Terima Kasih Telah Berkunjung ke Unclebonn.com Puskesmas Kawangu Laksanakan Program UKS di SMK Negeri 1 Pandawai - unclebonn.com

Tuesday, October 27, 2020

Puskesmas Kawangu Laksanakan Program UKS di SMK Negeri 1 Pandawai

Pemeriksaan kesehatan dari petugas kepada salah satu siswa - Foto : Alfina/Martha

Puskesmas Kawangu Kecamatan Pandawai, kabupaten Sumba Timur melaksanakan Program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) kepada siswa-siswi kelas X - XII SMK Negeri 1 Pandawai pada hari Selasa, 27/10/2020 pukul 09.00 Wita sampai dengan pukul 12 siang. Hal ini berdasarkan surat yang diterima oleh pihak SMK Negeri 1 Pandawai dengan Nomor : 1777/Pusk.Kwg/X/2020 perihal Kegiatan Pemeriksaan Kesehatan dan Penyuluhan Anak Sekolah di SMA/SMK.


Tenaga kesehatan yang ditugaskan dari Puskesmas Kawangu terdiri dari seorang dokter dan empat orang bidan dan satu orang lainnya adalah perawat. Kedatangan tenaga kesehatan ini disambut oleh pihak SMK Negeri 1 Pandawai kemudian petugas-petugas ini langsung diarahkan ke ruang kegiatan. Dari pihak sekolah, hadir dalam kegiatan ini antara lain siswa kelas X dan siswa kelas XI ditambah tenaga pendidik dan kependidikan SMK Negeri 1 Pandawai. Sementara itu siswa kelas XII tidak mengikuti kegiatan program UKS ini lantaran sementara melaksanakan Praktek kerja industri di Waingapu. 


Pemberian materi penyuluhan tentang kesehatan reproduksi dan Narkoba oleh dr. Meilin 

Pada kegiatan ini ada dua agenda penting yang dilaksanakan antara lain kegiatan penyuluhan dan kegiatan pemeriksaan kesehatan. Untuk kegiatan pemeriksaan kesehatan sendiri diawali dengan pengisian kuisioner pemeriksaan kesehatan. Kuisioner tersebut lalu dikumpulkan kepada petugas. Setelah itu siswa dipanggil satu persatu untuk dilakukan penimbangan berat badan, pengukuran tinggi badan, pemeriksaan tensi, pengukuran lingkar lengan atas (lila) untuk remaja putri, selanjutnya dilakukan pemeriksaan fisik, pemeriksaan mulut, telinga, mata dan terakhir  dilakukan pengukuran lingkar perut.


Sementara itu untuk kegiatan penyuluhan materi yang dibawakan tentang kesehatan reproduksi bagi remaja. Materi ini disampaikan oleh dokter Meirin kepada siswa tujuannya  supaya dapat mempersiapkan alat reproduksi yang berkualitas sehingga  kelak dapat menghasilkan generasi yang berkualitas. Pada kesempatan ini pula disampaikan hal lain terkait dampak dan bahaya dari pergaulan bebas. Narasumber juga mengingatkan peserta didik yang hadir dalam kesempatan itu bahwa jika ingin hidup lebih berkualitas, aman dan bahagia maka hindari sex sebelum nikah dan jauhkan Narkoba. 


Nama bidan dan perawat yang hadir pada kegiatan kali ini antara lain : 1) Mathelda G Pandanga .A.Md .Keb, 2) Lusia Tutut Jarwaningtyastuti,A.Md Keb, 3) Tabita Lulu A.Md Keb, 4) Ervira Rosita kore A.Md Keb, 5) Desyandri TakanjanjiA A Md. Kep.*

No comments:

Post a Comment

Kami sangat menghargai pendapat Anda namun untuk kebaikan bersama mohon berkomentarlah dengan sopan!