Terima Kasih Telah Berkunjung ke Unclebonn.com Cara Membuat Kue Cucur Gula Sabu ala Koki Holo - unclebonn.com

Sunday, June 28, 2020

Cara Membuat Kue Cucur Gula Sabu ala Koki Holo

https://www.unclebonn.com/2020/06/cara-membuat-kue-cucur-gula-sabu-ala.html

Kue cucur memang memiliki banyak variasi. Ada beragam cita rasa dari kue cucur saat kita nikmati. Selain terkenal dengan bentuk yang khas serta rasa yang enak dan lembut, kue cucur sebenarnya kue tradisional yang kerap dijumpai di masyarakat. Tak heran jika kue ini banyak disukai oleh semua kalangan baik dari anak-anak sampai orang dewasa maupun dari kalangan biasa sampai dikalangan para pejabat.

Hampir di setiap acara keluarga maupun acara adat di wilayah Nusa Tenggara Timur, sajian kue cucur menjadi salah satu menu favorit untuk jamuan para tamu atau undangan. Kue cucur cocok disajikan sembari minum teh hangat atau kopi panas. Lebih asyik lagi bila kue cucur dinikmati saat santai di sore hari.

Pembuatan kue cucur gula sabu ala Koki Holo sebenarnya mirip dengan kue cucur pada umumnya. Namun perbedaan dari kue cucur pada umumnya dengan kue cucur gula sabu adalah terletak pada bahan dasar pembuatannya. Pada kesempatan ini kami mencoba menyajikan tips membuat kue cucur dengan bahan dasar gula sabu yang manis tanpa efek samping. 

Lalu bagaimana cara membuat kue cucur? Berikut ini dijelaskan cara membuat kue cucur yang rasanya enak dan lembut ala pemilik brand Koki Holo, Ina Djoli yang dipasarkan secara online melalui akun facebooknya.

Bahan-Bahan:
1. 500 gram Tepung Beras
2. 200 gram Tepung Terigu
3. 2 gelas penuh gula sabu/setara dengan 250 ml
4. Air biasa atau boleh juga air hangat secukupnya atau sekitar 250 ml
5. Garam seujung sendok teh

Prosedur dan cara membuat:

Aduk semua bahan sampai merata atau tercampur dengan sempurna. Lebih baik lagi menggunakan mixer jika di rumah tidak tersedia mixer bisa dilakukan secara manual. Pastikan adonannya pas. Hasil adonan diharapkan tidak terlalu cair dan atau  tidak terlalu kental. Diamkan adonan minimal 2 jam dan ditutup dengan kain yang bersih.

Lebih efektif lagi kalau adonan tersebut dimasukan kedalam kulkas atau lemari es (simpan adonan tersebut beberapa hari). Berdasarkan pengalaman pemiliki brand Koki Holo, biasanya adonan dua kilogram bisa habis dalam sehari. Jadi tdk sampai berhari-hari. 

Kue cucur gula sabu Koki Holo
Setelah itu siapkan wajan/kuali yang  cekung bukan wajan yang datar. Lalu tuangkan minyak secukupnya sekitar 200 ml biar lebih bagus penampakan tekstur kue cucur sebaiknya memakai minyak bimoli.  Kalau minyak sudah panas masukkan adonannya menggunakan takaran. Takaran adonan yang dituang ke dalam minyak panas  tergantung keinginan kita namun begitu tetap memperhatikan standar ukuran kue cucur yang beredar di tengah masyarakat. Nyala apinya diatur kecil saja.

Sedikit catatan untuk ibu-ibu di rumah jika tekstur kue cucurnya kurang menarik atau tidak berserat berarti adonan kue tersebut kurang gula. Boleh langsung ditambahkan gula secukupnya.  Kemudian diaduk lagi lalu di goreng. Hasilnya  pasti sesuai harapan. Jangan kuatir dengan rasa manis yang melekat dilidah Anda. Memang begitu rasa asli gula Sabu. Walaupun manis namun tidak menyebabkan diabetes.

1 comment:

Kami sangat menghargai pendapat Anda namun untuk kebaikan bersama mohon berkomentarlah dengan sopan!