Terima Kasih Telah Berkunjung ke Unclebonn.com Salam Hormat Kepadamu Pejuang Pemberani - unclebonn.com

Thursday, February 9, 2023

Salam Hormat Kepadamu Pejuang Pemberani

https://www.unclebonn.com/2023/02/salam-hormat-kepadamu-pejuang-pemberani.html

Saya kadang tanya kepada mereka, keberanian seperti apa sehingga kalian berani menantang arus? 


Jawabnya: "Kekuatan kami itu kemanusiaan. Demi NKRI, demi Pancasila dan demi keberagamaan kami berjuang." 


Baca Juga : Seandainya Syahrini Jadi Anggota DPR


Menantang pendapat mayoritas (agama) tertentu bersiaplah dengan segala konsekuensinya. Di-bully, dicap kafir, pengikut aliran sesat, liberal, diteror itu akan menjadi santapan hari-hari. Bagi saya yang memiliki perasaan yang "melankolis" saya harus beri label untuk mereka yaitu pemberani. Mereka pejuang sekaligus pemberani.


Mereka mendudukan kepentingan negara di atas kepentingan pribadi sekalipun itu harus melampaui agama. Agama memiliki ruang tersendiri dalam konteks hubungan antar sesama anak bangsa. Semakin kita fanatik semakin sulit kita membaur dengan orang lain. Malah menebalkan dinding perbedaan. 


Baca Juga : Seandainya Saya Seorang Politisi


Bagaimana kalau di otaknya ia sudah bilang: "loe-kan kafir" di hari lain ia berteman dengan orang yang sudah dicapnya kafir. Orang seperti apakah dia ini? Munafik-lah.


Disinilah para pemberani hadir. Mereka tidak mau bermain di wilayah abu-abu. Mereka risih dengan tingkah laku para kaum yang sok-sok religius tapi menampilkan wajah bengis. Mereka tahu bahwa kemanusian kita itu satu. Dan agama saharusnya beriringan dengan kemanusiaan. Yang merangkul dan menolong. 


Baca Juga : Menanti Oase Di Tengah Padang Politik


Kepadamu hai pejuang kami selalu memperhatikanmu. Kami juga akan membela dan melindungi saudaramu. Kami menjaga mereka bukan dengan pentungan dan batu. Kami akan menjaga mereka dalam persaudaraan yang hangat. Persaudaraan dalam kemanusiaan. Maka dari hati yang paling dalam saya ucapkan : Salam hormat kepadamu pejuang pemberani.*



No comments:

Post a Comment

Kami sangat menghargai pendapat Anda namun untuk kebaikan bersama mohon berkomentarlah dengan sopan!