembelajaran di sekolah. Tanpa jadwal KBM yakinlah bahwa kegiatan KBM tidak terencana, terlaksana dan terorganisir dengan baik. Jadwal KBM itu sendiri sewaktu-waktu bisa berubah tergantung kebutuhan dan kondisi di sekolah atau pada Lembaga yang Anda pimpin. 


Untuk penyusunan jadwal KBM dapat dilakukan secara manual (konvensional) dapat juga disusun secara otomatis. Menyusun secara otomatis tentu perlu menggunakan aplikasi tertentu. Biasanya jaman beberapa dekade silam penyusunan jadwal KBM dilakukan secara manual. Bagi kami itu ribet dan kaku. Tidak gesit dan kurang fleksibel.


Dewasa ini sudah banyak tersedia penyedia aplikasi jadwal KBM melalui internet. Dari yang sederhana sampai pada level canggih. Dari yang termurah sampai harga yang mahal bahkan ada juga yang gratis. Namun semua pasti ada garansinya. Yang murah dan gratis pasti ada limitasinya. Yang mahal pasti sudah pada canggih dan kita akan bekerja dan meng-eksplore aplikasi tersebut sesuai kebutuhan sekolah. 


Baca Juga : Tutorial Paling Lengkap Cara Membuat Soal Pilihan Ganda Menggunakan Google Form


Pada kesempatan ini kami akan memperkenal salah satu aplikasi yang sudah familiar namun masih banyak sekolah yang belum menggunakannya. Namanya Asc Timetables. 


Asc Time Tables adalah alat yang membantu kita dalam mempersiapkan jadwal sekolah secara otomatis dalam hitungan menit. Aplikasi ini sangat berguna karena membuat jadwal lengkap untuk sekolah yang biasa selama ini dianggap sangat rumit, terutama ketika kita berurusan dengan banyak kelas dan guru yang berbeda. Kita juga bisa mengatur waktu kosong guru. Jadwal untuk mata pelajaran PJOK pada jam pagi atau menggabung kelas untuk mata pelajaran PABP. Pada intinya aplikasi ini anti bentrok. 


Ada empat komponen utama dalam menggunakan Asc Timetables yaitu : 

1. Asc Converter to Excel

2. XML Creator for asc timetables

3. Aplikasi Asc Timetables 

4. Keygen Activator Asc Timetables


https://www.unclebonn.com/2021/01/membuat-jadwal-kbm-otomatis-dengan-asc.html
Empat komponen utama dalam menggunakan Asc Timetables

Asc Timetables seperti aplikasi-aplikasi lainnya yang juga memiliki keunggulan dan kelemahan. Dikutib dari asc-timetables.id.softonic.com adapun kelebihan dan kekurangannya sebagai berikut : 


KELEBIHAN 

Tidak diperlukan keterampilan khusus untuk menggunakan alat ini

Membuat jadwal dalam beberapa menit

Mencakup semua jenis distribusi khusus

Opsi untuk membuat batasan jam mingguan untuk guru


KELEMAHAN 

Fitur-fiturnya bisa luar biasa

Fitur pembuatan otomatis cenderung mengalami kesalahan

Mengekspor bisa rumit

Tidak diperbarui secara teratur

https://www.unclebonn.com/2021/01/membuat-jadwal-kbm-otomatis-dengan-asc.html
Kelebihan dan Kelemahan Asc Timetables

Aplikasi ini cocok untuk sekolah besar dengan jumlah rombongan belajar (rombel) dan guru yang banyak. Terutama SMK yang satu sekolah terdapat beberapa bidang keahlian sehingga memiliki banyak kompetensi keahlian. Satu kompetensi keahlian (jurusan – red) itu terdapat banyak mata pelajaran. Jika KBM ini disusun berdasarkan  guru dan permata pelajaran  tanpa menggunakan aplikasi canggih kami rasa akan sulit. Dan jika pun jadi implementasinya kurang gesit dan fleksibel. 


