Terima Kasih Telah Berkunjung ke Unclebonn.com Sifat Seekor Kepiting - unclebonn.com

Sunday, July 2, 2023

Sifat Seekor Kepiting

https://www.unclebonn.com/2023/07/sifat-seekor-kepiting.html

Mungkin banyak yang tahu wujud kepiting, tapi tidak banyak yang tahu sifat kepiting. Semoga Anda tidak memiliki sifat kepiting yang dengki.

Yang paling menarik dari kebiasaan ini adalah kepiting-kepiting itu akan selalu berusaha untuk keluar dari baskom, sekuat tenaga mereka, dengan menggunakan capit-capitnya yang kuat. Namun seorang penangkap kepiting yang handal selalu tenang meskipun hasil buruannya selalu berusaha meloloskan diri. Resepnya hanya satu, yaitu si pemburu tahu betul sifat si kepiting.


Bila ada seekor kepiting yang hampir meloloskan diri keluar dari baskom, teman-temannya pasti akan menariknya lagi kembali ke dasar. Jika ada lagi yang naik dengan cepat ke mulut baskom, lagi-lagi temannya akan menariknya turun... dan begitu seterusnya sampai akhirnya tidak ada yang berhasil keluar. Keesokan harinya sang pemburu tinggal merebus mereka semua dan matilah sekawanan kepiting yang dengki itu.


Baca Juga :  Keledai Dan Rubah


Begitu pula dalam kehidupan ini... tanpa sadar kita juga terkadang menjadi seperti kepiting-kepiting itu. Dengki atau iri hati adalah sebuah kata yang seringkali kita dengar dalam kehidupan sehari-hari. Di keluarga, seorang adik iri hati kepada kakaknya ketika orangtuanya membelikan sepeda baru buat sang kakak. Seorang teman iri hati ketika melihat rekan sebangkunya memperoleh nilai tertinggi dalam ujian di kelas. Di kantor, si A iri hati kepada si B karena B mendapatkan promosi jabatan dan seterusnya.


Orang yang dengki adalah orang yang selalu tidak bisa menerima kenyataan keberhasilan orang lain. Seharusnya kita bergembira jika teman atau saudara kita mengalami kesuksesan, sebaliknya kita malahan mencurigai mereka. 


Apalagi di dalam bisnis atau hal lain yang mengandung unsur kompetisi, sifat iri, dengki, atau munafik akan semakin nyata dan kalau tidak segera kita sadari tanpa sadar kita sudah membunuh diri kita sendiri.


Seharusnya kepiting-kepiting itu tolong-menolong keluar dari baskom, namun yah… dibutuhkan jiwa yang besar untuk melakukannya.


"Sebab di mana ada iri hati dan mementingkan diri sendiri di situ ada kekacauan dan segala macam perbuatan jahat." 


(Yakobus 3:16)


Penulis : Panusunan Hutasoit / Facebook.com 

No comments:

Post a Comment

Kami sangat menghargai pendapat Anda namun untuk kebaikan bersama mohon berkomentarlah dengan sopan!