Terima Kasih Telah Berkunjung ke Unclebonn.com Mankind is One - unclebonn.com

Saturday, December 12, 2020

Mankind is One

https://www.unclebonn.com/2020/12/mankind-is-one.html

https://www.unclebonn.com/2020/12/mankind-is-one.html
Membaca postingan pada Grup Waingapu Fans Club dari Ketua DPRD Kabupaten Sumba Timur, Pak Ali Oemar Fadaq sekaligus politisi senior Golkar terkait informasi bahwa Calon Bupati Sumba Timur pada Pilkada 2020, Umbu Lili Pekuwali  (ULP) dinyatakan positif Covid-19 cukup membuat warga net Sumba Timur kaget dan mengharukan.  Terkait kabar ini, penjelasan yang paling lengkap bisa dibaca pada maxfmwaingapu.com dan beberapa media online yang berbasis di NTT juga mengabarkan demikian. 


Berbagai ungkapan simpati dan doa datang dari berbagai pihak. Baik pendukung Paket ULP-YHW sendiri maupun pendukung Paket SEHATI yang saat ini dinyatakan unggul versi Quick Count (QC) baik dari Paket SEHATI maupun KOBUL dan terkonfirmasi jelas pada versi  QC KPU Sumba Timur. 


Baca Juga : Yon Hani: Saatnya Bergandengan Tangan Bekerja Mewujudkan Harapan Masyarakat Sumba Timur, Tim KOBUL: Persatuan Indonesia


Sebagai pegiat sosial media fenomena ini pertanda baik. Walaupun disalah satu pihak masih tenggelam dalam euforia kemenangan dan disatu pihak lagi "masih kecewa" faktanya masing-masing pendukung dewasa dan memiliki kepedulian dan empati terhadap orang lain. Dan itu sangat tinggi. 


Sumba Timur dengan segala keadaban luhur budayanya tecermin pada sikap individu-individu itu yang peduli pada sesama. Galaknya politik tidak mampu mengusik cintanya kepada Pak Umbu Lili Pekuwali.  Apalagi membutakan mata hatinya. 


Pak ULP sampai hari ini masih menjabat sebagai  Wakil Bupati Sumba Timur Periode 2016 - 2021. Sebagai warga yang baik memberi simpati dan doa adalah sikap yang mulia. Jangan sampai karena berbeda sikap politik membutakan mata hati kita. Politik itu sifatnya sementara. Sedangkan kekeluargaan yang dinilai kental dalam relasi suku Sumba adalah perilaku yang akan selalu terjalin dan terjaga.


Bung Karno salah satu proklamator dan founding father bangsa Indonesia dibeberapa pidatonya selalu menyisipkan kalimat, "mankind is one" - umat manusia adalah satu. Kita berada dalam satu "Providentia Dei" - penyelenggaraan ilahi. Pada satu bumi yang sama yakni tanah humba, tana merapu. Dan bumi ini kebanggaan kita semua.


Kita menikmati padang savannah yang indah, mendengar ringkikan kuda. Melihat anak-anak sumba ceria memacu lari kudanya. Mereka dengan kaki mungilnya menapaki bukit-bukit terjal. Itu adalah gambaran perjuangan mewujudkan cita-cita mereka. Kita harus mewarisi keteladanan luhur. Bukan menampilkan wajah penuh sinisme.  


Hendaklah dorong cinta lebih besar daripada dorongan kebencian, dorongan memaafkan lebih besar dari pada rasa amarah. Karena puncak dari ikhtiar manusia adalah cinta. Bukti kebesaran jiwa seseorang adalah kehendak untuk memaafkan. 


Imam Ali Bin Abi Thalib dalam perspektifnya soal keberagaman bahwa, "Dia yang bukan saudara dalam iman adalah saudara dalam kemanusiaan." Dalam perspektif lain bahwa dia yang bukan sejalan denganmu dalam politik, misalnya, adalah sesama umat manusia, sesama saudara. 


Akhir kata untuk empat pasien yang baru dinyatakan positif Covid-19 termasuk Bapak ULP diberikan anugerah kesembuhan.  Tetap semangat dan selalu jaga kondisi fisik. Dan bagi saudara-saudara yang mengalami kontak langsung mesti jujur dengan diri sendiri dan segera lakukan pemeriksaan SWAB.  


Semoga semuanya baik-baik saja. Diberkati kita semua atas nama Tuhan,  amin. Selamat menyongsong Natal 25 Desember 2020.*


No comments:

Post a Comment

Kami sangat menghargai pendapat Anda namun untuk kebaikan bersama mohon berkomentarlah dengan sopan!