Terima Kasih Telah Berkunjung ke Unclebonn.com Apakah Jan Ethes Penerus Tahta dan Singgasana Pakde Jokowi? - unclebonn.com

Monday, January 2, 2023

Apakah Jan Ethes Penerus Tahta dan Singgasana Pakde Jokowi?

https://www.unclebonn.com/2023/01/apakah-jan-ethes-penerus-tahta-dan.html

Mungkinkah? 


Secara kasat mata melihat gaya hidup anak-anak Jokowi sepertinya mereka jauh dari kehidupan politik. Dari yang sulung Gibran  Rakabuming Raka, kemudian Kahiyang Ayu, sampai si bungsu Kaesang Pangarep tidak ada tanda-tanda kalau kelak mereka akan jadi politisi. Apakah mereka sengaja dilarang oleh bapaknya atau mereka sadar kalau sedikit bermain politik dapat mengganggu kinerja bapak mereka sampai hari ini belum ada keterangan pasti.


Yang jelas, anak-anak ini hidup mandiri dan sederhana mengikuti jejak keteladanan Jokowi sendiri atau pola hidup yang sudah dididik oleh kedua orang tua mereka.


Baca Juga : Catatan Kunjungan Presiden Joko Widodo Ke Laipori, Sumba Timur Dan Energi Seorang Pemimpin 


Melihat keakraban Joko Widodo dengan cucunya Jan Ethes Srinarendra, saya pikir Pak Jokowi secara sengaja mulai membentuk nilai-nilai politik di dalam benak cucunya itu.


Kita bisa melihat itu dari gimmick Pak Jokowi dibeberapa kegiatan formal maupun non formal. Bagaimana melihat cara berbusana Jan Ethes yang sepertinya dibiasakan dalam berbagai momentum kenegaraan sampai kegiatan liburan keluarga sebagai warga negara biasa.


Jokowi sering membiasakan kehidupan istana pada Jan Ethes. Sebenarnya kedua orang tuanya Jan Ethes ini tak terkesan dengan kehidupan istana. Mereka hidup layaknya masyarakat biasa jauh dari publikasi. Mengurusi bisnis mereka secara mandiri. Tapi, tidak bagi Jan Ethes,  Jokowi memperlakukannya istimewa. Beliau membawa ke pusat perbelanjaan dimana Jan Ethes selalu dalam gendongannya. Mungkin membiasakan Jan Ethes ditengah kerumunan massa. 


Baca Juga : Presiden Joko Widodo Ke Sumba Timur, Netizen : Welcome To Sumba Island Mr President


Kondisi ini apakah Pak Jokowi menjaga jalan dan menuntun cucunya menapaki tangga istana?


Secara tidak langsung Pak Jokowi mau bilang kepada publik, ini loh penerus saya di masa yang akan datang.  Dia tak akan jauh dari gaya kepemimpinan saya.


Ya, kira-kira begitulah prediksi saya siapa penerus Jokowi di kancah perpolitikan tanah air dimasa yang akan datang. 


Baca Juga : Presiden Jokowi, Pribadi Yang Tetap Membumi


Namun kita tahu bahwa hidup ini misterius apalagi hidup di dunia politik yang penuh dengan kemungkinan dan kemungkinan. Yang jelas kita tunggu saja kedepannya legitimasi apa yang ditinggalkan oleh Pakde Jokowi. Itulah yang akan membuka jalan bagi cucunya bahkan anak-anaknya.


Unclebonn, 2 Januari 2017


No comments:

Post a Comment

Kami sangat menghargai pendapat Anda namun untuk kebaikan bersama mohon berkomentarlah dengan sopan!