Baca Juga : Ayo Menulis Menggunakan Google Docs! Berikut Langkah-Langkahnya


Maksud dari kurang gesit dan fleksibel adalah jika ada penambahan guru mata pelajaran ditengah semester atau perubahan jadwal karena kondisi tertentu si penyusun jadwal membutuhkan waktu yang lama untuk merombak semua jadwal yang sudah tersusun itu. Dia akan menghabiskan banyak energi untuk kebutuhan seorang guru. Jika menggunakan aplikasi asc Timetables jika sudah ada data base-nya cukup membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit.


Unclebonn.com sudah bekerja sama dengan konsultan jadwal sekolah yang menyediakan aplikasi ini dengan harga terjangkau. Di Kabupaten Sumba Timur salah satu sekolah yang sudah menggunakan aplikasi ini adalah SMK Negeri 1 Pandawai. SMK ini berdasarkan informasi yang kami peroleh sudah dua tahun penyusunan jadwal KBM menggunakan asc Timetables. Salah satu guru SMK Negeri 1 Pandawai adalah perwakilan dari konsultan jadwal sekolah (www.JDsekolah.com) dimaksud untuk melatih sekolah-sekolah  yang memesan aplikasi asc timetables itu. 


Untuk menyusun jadwal KBM menggunakan aplikasi Asc Timetable selain diperlukan pengetahuan teknis dan pemahaman yang lengkap sekolah sudah pasti menyediakan Struktur Kurikulum 2013 dan SK Pembagian Tugas. 


Baca Juga : Menumbuhkan Jiwa Wirausaha Pada Siswa SMK Negeri 3 Pahunga Lodu


Langkah-langkah penyusunan jadwal KBM menggunakan Asc Timetables sebagai berikut : 

  1. Nama guru, mata pelajaran, jumlah jam mata pelajaran perminggu (data sekolah) diolah menggunakan XML Creator.
  2. Data tersebut diatas kemudian disimpan sehingga menghasilkan file XML dan akan diimpor ke program asc timetables. 
  3. Selanjutnya aktifkan aplikasi Asc Timetables sesuai prosedur dan aplikasi Asc Timetables dalam kondisi yang siap pakai. File XML tersebut diimport dan diolah menggunakan programa Asc Timetables. 
  4. Setelah selesai diolah dengan program Asc Timetables jadwal diexport ke format XML.  Caranya klik menu File – pilih Export – pilih Asc Timetables XML Database – Simpan.
  5. Kemudian File ASC Converter to Excel dibuka. Setelah file tersebut terbuka langkah selanjutnya kita pilih menu LOAD ASC Timetable XML – pilih file Asc Timetables XML Database yang sudah di-Rename (yang sudah diberi nama). Kita tunggu sampai proses generate selesai. Jika sudah selesai tahap terakhir adalah ; 
  6. Tinggal klik menu Export As Excel. Kita tunggu sampai proses generate selesai dan dilanjutkan tahap editing sampai menjadi sebuah dokumen jadwal KBM yang siap pakai.

https://www.unclebonn.com/2021/01/membuat-jadwal-kbm-otomatis-dengan-asc.html
Simulasi Penyusunan Jadwal dengan Asc Timetables

Demikian penjelasan kami terkait manfaat aplikasi Asc Timetable dalam membangun manajemen pengelolaan kegiatan pembelajaran secara baik, lengkap dan terukur di sekolah Anda. Output dari pemanfaatan aplikasi Asc Timetables ini cukup banyak. Kita bisa mendapatkan file kolektif  rekapan data tiap guru, jadwal KBM untuk kepala sekolah dan jadwal KBM yang bisa dipakai di meja piket, dan masih banyak lagi sesuai tuntutan dan kebutuhan sekolah. Yang lebih penting lagi Jadwal KBM ini bisa dipakai operator sekolah untuk kepentingan Dapodik.


Untuk sekolah-sekolah yang berminat  dan lokasinya berada di wilayah administratif Kabupaten Sumba Timur silahkan hubungi kami. Kami siap membantu Anda secara lengkap, proposional dengan memegang prinsip ekonomis.*




No comments:

Post a Comment

Kami sangat menghargai pendapat Anda namun untuk kebaikan bersama mohon berkomentarlah dengan sopan!