Terima Kasih Telah Berkunjung ke Unclebonn.com Selamat Ulang Tahun Presiden Joko Widodo - unclebonn.com

Sunday, June 21, 2020

Selamat Ulang Tahun Presiden Joko Widodo

Presiden Joko Widodo 
Tepat hari Minggu, 21 Juni 2020 atau 59 tahun lalu beliau dilahirkan dari orang tua yang berasal dari keluarga yang sangat sederhana.  Mereka hidup di bantaran sungai bahkan rumahnya saja tiga kali digusur.  Saat itu banyak orang tak menyangka bayi itu kelak menjadi orang nomor satu Indonesia.

Presiden Joko Widodo adalah presiden pertama Indonesia dari kalangan rakyat biasa. Beliau bukan berasal dari kalangan elite politik,  bukan dari pensiunan jenderal, bukan orang kaya atau keluarga dari klan dinasti politik tertentu. Dia masyarakat biasa yang jalan politiknya merangkak dari bawah.

Awalnya beliau dikenal sebagai pengusaha meubel, perawakan kurus tinggi dengan gaya ndeso. Jauh dari kesan mainstream pemimpin pada umumnya. Saat menjadi Wali Kota malah ajudannya yang dipikir wali kota ketimbang dirinya. Hal ini seperti dikisahkan oleh Jokowi dalam suatu kesempatan.

Karier politiknya dimulai dengan menjadi Wali Kota Surakarta pada tahun 2005. Namanya mulai dikenal setelah dianggap berhasil mengubah wajah Kota Surakarta menjadi kota pariwisata, kota budaya, dan kota batik. Kota Solo dijukukinya sebagai Spirit of Java. Dianggap berhasil, iapun diminta untuk mencalonkan diri sebagai calon Gubernur DKI Jakarta periode 2012 - 2024. Pada tanggal 20 September 2012, Jokowi berhasil memenangi Pilgub DIK Jakarta 2012 mengalahkan incumbent Fauzi Bowo. Kemenangannya dianggap mencerminkan dukungan populer untuk seorang pemimpin yang "muda" dan "bersih", meskipun umurnya sudah lebih dari lima puluh tahun.

Belum genap satu periode menjadi  gubernur DKI tepatnya tahun 2014 ia maju dalam Pilpres 2014 dan terpilih sebagai Presiden RI periode 2014 - 2019. Pada saat itu Jokowi berpasangan dengan Jusuf Kalla. Atau pada periode pertamanya. Lima tahun berselang tepatnya tahun 2019 laki-laki itu kembali dipilih oleh rakyat Indonesia untuk menjadi presiden Indonesia untuk periode kedua tahun 2019 - 2024. Dalam sejarah presiden Indonesia, Joko Widodo tercatat sebagai presiden Indonesia ke-7.

Menjadi inspirasi

Jokowi adalah inspirasi bagi banyak orang. Dia adalah wajah rakyat kebanyakan. Dia memberi harapan bahwa siapa saja bisa menjadi pemimpin di negeri ini. Dia bukan dari kalangan priyayi atau kalangan ningrat dengan segala kemegahannya. Dia hadir dengan kesederhanaan, kesabaran,  ketekunan,  kegigihan dan ketulusan membangun negeri.

Beribu hinaan, cacian bahkan fitnah mendera beliau selama menjadi Presiden Indonesia. Beliau diancam dan dilecehkan namun dia tetap tenang dan tetap bekerja untuk rakyatnya. Dia tetap tegar, keukeuh dengan visi Indonesia maju.

Itulah mengapa sebagai rakyat biasa saya begitu terinspirasi dengan beliau.  Joko Widodo model pemimpin yang sederhana yang tidak bermegah atas kekuasaan yang dimilikinya. Dia tidak bermegah ditengah penderitaan rakyat.  Keluarga dan anak-anak beliau menjauh dari pusaran kekuasaan. Anak-anak beliau tak terjebak dalam proyek-proyek negara mereka mandiri dan hidup sederhana. Itulah keteladanan yang bisa kita petik.

Hari ini 21 Juni 2020 Presiden Joko Widodo berulang tahun  ke - 59. Belum terlalu tua untuk ukuran seorang presiden. Usia yang semakin matang dan berpengalaman. Kita berharap periode keduanya bisa membawa bangsa ini menjadi bangsa yang besar dan digdaya.

Beban besar bangsa ini ada dipundaknya. Dalam pandemi Covid - 19 tentu berdampak pada situasi dan kondisi ekonomi global yang tidak menentu.  Banyak tenaga kerja yang di-PHK. Ada usaha membenturkan rakyat dengan pemerintah. Dan ada oknum yang mencoba mengail di air keruh. Kita adalah bangsa yang berpengalaman mengahadapi situasi krisis.  Kita selalu menjadi bangsa yang optimis bahwa kita mampu keluar ditengah situasi krisis seperti saat ini.

Kepadamu Bapak Presiden Joko Widodo selamat ulang tahun. Semesta merestui kepemimpinanmu serta doa kami selalu bersamamu. Merdeka.

Salam Redaksi

No comments:

Post a Comment

Kami sangat menghargai pendapat Anda namun untuk kebaikan bersama mohon berkomentarlah dengan sopan!