Terima Kasih Telah Berkunjung ke Unclebonn.com BMKG Sumba Timur Lakukan Sosialisasi Peningkatan Kesiapsiagaan Bencana Gempa Bumi dan Tsunami di SMK Negeri 1 Pandawai - unclebonn.com

Tuesday, March 7, 2023

BMKG Sumba Timur Lakukan Sosialisasi Peningkatan Kesiapsiagaan Bencana Gempa Bumi dan Tsunami di SMK Negeri 1 Pandawai

https://www.unclebonn.com/2023/03/bmkg-sumba-timur-lakukan-sosialisasi.html

Tim Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kabupaten Sumba Timur melakukan sosialisasi peningkatan kesiapsiagaan bencana gempa bumi dan tsunami di Pulau Sumba yang dilaksanakan di SMK Negeri 1 Pandawai (Selasa, 7/3/2023) sekitar pukul 10.00 Wita. 


Berdasarkan isi surat dari kantor BMKG Sumba Timur tertanggal 27 Februari 2023, kegiatan ini seharusnya dilaksanakan pada pukul 09.00 Wita. Namun karena ada kegiatan kerja bakti dari peserta didik dan guru maka kegiatan ini diundur hingga satu jam. 


Kegiatan ini merupakan program BMKG Goes to School yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan siswa-siswi tentang gempa bumi, tsunami, dan mitigasinya.  


Kegiatan dimulai dengan sambutan singkat dari Kepala SMK Negeri 1 Pandawai. Kepala sekolah mengungkapkan rasa terima kasih kepada pihak BMKG karena SMK Negeri 1 Pandawai termasuk salah satu sekolah dari delapan sekolah yang menjadi sasaran kegiatan ini. Selanjutnya pihak BMKG Sumba Timur memulai dengan materi kegiatan terkait angin puting beliung,  gempa bumi, tsunami dan mitigasinya. 


Untuk kegiatan mitigasinya, BMKG Sumba Timur menggunakan salah satu ruang kelas sebagai simulasi menghadapi gempa bumi. Ada sekitar 15 orang siswa yang mendaftarkan dirinya menjadi bagian dari kegiatan simulasi mitigasi bencana alam. Prinsipnya saat menghadapi bahaya jangan panik. Oleh karena itu, perlu pemahaman tentang PPPK (Pertolongan Pertama pada Kecelakaan) dan perlu dikuasai secara benar, baik oleh siswa maupun guru. 


Dari pantauan media ini, penyajian materinya singkat, padat,  jelas dan menarik sehingga peserta didik dan guru sangat menikmati selama pemaparan materi berlangsung. 


Semua siswa dan guru mengikuti kegiatan ini dengan penuh semangat.  Ada beberapa siswa yang mendapatkan hadiah dari tim BMKG Sumba Timur atas kontribusinya dalam menjawab pertanyaan yang diajukan oleh pemateri setiap sesinya.*


Baca Juga : 

Catatan 13 Februari 2023 : SMK Negeri 1 Pandawai Peduli Pada Korban Angin Puting Beliung

Siswa Agribisnis Ternak Unggas SMK Negeri 1 Pandawai Lakukan Kunjungan Industri Pada PT Mitra Sinar Jaya Sumba Timur

Dinas Peternakan Kabupaten Sumba Timur Beri Materi Kesehatan Hewan Kepada Siswa SMK Negeri 1 Pandawai


No comments:

Post a Comment

Kami sangat menghargai pendapat Anda namun untuk kebaikan bersama mohon berkomentarlah dengan sopan!