Terima Kasih Telah Berkunjung ke Unclebonn.com Tugas dan Fungsi Awak Kapal dalam Manajemen Operasi Kapal Penangkap Ikan - unclebonn.com

Sunday, January 16, 2022

Tugas dan Fungsi Awak Kapal dalam Manajemen Operasi Kapal Penangkap Ikan

https://www.unclebonn.com/2022/01/tugas-dan-fungsi-awak-kapal-dalam.html

Manajemen adalah suatu proses atau kerangka kerja yang melibatkan suatu kelompok orang ke arah tujuan yang sama dalam suatu organisasi untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien yang telah di tetapkan.

Dalam operasi penangkapan ikan pengertian organisasi yang paling cocok adalah suatu sistem atau wadah yang berisikan kumpulan anak buah kapal yang dikoordinir oleh satu atau dua orang yang saling bekerja sama untuk mencapai tujuan secara efisien dan efektif. Manajemen operasi kapal penangkap ikan memiliki prinsip-prinsip sebagai berikut :


Baca Juga : Istilah Pokok Dalam Olah Gerak Kapal


  1. Planing adalah menentukan tujuan-tujuan yang hendak dicapai selama suatu masa yang akan datang dan apa yang harus diperbuat agar dapat mencapai tujuan-tujuan tersebut.
  2. Organising adalah mengelompokkan dan menentukan berbagai kegiatan penting dan memberikan kekuasaan untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan itu.
  3. Staffing adalah menentukan keperluan-keperluan sumberdaya manusia, pengerahan, penyaringan latihan dan pengembangan tenaga kerja.
  4. Motivating adalah mengarahkan atau menyalurkan perilaku manusia kearah tujuan.
  5. Controling adalah mengukur pelaksanaan dengan tujuan, menentukan sebab-sebab penyimpangan-penyimpangan dan mengambil tindakan-tindakan korektif.

Pengorganisasiandi atas kapal sangat penting dilakukan dengan baik agar masing-masing bagian atau orang dapat berperan dan bertanggung jawab sesuai dengan tugas dan fungsinya masing-masing. Berikut kami jelaskan peran dan tugas awak kapal penangkap ikan.


a. Nakhoda:

1) Pemberian perintah dan tugas

2) Mengontrol tugas pelaut

3) Menciptakan keamanan dan disiplin

4) Mengawasi kebersihan,kesehatan dan keuangan

5) Mengetahui dan mampu mengoperasikan seluruh alat-alat navigasi, alat tangkap, dan peralatan keselamatan di atas kapal.

6) Menentukan daerah fishing ground (Indonesia) jika di Negara lain untuk kapal skala indutri pencarian fishing ground dilakukan oleh fishing master

7) Bertanggung jawab terhadap keselamatan pelayaran dan aktifitas berjalan yang dilaksanakan diatas kapal, baik hubungan atas pembagian kerja di atas kapal

8) Memperlengkapi kapalnya dengan sempurna

9) Mengawaki kapalnya secara layak sesuai prosedur/aturan

10) Membuat kapalnya layak laut (seaworthy)

11) Mematuhi perintah Pengusaha kapal selama tidak menyimpang dari peraturan perundang-undangan yang berlaku

 

Baca Juga : Jenis-Jenis Alat Pendeteksi Ikan (Fish Finder)


b. Mualim I (Chief officer)

1) Penerimaan muatan, pembongkaran dan persiapan untuk muat bongkar.

2) Membuat jadwal jaga laut dan darat

3) Membuat catatan khusus tentang kegiatan deck dan menyimpan dokumen penting lainya

4) Mengawasi anak buah kapal disaat untuk masuk pelabuhan

 

c. Mualim II

1) Pemeliharaan dan pengaturan peralatan atau perlengkapan yang selengkap mungkin.

2) Menentukan dan mengambil posisi kapal dan mencocokkan dengan waktu

3) Memeriksa dan membuat laporan tentang operasi penangkapan ikan

4) Mencatat hal-hal penting selama penangkapan dilaut dan pelayaran dari fishingbase ke fishing ground.

