Terima Kasih Telah Berkunjung ke Unclebonn.com Daun Kelor Bisa Menjadi Sayur Alternatif Dimasa Pandemi dan Musim Hujan - unclebonn.com

Saturday, January 30, 2021

Daun Kelor Bisa Menjadi Sayur Alternatif Dimasa Pandemi dan Musim Hujan

https://www.unclebonn.com/2021/01/daun-kelor-bisa-menjadi-sayur.html

Setiap orang memiliki selera dan ketertarikan sendiri pada sayur-sayuran tertentu. Makanya kita bisa lihat pada seseorang atau beberapa orang yang memang sangat selektif dalam memilih jenis sayuran yang akan mereka konsumsi. Alasannya bahwa tidak semua sayur baik untuk kesehatan. Apalagi orang itu menderita penyakit tertentu, misalnya, atau orang itu seorang vegetarian


Pada kesempatan ini kita tidak membahas perihal pola hidup sehat seorang vegetarian. Namun kita akan menewarkan bagaimana masyarakat dapat memilih sayur yang tepat selama masa pandemi atau seperti saat ini kita sedang memasuki musim penghujan (hujan). 


Semenjak masa pandemi Covid-19 masyarakat cenderung menghabiskan waktu di rumah bersama keluarga. Selain itu ada banyak aktivitas yang dilakukan di rumah (Work From Home) baik untuk pegawai pemerintah, guru, maupun karyawan swasta, dan profesi lainnya. Situasi ini lama-lama membosankan. Maka timbullah ide-ide untuk melakukan kegiatan tertentu sekedar menghilangkan kejenuhan atau rasa bosan itu.


Baca Juga : Cara Membuat Kue Cucur Gula Sabu Ala Koki Holo


Yang kerap dilakukan selain berolahraga tentu melakukan eksperimen untuk menu masakan. Soal ini, moms jagonya. 


Disini kami menawarkan daun kelor (Moringa oleifera)Tanaman kelor ini ada diseluruh daerah atau wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT). Beberapa daerah di pulau Timor misalnya, menyebut tanaman kelor ini dengan marungga atau marungge. Bagi suku Dawan (suku asli Timor) daun marungga ini direbus bersama jagung katemak. Jagung katemak ini adalah makanan khas dari Pulau Timor, NTT. Biji jagung tua yang langsung direbus kemudian setelah hampir matang dicampur lagi dengan buah pepaya yang sudah dipotong-potong atau diiris kecil, daun pepaya, atau daun kelor. Kadang ditambah beberapa jenis kacang-kacangan. 


Biasanya disaat sibuk, orang cenderung suka makanan siap saji atau produk makanan yang instan. Orang sangat menggemari mie instan. Ini makanan populer orang Indonesia. Selain harganya murah cara memasak pun simple. Tinggal direndam pake air panas atau cukup direbus.  Tidak butuh waktu lama, mie siap disantap, yummy….


Guys, daripada mie itu dimakan kosong mendingan dicampur pake daun kelor. Bagi yang belum mencoba daun kelor kebayang rasanya sedikit aneh. Tapi Anda perlu mencobanya. 


Ide soal makan mie instan biasa muncul saat dilanda hujan di sore hari. Ini biasa menjadi waktu yang pas untuk menyantap semangkuk mie instan.  Nah agar tidak melulu mie instan kosong sebaiknya mie instan itu perlu dicampur dengan daun kelor. Biar ada varian baru. Selain memperkaya rasa mie instan ternyata mengkonsumsi daun kelor banyak manfaatnya untuk kesehatan.  


Masih ingatkah kamu saat Pilgub NTT tahun 2018? Dalam satu sesi debat Pilkada saat itu pasangan Viktor B Laiskodat dan Josef Naisoi membuat wacana soal daun kelor sebagai makanan alternatif yang memiliki kandungan gizi bagi masyarakat NTT. Mulai saat itu daun kelor mulai dipasarkan. Selain kaya zat gizi daun kelor bisa menjadi lahan bisnis baru.


Dirangkum dari berbagai  sumber ternyata mengkonsumsi daun kelor bisa menghilangkan stres. Bеrdаsаrkаn hаsil dаri sеbuаh реnеlitiаn dаlаm Jоurnаl оf Рhаrmаcоlоgy аnd Рhаrmаcоdynаmics, dikаtаkаn bаhwа, daun kelor mеruраkаn sаlаh sаtu аdарtоgеn аlаmi. Аrtinyа, tаnаmаn ini mеmiliki kеmаmрuаn dаlаm mеlindungi tubuh dаri еfеk tоksik yаng diрicu оlеh strеs.


Selain sebagai makanan anti stress mengkonsumsi daun kelor dapat mencegah kanker. Manfaat аnti kаnkеr раdа еkstrаk daun kelor ini, tеlаh ditunjukkаn dаlаm studi kultur jаringаn sеl kаnkеr sеrviks mаnusiа yаng ditеrbitkаn dаlаm еdisi Juni 2011 jurnаl Fооd аnd Chеmicаl Tоxicоlоgy. Еkstrаk kelor mеncеgаh реrtumbuhаn dаn rерrоduksi sеl-sеl kаnkеr. Реnеliti tеrkеmukа itu juga mеnyimрulkаn bаhwа daun kelor mеnunjukkаn роtеnsi sеbаgаi реncеgаhаn аlаmi.


Baca Juga : Resep "Red Velvet Cake Kukus" Ala Raffa Cake And Chocolate


Daun kelor adalah sumber vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Dalam sekitar 20 gram daun kelor yang telah dipotong-potong, terkandung nutrisi sebagai berikut: Protein: 2 gram , Vitamin B6: 19% dari rekomendasi konsumsi harian, Vitamin C: 12% dari rekomendasi konsumsi harian, Zat besi: 11% dari rekomendasi konsumsi harian, Riboflavin (vitamin B2): 11% dari rekomendasi konsumsi harian, Vitamin A: 9% dari rekomendasi konsumsi harian. Magnesium: 8% dari rekomendasi konsumsi harian.


Demikian informasi yang dapat kami bagikan kepada pembaca setia Unclebonn.com. Daripada menyantap mie instan kosong mendingan dicampur dengan daun kelor. Selain memberi rasa baru pada lidah daun kelor bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia.*


No comments:

Post a Comment

Kami sangat menghargai pendapat Anda namun untuk kebaikan bersama mohon berkomentarlah dengan sopan!