Terima Kasih Telah Berkunjung ke Unclebonn.com Juni Evandra, Si Nekat yang Pantang Menyerah dalam Belajar - unclebonn.com

Friday, December 9, 2022

Juni Evandra, Si Nekat yang Pantang Menyerah dalam Belajar

https://www.unclebonn.com/2022/12/juni-evandra-si-nekat-yang-pantang.html

Entah motivasi apa yang ada dalam dirinya. Sebut saja anak didik saya, Juni Evandra. Kelas X tahun lalu, dia anak yang rada pendiam,  namun aktif. Dia anak yang punya motivasi tinggi soal kerja. Bertanggung jawab. Dia bukan anak yang aktif dalam berbicara tapi kerap menjadi pendengar yang baik. Dia beda dengan si Juni Dua yang aktif berbicara. Apalagi berhadapan dengan ketua kelas, si Dian Florensa yang tegas dengan tone tinggi, Juni Evandra pasti mengalah. 


Cerita di atas itu masa lalu. Beda ketika memasuki tahun pelajaran baru 2022-2023.  Juni Evandra berubah total saat duduk dibangku kelas XI SMK Negeri 1 Pandawai. Dia berubah bukan karena salah pergaulan tapi punya motivasi tinggi untuk berubah ke level yang lebih tinggi, lebih baik dan lebih keren tentunya soal penampilan.  Level lebih tinggi soal prestasi belajar dan attitude.


Baca Juga : Pendidikan Membuat Orang Punya Harapan (Jejak Digital Dari Olivia Kattu)


Saat ini, penampilannya selalu rapih dengan rambut cepak ala angkatan.  Baju seragam diseterika patah-patah.  Dia meniru gaya strikaan anak sekolah kedinasan yang penampilan ala semi militer walau dalam kesederhanaanya. Jika bertemu gurunya yang dianggap dekat, gaya salaman ala komando. Sebagai gurunya saya heran dan juga mengagumi tabiat baru nan asyik ini. Ada motivasi apa sehingga dirinya berubah segitunya?


Itu soal perilaku dalam interaksi sosial di sekolah. Soal perilaku belajar di kelas, saat ini ia juga aktif dan cenderung nekat untuk bisa mengaktualisasikan pikirannya di depan kelas, kepada gurunya dan kepada teman kelasnya. 


Baca Juga : Olivia Siswa SMK yang Mulai Belajar Bisnis Online


Ia juga berani tampil beda dalam mengerjakan tugas-tugas walau guru sudah menyarankan untuk kerja kelompok atau berkolaborasi dengan teman kelas yang lain. Namun dianya keukeuh dengan prinsipnya. Mau nilainya berapa asalkan usaha sendiri. Begitu pikirannya. 


Dianya juga berani tampil untuk menyelesaikan latihan soal di papan tulis walau persiapan belum matang. Ia berani dan nekat.  


Apakah Juni Evandra hanya mau mengaktualisasikan hasrat belajarnya hanya kepada saya sebagai gurunya?


Ternyata banyak rekan guru lain yang mengisahkan perihal yang sama. Mereka mengisahkan semangat Juni Evandra dengan mengumbarkan senyum.  Soal semangat belajarnya yang rada-rada nekat itu. Uniknya dan menarik.


Namun kami sepakat sebagai guru kami senang atas motivasi belajar yang tinggi dari anak Juni Evandra. Dia punya itikad baik untuk berubah ke level yang lebih tinggi.  Apalagi dia anak SMK tentu itu menjadi modal dasar bagi dirinya untuk bekerja setelah lulus SMK.


Baca Juga : Kuliah Melalui Jalur Khusus Anak Pelaku Kelautan Dan Perikanan Itu Luar Biasa!


Akhirnya saya sadar kemungkinan dia (Juni Evandra) terinspirasi dari para kakak kelasnya yang saat ini sedang menempuh pendidikan di Poltek Kelautan dan Perikanan Kupang.  Sepertinya dia juga bercita-cita kuliah disana. Maksudnya punya cita-cita terpendam. 


Mudah-mudahan anak Juni Evandra jangan pernah kasih kendur semangat untuk melakukan transformasi diri. Karena semua itikad baik, semangat dan kerja keras akan membuahkah hasil. Ingat pesan Bapak Guru, "Tuhan mungkin enggan mengubah nasib seseorang jika Orang tersebut tidak mau mengubahnya."


No comments:

Post a Comment

Kami sangat menghargai pendapat Anda namun untuk kebaikan bersama mohon berkomentarlah dengan sopan!