Terima Kasih Telah Berkunjung ke Unclebonn.com Serba-Serbi Pelaksanaan Penilaian Akhir Tahun Secara Online Di SMK Negeri 1 Pandawai - unclebonn.com

Saturday, June 13, 2020

Serba-Serbi Pelaksanaan Penilaian Akhir Tahun Secara Online Di SMK Negeri 1 Pandawai

Ujian Online
Pembukaan Penilaian Akhir Tahun di Zona III oleh Kepala SMK Negeri 1 Pandawai
Unclebonn.com - Pelaksanaan Penilaian Akhir Tahun  (PAT) di SMK Negeri 1 Pandawai yang dilaksanakan secara online akhirnya terlaksana dengan baik walau ada beberapa catatan penting yang perlu diperbaiki. Pelaksanaan PAT ini dilaksanakan dari tanggal 8 - 13 Juni 2020 atau berakhir pada hari ini (Sabtu, 13/06/2020).

Sekitar pukul 14.00 Wita tadi, rapat evaluasi pelaksanaan PAT dilaksanakan. Dari pantauan media ini, rapat evaluasi dipimpin langsung oleh Kepala SMK Negeri 1 Pandawai, Dominik W.  Tenggu, SH. Hadir pada kesempatan itu antara lain, Wakasek Kurikulum ditambah guru-guru dan pegawai yang dipercaya sebagai korlap  (koordinator lapangan) atau berperan sebagai anggota tim.

Di awal rapat, kepala sekolah menyampaikan ucapan terima kasih kepada guru-guru yang sudah berjibaku di lapangan demi suksesnya pelaksanaan penilaian akhir tahun ini. 

Palakahembi
Suasana Pelaksanaan Penilaian Akhir Tahun di Zona II Menggit Timbi
Diketahui bahwa pelaksanaan penilaian akhir tahun kali ini dibagi menjadi tiga zona. Zonasi ditentukan berdasarkan domisili siswa, jangkauan jaringan 4G, serta jaminan keamanan dan kenyamanan siswa selama ujian berlangsung. Ketiga zona itu antara lain : Zona I, di Kantor Desa Kadumbul. Zona II,  di Menggit Timbi, dan Zona III, di perbatasan antara Walakiri dan Laipori.  Ketiga zona ini dianggap memenuhi standar yang sudah ditentukan oleh panitia pelaksana penilaian akhir tahun untuk tahun ajaran 2019/2020.

Masing-masing zona dipimpin oleh seorang Korlap dan dibantu oleh dua orang anggota. Untuk memperlancar terlaksananya proses ujian maka ditetapkan seorang administrator yang mengatur sistem distribusi link dan token. SMK Negeri 1 Pandawai untuk PAT perdana memanfaatkan produk teknologi dari Google yaitu Google Form. 

Dari laporan yang diberikan oleh para korlap bahwa dihari pertama pelaksanaan PAT kondisinya cukup sulit. Terutama masalah jaringan. Kemudian masih banyak anak-anak yang mengharapkan tablet dari sekolah, serta perbandingan jumlah siswa dan ketersediaan gadget yang dimiliki oleh sekolah yang tidak seimbang.  Selain itu pada hari pertama sistem distribusi link yang tidak terpusat menyebabkan trouble saat pelaksanaan ujian berlangsung. Namun masalah ini bisa diatasi pada hari-hari pelaksanaan ujian selanjutnya. 

Seperti yang diungkapkan oleh salah satu guru anggota Korlap Zona II, Yublina Madik bahwa ada beberapa masalah seperti jaringan yang tidak stabil kemudian masih banyak siswa yang belum memiliki email.

Selvi Dhuge
Korlap SMK Negeri 1 Pandawai
"Kendala yang ditemukan di lapangan yang pertama adalah jaringan yang tidak stabil sehingga terkadang peserta didik merasa malas karena harus mengerjakan ulang soal. (Kedua) kemudian hampir semua peserta didik belum mempunyai email sehingga koordinator lapangan harus menyiapkan akun gmail demi kelancaran PAT," ungkapnya.

Walaupun masih terdapat beberapa kendala, pelaksanaan PAT kali ini dianggap mampu menghadirkan paradigma baru bagi peserta didik. Hal ini seperti disampaikan oleh Selvi Dughe perwakilan guru dari Zona I.

Baca juga : SMK Negeri 1 Pandawai Membuka Pendaftaran Calon Siswa Baru Secara Online Mulai Tanggal 29 Juni 2020

Laipori
Peserta didik cuci tangan sebelum mengikuti PAT Online
"Pelaksanaan PAT menurut saya lebih bagus selain  waktunya sangat efisien juga melatih peserta didik agar bisa menggunakan handphone sebagai media pembelajaran. Mengajak siswa untuk bisa memahami ICT apalagi saat ini pembelajaran  dengan sistim daring," katanya. 

Pelaksanaan PAT online seperti ini diharapkan tetap dilanjutkan seperti untuk Penilaian Akhir Semester atau penilaian sejenis. Salah seorang guru yang ditugaskan sebagai koordinator lapangan, Yoksana Tinus memiliki harapan agar ujian seperti ini kedepannya lebih baik lagi dan berharap orang tua pun memberi motivasi dan dukungan kepada putra-putri mereka.

"Yang diharapkan untuk pelaksanaan ujian berikut adalah siswa perlu mempersiapkan diri dengan baik. Baik itu dari segi persiapan  materi, fasilitas (smartphone) agar pelaksanaan ujian online ini benar-benar terlaksana dengan penuh efisien," bebernya 

"Bagi orang tua diharapkan sepenuhnya memberikan motivasi dan dukungan," lanjutnya saat diminta pendapat terkait pelaksanaan ujian online untuk kenaikan kelas.

Maujawa
Pelaksanaan Penilaian Akhir Tahun Online di Ruang Kantor Desa Kadumbul
Pelaksanaan PAT online ini juga mendapat dukungan dari Pemerintah Desa Kadumbul. Kepala Desa Kadumbul, melalui salah satu stafnya mempersilahkan ruang kantor desa mereka dipakai untuk kepentingan ujian kenaikan kelas bagi siswa-siswi SMK Negeri 1 Pandawai. 

Dari keterangan yang disampaikan oleh para guru kemudian dihimpun media ini bahwa banyak siswa sangat antusias dengan pelaksanaan penilaian akhir tahun secara online. Namun ada satu catatan penting bahwa untuk memperlancar ujian online seperti ini sebaiknya para orang tua perlu mendukung anaknya dengan memfasilitasi smartphone standar karena selain sebagai media komunikasi dan hiburan juga dapat dijadikan sebagai media pembelajaran di sekolah. 

Pelaksanaan PAT online SMK Negeri 1 Pandawai tetap mematuhi protokol Covid - 19 yakni selama pelaksanaan PAT siswa dihimbau untuk memakai masker, cuci tangan dan tetap jaga jarak.* (UBS) 

No comments:

Post a Comment

Kami sangat menghargai pendapat Anda namun untuk kebaikan bersama mohon berkomentarlah dengan sopan!