Terima Kasih Telah Berkunjung ke Unclebonn.com Generasi Covid - 19 - unclebonn.com

Monday, June 22, 2020

Generasi Covid - 19


virus corona, sma, smk, ujian nasional
Ilustrasi : Fokusriau.com
Hari Senin, 4 Mei 2020 lalu sudah diumumkan kelulusan Ujian Nasional tingkat SMA/SMK secara serentak dilaksanakan di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Untuk kelulusan siswa Tahun Pelajaran 2019/2020. Suasananya tentu tak sama seperti tahun-tahun sebelumnya karena semua sekolah harus mematuhi instruksi pemerintah yang berkenaan dengan protokol kesehatan virus Corona atau Corona Virus Desease - 2019 (Covid - 19).

Semua sekolah diminta menghindari kerumunan massa. Jadi anak-anak tak perlu ke sekolah atau berkumpul di suatu tempat tertentu. Pengumuman bisa dilaksanakan dengan berbagai alternatif seperti melalui jasa pengiriman, via online (website, WhatsAp,dll) atau guru mengantarkan hasil ke rumah-rumah peserta didik. Jadi peserta didik cukup Stay at Home atau di rumah saja.

Generasi 2020 (G-20) maksudnya generasi yang lulus Ujian Nasional tahun 2020. Atau anak sekolah yang mengalami dampak Covid -19 secara langsung. Generasi yang istimewa alias lain dari yang lain. Mereka tak merasakan suasana emosional menghadapi test UNBK secara langsung. Kalau pun merasakan namun pelaksanaan ujian nasional dibatalkan. Mereka yang sudah bisa memprediksi hasil kelulusannya seperti apa? Karena formula kelulusan sudah mereka tahu. Bagi anak-anak yang sudah siap menghadapi UNBK sebagian ada yang tidak puas karena usaha belajar mereka gagal diwujudkan. Generasi 2020 adalah generasi yang lulus ujian nasional tanpa nilai ujian nasional yang dikirm dari pusat.

G-20 adalah generasi yang menikmati hasil kelulusan tanpa hingar bingar. Tanpa konvoi, tanpa coret-coret baju. Kalaupun nekat, mereka akan berhadapan dengan Sat Pol PP dan aparat kepolisian. Generasi yang diminta untuk lebih banyak bersyukur dari pada hura-hura. Mereka yang lulus tanpa perpisahan. Tanpa pelukan dan tangis haru di lapangan sekolah. Itulah Generasi 2020. Generasi yang membawa cerita sejarah Covid - 19 yang melanda dunia termasuk Indonesia.

Karena peristiwa Covid – 19 mereka mendapatkan gelar baru, membawa dan merasakan kisah baru dalam hidup mereka. Ada yang bilang dapat ijazah corona atau tentang belajar di rumah, Home Learning, Stay at Home, Work From Home, Social Distancing, Physical Distancing, atau Online Learning, dan lain-lain. Bukan saja bagi mereka yang merayakan kelulusan tahun 2020 ini melainkan semua siswa yang mengenyam pendidikan dari PAUD sampai ke level perguruan tinggi. Kisah tentang pandemi Covid - 19 akan dibawa dalam memori hidup mereka termasuk kita-kita angkatan ini. Mereka akan berkisah bahwa mereka pernah merasakan libur panjang sekolah. Dan banyak orang tua pernah merasakan jadi guru di rumah.

Walaupun G-20 generasi "istimewa" soal peluang dan masa depan sama bahkan lebih besar soal peluang kelulusan dan berpeluang mengikuti pendidikan di perguruan tinggi favorit di Indonesia.*


No comments:

Post a Comment

Kami sangat menghargai pendapat Anda namun untuk kebaikan bersama mohon berkomentarlah dengan sopan!