Terima Kasih Telah Berkunjung ke Unclebonn.com SMK Negeri 1 Pandawai Laksanakan Penilaian Akhir Tahun Seratus Persen Online - unclebonn.com

Wednesday, June 3, 2020

SMK Negeri 1 Pandawai Laksanakan Penilaian Akhir Tahun Seratus Persen Online

Palakahembi, walakiri, maujawa, wanga
Siswa dan guru SMK Negeri 1 Pandawai
SMK Negeri 1 Pandawai melalui rapat koordinasi dewan guru dengan berbagai pertimbangan memutuskan bahwa ujian kenaikan kelas atau Penilaian Akhir Tahun Kurikulum 2013 dilaksanakan secara online atau daring. Hal ini disesuaikan dengan surat edaran Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Nusa Tenggara Timur nomor 422/1704/PK/2020 tanggal 28 Mei 2020 lalu.  

Dalam surat edaran ini kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Nusa Tenggara Timur mengingatkan bahwa pelaksanaan ujian kenaikan kelas dengan tidak mengumpulkan siswa. Ujian kenaikan kelas bisa dilaksanakan secara online atau offline atau dapat dilakukan dengan penilaian portofolio, penugasan atau prestasi belajar yang diperoleh sebelumnya.  

Dalam rapat kordinasi yang dilaksanakan hari Selasa, 2 Juni 2020 kemarin, Kepala SMK Negeri 1 Pandawai meminta panitia pelaksana ujian untuk menyiapkan dua rencana alternatif pelaksanaan ujian kenaikan kelas antara lain : Plan A, bahwa penilaian akhir tahun (PAT) dilaksanakan secara online, jika ada kejadian insidental maka Plan B -nya adalah melalui ujian tertulis seperti biasa. Soal akan dikirim ke rumah siswa.

Untuk Plan A, Kepala sekolah membagi menjadi tiga zona utama dan dua zona cadangan dengan mempertimbangkan domisili siswa. Setelah itu membentuk kordinator lapangan untuk mengurusi jalannya ujian pada tempat-tempat yang akan ditentukan kemudian. Tugas koordinator lapangan adalah berkoordinasi dengan wali kelas untuk mendata jumlah siswa berdasarkan kelas, jurusan, dan domisili siswa.  Koordinator lapangan dibantu oleh dua orang anggota sehingga dapat membantu dan mengarahkan peserta didik selama masa PAT online.  Para koordinator lapangan ini dibawa koordinasi ketua panitia ujian. Ketua panitia adalah Wakasek Kurikulum.
Menjelang hari pelaksanaan ujian, para koordinator lapangan akan diberikan 5  - 10 unit tablet untuk mendukung PAT tersebut. Saat ujian siswa akan diberikan link untuk mengakses google form yang sudah diisi soal. Lalu bagaimana dengan keamanan soal? 

“Soal akan diberi token dan batas waktu dengan mengintegrasikan aplikasi pihak ketiga yaitu Form Limiter. Soal teknisnya saya akan serahkan kepada Wakasek Kurikulum,” jelas Kepala SMK Negeri 1 Pandawai, Dominik W. Tenggu,SH saat disinggung terkait keamanan soal ujian.

Properti unclebonn.com
Untuk Plan B, ini disiapkan jika terjadi hal-hal yang sifatnya  insidental. Misal, ada siswa yang benar-benar gagap teknologi atau sakit atau karena keadaan tertentu. Untuk merealisasikan Plan B ini sejak tanggal 2 Juni 2020 kemarin panitia sudah mulai menggandakana soal.  Agar semakin lancar proses pelaksanaan PAT sejak tanggal 3 Juni 2020 hari ini, sekolah melakukan sosialisasi melalui facebook, WhatsApp, serta memublikasikan melalui media ini. 

Kemudian tanggal pelaksanaannya akan dimulai dari tanggal 8 – 13 Juni 2020. PAT dilaksanakan secara terjadwal dengan waktu yang lebih fleksibel. Tujuannya memberi kesempatan kepada siswa untuk melaksanakan kewajibannya. 

Pelaksanaan Penilaian Akhir Tahun ini tetap memegang teguh pada Protokol Covid – 19. Siswa tetap jaga jarak, menggunakan masker dan sekolah menempatkan peralatan dan kelengkapan cuci tangan serta hand sanitizer di lokasi ujian.*

No comments:

Post a Comment

Kami sangat menghargai pendapat Anda namun untuk kebaikan bersama mohon berkomentarlah dengan sopan!