Terima Kasih Telah Berkunjung ke Unclebonn.com SMK Negeri 1 Pandawai (Smart Vocational School) dan Jalan Menuju Sekolah Unggul pada Tahun 2029 melalui Yayasan Pendidikan Astra - unclebonn.com

Monday, April 8, 2024

SMK Negeri 1 Pandawai (Smart Vocational School) dan Jalan Menuju Sekolah Unggul pada Tahun 2029 melalui Yayasan Pendidikan Astra

https://www.unclebonn.com/2024/04/smk-negeri-1-pandawai-smart-vocational.html

Hari ini kami dikunjungi oleh tim asesor dari Yayasan Pendidikan Astra Indonesia yang melakukan visitasi atas hasil Evaluasi Diri Sekolah (EDS) yang sudah diisi oleh SMK Negeri 1 Pandawai.  pada bulan Desember 2023.


Visitasi yang dilakukan pada empat komponen utama yaitu Komponen Akademis (40%), Karakter (20%), Non Akademis : kecakapan hidup, seni budaya, dan komite (20%). Dan terakhir komponen Pendukung (20%).


Kami segenap guru dan pegawai menyambut tim dengan antusias. Walaupun SMK Negeri 1 Pandawai satu-satunya sasaran atau target sekolah yang akan menjadi sekolah binaan PT ASTRA INTERNASIONAL untuk jenjang SMK namun tidak membuat kami dian-diam saja. Kami telah bekerja keras untuk kedatangan tim asesor ini. Dokumen yang diperlukan disiapkan semaksimal mungkin. 


Menurut penjelasan mereka bahwa dari hasil visitasi ini akan dilakukan analisis kemudian pendalaman dan kesimpulan atau keputusan. Pada tahap selanjutnya akan dilakukan penandatanganan MoU dengan Pemda Sumba Timur,  Dinas Pendidikan Kab. Sumba Timur dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Nusa Tenggara Timur. 


Tahap awal Yayasan Pendidikan ASTRA akan mensosialisasikan beragam program yang akan dilakukan secara bertahap setiap tahunnya dalam lima tahun kedepan. 


Yang jelas langkah awal program adalah penguatan kapasitas guru dalam proses pembelajaran.  Pada tahap ini, pihak Astra juga mencatat berapa jumlah guru penggerak atau calon guru penggerak yang ada di sekolah itu. Bentuk dukungan lain adalah pemenuhan kebutuhan sarana prasarana pendidikan, dan lain-lain. 


Pihak Astra juga akan menerapkan manajemen mutu sekolah menggunakan standar ISO 21001:2018 untuk sekolah binaan mereka. Menerapkan digitalisasi sekolah. Soal life skill, menjadikan seni tari dan menenun bagian dari kegiatan ekstrakurikuler. Menurut penjelasan mereka bahwa pembangunan pendidikan tidak boleh lepas dari local genius. Mereka juga meminta pihak sekolah menentukan konsentrasi/kompetensi keahlian unggulan nasional. 


Jika SMK Negeri 1 Pandawai sudah menjadi sekolah binaan PT. ASTRA Internasional, pihak asesor mengharapkan para guru jangan lelah dalam mengikuti berbagai pelatihan sesuai standar yang diterapkan oleh mereka. Mereka meyakini bahwa kondisi sekolah yang didominasi oleh guru-guru muda menjadi kekuatan tersendiri untuk berkembang lebih cepat dan maju. 


SMK Negeri 1 Pandawai memiliki target pada 2024 adalah membangun kualitas personalia guru. Menggagas SMK Negeri 1 Pandawai sebagai SMART Vocational School. SMART juga merupakan akronim dari S: System,  M : Managerial, A : Actuation,  R : Relevant, dan T : Technology


Bahwa kedepan sekolah akan membangun sebuah sistem pembelajaran,  menerapkan manajemen mutu sekolah dengan standar ISO, menggerakan sumber daya,  pendidikan yang link and match,  mengembang model pembelajaran Teaching Factory, dan lain-lain. 


Visi ini memang tidak mudah diterapkan bukan berarti tidak bisa dilaksanakan.  Jika memiliki kemauan, komitmen bersama,  semangat membara, profesionalitas dan itikad baik semua bisa diwujudkan. 


Dengan demikian dapat dikatakan bahwa semua insan yang terlibat di dalamnya sudah mulai membangun sebuah tatanan baru (pendidikan) untuk masa depan anak bangsa yang gemilang. Terima kasih*


No comments:

Post a Comment

Kami sangat menghargai pendapat Anda namun untuk kebaikan bersama mohon berkomentarlah dengan sopan!