Terima Kasih Telah Berkunjung ke Unclebonn.com Pendidikan Membuat Orang Punya Harapan (Jejak Digital dari Olivia Kattu) - unclebonn.com

Wednesday, March 30, 2022

Pendidikan Membuat Orang Punya Harapan (Jejak Digital dari Olivia Kattu)

https://www.unclebonn.com/2022/03/pendidikan-membuat-orang-punya-harapan.html

Siswa atas nama Olivia N.A Kattu menjadi catatan khusus saya sebagai seorang guru. Sebenarnya sih banyak siswa yang pintar. Namun yang unik dari siswa ini dia memiliki spirit fighting yang tinggi tentang hidup dan cita-citanya. 


Pada 20 Maret 2020, saya pernah menulis tentang siswa ini (Olivia Kattu) bagaimana ia belajar bisnis online. Dengan aktif berjualan online melalui platform sosial media seperti Facebook dan WhatsApp. Ia menikmati hasil kerja kerasnya. Ia jajan, punya aksesoris yang menarik layaknya remaja kekinian pun ia miliki. Menurut saya itu yang dia peroleh dari jualan online.


Sekarang dia sedang kuliah di Politeknik Kelautan dan Perikanan Kupang-Nusa Tenggara Timur. Berada di tingkat dua. Di organisasi ketarunaan ia menjabat sebagai sekretaris senat taruna. Sebuah capaian dibidang organisasi kemahasiswaan yang luar biasa. Itu modal hidup salah satunya. 


Namun sebagai seorang guru saya ingin dia lebih greget soal akademik. Karena kalau pintar hidup lebih mudah. Apalagi kalau sudah pintar, punya kepribadian yang baik, disiplin, jujur dan bertanggung jawab maka hidup itu terasa lebih mudah, indah dan menyenangkan.


=========================================================================

30 Maret 2020

Olivia Siswa SMK yang Mulai Belajar Bisnis Online


Tulisan ini sebagai bentuk apresiasi saya kepada Olivya Kattu atas proses belajarnya sebagai calon entrepreneur di masa depan. Dan seharusnya siswa SMK diajari dan belajar berwirausaha baik secara kelompok maupun mandiri sejak dini.  Dengan harapan kedepan dia bisa langsung kerja dan menciptakan lapangan kerja. 


Saya tidak mengenal Olivia secara pribadi. Sebagai pendidik (guru) di SMK Negeri 1 Pandawai saya mengenalnya sebagai juara kelas, Ketua Kelas, dan sekretaris OSIS.  Dia juga siswa yang disiplin, pekerja keras, kritis dan keras kepala (kemauan keras). Jika ia tekun belajar ia akan menjadi sangat luar biasa di kelas. 


Dia akan menjadi pendengar yang baik saat saya bercerita dan cenderung mengikuti nasihat guru-gurunya. Saya pernah memberikan dia dan temannya "misi khusus" walaupun belum maksimal (gagal) namun banyak ilmu yang bisa mereka jadikan pembelajaran dalam hidup mereka. Bahwa hidup itu seni dan berdinamika. 


Anak-anak harus diberi keyakinan dan harapan bahwa setiap usaha akan membuahkan hasil. Mereka tidak perlu dijanjikan hal-hal yang sifatnya instan. Tapi harus mengedepankan proses.  Proses yang diajarkan setelah itu baru hasil. Mereka harus menikmati apa yang mereka lakukan. Harus punya cita-cita dan tujuan hidup. 


Pada hari ini setiap orang memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan peluang emas tinggal bagaimana cara mendapatkan peluang itu.


Saya cukup mengikuti Olivia di sosial media. Bagaimana ia berjualan online.  Dari hal-hal (produk) yang kecil sekarang sudah ke barang-barang yang nilai rupiahnya besar. Itu suatu proses yang baik. Wajar kalau tampilannya sedikit berbeda. Dan ia harus menikmati kerja kerasnya. 


Saran saya, Olivia harus banyak membaca dan menonton kiat sukses dari para pengusaha yang sudah sukses. Bagaimana mana target mereka sebelum usia 30 tahun dan sukses diusia itu. Kerja keras tidak akan membatasi orang untuk sukses dan mandiri.*


Baca Juga : 

Kuliah Melalui Jalur Khusus Anak Pelaku Kelautan Dan Perikanan Itu Luar Biasa!

Menengok Peralatan Dan Fasilitas Bengkel Siswa Teknik Dan Bisnis Sepeda Motor, Jurusan Unggulan Di SMK Negeri 1 Pandawai Kabupaten Sumba Timur


No comments:

Post a Comment

Kami sangat menghargai pendapat Anda namun untuk kebaikan bersama mohon berkomentarlah dengan sopan!