Terima Kasih Telah Berkunjung ke Unclebonn.com SMK Negeri 1 Pandawai Membuka Pendaftaran Calon Siswa Baru Secara Online Mulai Tanggal 29 Juni 2020 - unclebonn.com

Sunday, June 7, 2020

SMK Negeri 1 Pandawai Membuka Pendaftaran Calon Siswa Baru Secara Online Mulai Tanggal 29 Juni 2020

Dominik W. Tenggu,SH Kepala SMK Negeri 1 Pandawai
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemdikbud) Republik Indonesia telah menetapkan bahwa jadwal tahun ajaran baru tahun 2020/2021 yakni pada 13 Juli 2020. Walau tahun ajaran baru dibuka pada 13 Juli 2020 namun diperkirakan kegiatan tatap muka secara langsung belum bisa dilaksanakan secara merata karena harus memperhatikan perkembangan terkini penyebaran Covid – 19 di Indonesia.  Jika pada tanggal ditetapkan daerah yang masih dalam zona merah maka pembalajaran online (online learning) terus dilanjutkan. Sementara yang berada di zona hijau kegiatan tatap muka di sekolah memberlakukan prinsip New Normal.

Pelaksanaan penerimaan peserta didik baru (PPDB) SMK Negeri 1 Pandawai untuk tahun pelajaran 2020/2021 mengacu pada Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor I Tahun 2020 tentang Kebijakan Merdeka Belajar dalam Penentuan Kelulusan Peserta Didik dan Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun Ajaran 2020/2021 serta  Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020  tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Desease (Covid- 1 9). 


Sesuai Peenyataan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Nusa Tenggara Timur melalui media online (8/6/2020) terkait  pelaksanaan penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun ajaran 2020/2021 SMK Negeri 1 Pandawai tidak termasuk sekolah yang ditetapkan PPDB-nya dilakukan secara online namun sekolah melakukan  adaptasi dengan sekolah-sekolah di daerah lain yang melaksanakan penerimaan peserta didik secara online. 

Seperti yang disampaikan oleh Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Pandawai, Dominik W. Tenggu, SH hal penerimaan calon peserta didik secara online ini adalah inisiatif sekolah untuk menjawab pertanyaan masyarakat dengan tetap mematuhi kebijakan Pendidikan dalam masa darurat penyebaran Covid-19. 

Properti milik unclebonn.com
“Mulai tanggal 29 Juni 2020 pukul 08.00 (Wita) kami secara resmi melaksanaan penerimaan peserta didik baru (PPDB) secara online. Kita tahu bahwa tanggal 5 Juni 2020 beberapa minggu lalu telah diumumkan hasil kelulusan ujian nasional di tingkat SMP. Banyak orang tua yang bertanya kapan PPDB di SMK Negeri 1 Pandawai mulai dibuka maka melalui rapat dewan guru kita putuskan,” bebernya

“PPDB di SMK Negeri 1 Pandawai mengikuti Surat Edaran Menteri dan mematuhi protocol Covid – 19. Justru karena itu kami melaksanakan PPDB secara online walau bukan termasuk 73 SMA/SMK yang ditetapkan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTT. Kami rancang format pendaftaran online secara sederhana,” bebernya lebih lanjut.

Lalu bagaimana ketika ada pertanyaan terkait legalitas pelaksanaan PPDB karena belum ada keputusan resmi dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Nusa Tenggara Timur?

“Kami sangat patuh dengan keputusan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (NTT).  Ini cara kami membantu orang tua atau calon siswa yang tidak ke sekolah sekaligus sosialisasi sekolah karena untuk SMK masih banyak masyarakat yang enggan menyekolahkan anaknya di SMK,” jelas Kepala SMK Negeri 1 Pandawai. 

Dibawah ini syarat-syarat Penerimaan Peserta didik Baru SMK Negeri 1 Pandawai : 

A. Persyaratan Umum
  1. Memiliki SHUN SMP / SMPLB, DNUN Paket B
  2. Berusia maksimum 21 (dua puluh satu) tahun pada hari pertama masuk sekolah, dan 
  3. Memiliki Kartu Keluarga (KK) 
  4. Surat Keterangan Lulus

B. Persyaratan Khusus 
  1. Mengisi Formulir Peserta Didik Baru dari Dapodik yang disiapkan oleh sekolah (Panitia)
  2. Foto copy ijazah SMP/MTs/Paket B atau surat keterangan lain yang setara dengan membawa atau menunjukkan aslinya
  3. Foto copy SHUN dengan membawa aslinya, jika SHUN-nya belum diambil maka bisa menggunakan Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional dari Kepala Sekolah
  4. Pas foto terbaru (4 x 6 cm), (3 x 4 cm), (2 x 3 cm) masing-masing 2 lembar
  5. Foto copy Kartu Keluarga
  6. Bagi peserta didik yang berasal dari luar kabupaten / kota melampirkan surat keterangan pindah domisili
  7. Usia calon peserta didik setinggi-tingginya 21 tahun pada tanggal 15 Juli 2020
  8. Foto copy akta kelahiran 1 lembar 
  9. Berkas dimasukan kedalam Map Merah (NKPI), Map Biru (TOSM), Map Hijau (ATU)
  10. Pendaftaran peserta didik baru tidak boleh diwakilkan sebaiknya bersama orang tua / wali.

Jika dinyatakan LULUS seleksi administrasi calon peserta didik baru wajib membawa : 
  1. Ember 
  2. Sapu ijuk (Perempuan) / sapu lidi (Laki-laki)
  3. Bunga hidup


CARA DAFTAR SECARA ONLINE PPDB SMK NEGERI 1 PANDAWAI 2020 :
  1. Klik FORMULIR PENDAFTARAN ONLINE PPDB SMK NEGERI 1 PANDAWAI
  2. Melalui laman : Unclebonn.com


Jadwal PPDB SMK Negeri 1 Pandawai Tahun Ajaran 2020/2021 muai 29 Juni 2020 sampai 10 Juli 2020. 

Untuk menggunakan QR - Code silahkan download aplikasi pembaca kode QR agar bisa tersambung ke Formulir Pendaftaran PPDB SMK Negeri 1 Pandawai tahun 2020.*  






No comments:

Post a Comment

Kami sangat menghargai pendapat Anda namun untuk kebaikan bersama mohon berkomentarlah dengan sopan!