5) Sebagai komandan diburitan pada saat kapal olah gerak

 

d. Mualim III

1) Mempersiapkan Peralatan deck

2) Menyiapkan look book ketika akan berlabuh

3) Menentukan waktu pasang surut serta waktu terbit serta terbenamnya matahari dan bulan

4) Membantu kapten di anjungan pada saat kapal masuk dan keluar pelabuhan

 

e. Serang

1) Pemeliharaan dan pengaturan berbagai bagian pada lambung

2) Pekerjaan mengenai muatan

3) Kebersihan dan pemeliharaan di atas kapal

4) Serang mengatur dan mengawasi pekerjaan anak buah kapal pada saat kapal masuk dan keluar pelabuhan dan melaksanakan order dari chief office.

 

f. Kepala Kamar Mesin (Chief Enginer)

Chief Enginer membantu Nahkoda dan mengepalai bagian Mesin dan mengontrol pengoperasian dan perawatan mesin dia juga bertanggung jawab untuk segala sesuatunya mengenai mesin dan bahan bakar, pemeriksaan dan perlengkapan mesin serta semua yang berkaitan dengan mesin.

 

Baca Juga : Definisi Dan Beragam Istilah Olah Gerak Kapal Penangkap Ikan 


g. Masinis I (Second Engineer)

Masinis I membantu KKM dalam mengontrol dan mengawasi pekerjaan di bagian mesin secara umum. dia memberi bimbingan teknik dalam usaha penyelesaian proses perbaikan mesin.

1) Dalam melaksanakan pekerjaan Masinis I bekerja dengan chief enginer menjamin dan mengusahakan agar tidak bekerja tidak berlebihan, dalam hal ini dia harus mengambil dan menentukan keadaan kerja yang nyata dengan pertimbangan dan membuat persiapan untuk kerja anak buah kapal. masinis I juga melakukan tugas ketika kapal akan berlabuh.

 

2) Masinis I harus memeriksa dan mengatur mesin-mesin. melaporkan tentang mesin induk, Baling-baling, bahan bakar dan pelumas serta kebersihan Mesin.

 

h. Masinis II

Masinis II membantu chief enginer dan masinis I mengoperasikan,mengatur dan hubungannya dengan alat-alat. masinis II juga melakukan penjagaan selama pelayaran sebagaimana pula pada waktu berlabuh. Tugas utamanya mengenai hal-hal pemakaian dan pergantian generator beserta peralatannya pompa udara dan peralatannya,ketel uap dan peralatanya,steering gear dan air minum yang dibersihkan oleh Mesin.

 

i. Masinis III

Masinis III membantu Chief dan Masinis II mengoperasikan dan mengatur mesin-mesin, masinis III juga Melakukan Penjagaan selama pelayaran dan pada waktu berlabuh. Tugas Utamanya adalah mengontrol perlengkapan listrik,pendinginan dan pengaturan udara, cargogear, dan alat-alat bantu dideck,engineer Lokbook dan gudang perlengkapan kapal



Baca Juga : Soal Dan Jawaban Bangunan Kapal Kelas X Kompetensi Keahlian Nautika Kapal Penangkap Ikan

 

j. Oliman

Oliman sebagai ketua bagian Mesin, layaknya seorang Boatswain sebagai ketua bagian deck. Oliman Melakukan control bagian mesin atas perintah masinis I atau Masinis lainnya dan mengerjakan sendiri pelayanan atau perbaikan dan pengaturan secara umum dibagian mesin. Oliman diharapkan paling berpengalaman diantara anggota lainya bagian mesin sebab dia harus terampil dalam penempatan setiap anggota dan siap memimpinnya.

 

k. Koki (Cook)

Koki Bertugas sebagai tukang masak dan bertanggung jawab dengan masakannya dan menjaga makanan.meliputi menu, mereka harus masak makanan yang lezat untuk semua awak kapal.

 

l. Asisten Koki

Asisten koki adalah bertugas membantu koki untuk memasak makanan untuk Nahkoda,Mualim-mualim serta awak kapal lainnya. Serta menjaga peralatan masak lainnya dan membersihkan dapur.


Baca Juga : Ringkasan Materi Menjangka Peta Dan Benda Bantu Navigasi


Demikian penjelasan kami tentang tugas dan fungsi awak kapal dalam manajemen operasi kapal penangkap ikan. Semoga penjelasan singkat ini dapat memberi manfaat kepada peserta didik, guru bahkan dosen.*


No comments:

Post a Comment

Kami sangat menghargai pendapat Anda namun untuk kebaikan bersama mohon berkomentarlah dengan sopan!