Terima Kasih Telah Berkunjung ke Unclebonn.com Catatan Awal Tahun 2022: Natal Bersama SMK Negeri 1 Pandawai 07 Januari 2022 - unclebonn.com

Thursday, January 27, 2022

Catatan Awal Tahun 2022: Natal Bersama SMK Negeri 1 Pandawai 07 Januari 2022

https://www.unclebonn.com/2022/01/catatan-awal-tahun-2022-natal-bersama.html

Ini catatan pribadi Admin Unclebonn.com tentang pelaksanaan Natal Bersama Keluarga Besar SMK Negeri 1 Pandawai pada Jumat (7/1/2022). Catatan ini terlambat di-posting ya karena kesibukan admin sebagai seorang guru. Mudah-mudahan catatan ini bisa menjadi bahan refleksi bahkan materi kontemplasi untuk segenap guru, pegawai sekaligus para peserta didik SMK Negeri 1 Pandawai yang oleh berkat dan cinta Tuhan Yesus Kristus boleh merasakan dan menikmatinya.


Ada beberapa perihal yang menjadi catatan bagi admin terkait pelaksanaan Natal bersama itu sebagai berikut: 


Pertama, Natal pertama yang dilaksanakan pasca Covid-19. Pada tanggal tersebut Kabupaten Sumba Timur sudah kembali ke zona hijau. Terus terang Natal kali ini disambut suka cita oleh para guru dan juga peserta didik. Tentunya sebagai ungkapan rasa syukur.


Kedua, Natal yang paling skematis dan terkesan megah selama sejarah pelaksanaan Natal yang diselenggarakan oleh sekolah (SMK Negeri 1 Pandawai). Walaupun awalnya dikonsepkan sederhana namun karena persiapan yang matang acara dapat berjalan lancar, penuh suka cita dan diliputi semangat kegembiraan. Setiap guru dan siswa yang diberi tugas dalam kepanitiaan melaksanakan tugasnya dengan penuh antusias dan semangat. 


Ketiga, Peserta didik mendominasi acara Natal. Ini adalah konsep dari kepala sekolah sendiri, Dominik W. Tenggu atau biasa disapa Pak Nick. Peserta didik diberi ruang untuk berkreasi. Tujuannya agar anak didik belajar kepemimpinan dan atau mengorganisasikan sebuah kegiatan seperti acara natalan ini, tentu dalam bimbingan para guru. Mereka berperan sebagai singer, MC, mengisi vocal group, solo dan berbagai peran lainnya. Natal kali ini juga diiringi pemain musik gereja yang profesional. Sehingga banyak pengetahuan yang didapat secara tidak langsung dari kegiatan natal bersama itu.

MC dari Peserta Didik (Img : Dok. SMKN 1 Pandawai 2022)

Dalam natal bersama kali ini juga dirangkai dengan acara penyerahan hadiah bagi pemenang lomba berbagai pertandingan olahraga, fashion show dan lomba keindahan dan kebersihan kelas dalam rangka peringatan Hari Guru Nasional yang dilaksanakan pada bulan November 2021 lalu. 

Penyerahan hadiah lomba oleh Plh. Kordinator Pengawas Kab. Sumba Timur,
Bpk Tombang Simorangkir, S.Pd (Dok. SMKN 1 Pandawai 2022)

Keempat, Mayoritas undangan hadir. Semua tamu dan undangan hadir memenuhi aula sekolah yang dijadikan tempat acara Natal bersama. Yang hadir adalah tokoh masyarakat, Camat Pandawai yang diwakili oleh Sekretaris Camat, Kepala Desa Palakahembi, Pendeta dari BPMJ GKS Menggitimbi dan BPMJ GKS Walakiri dan para kepala SMK yang ada di Kabupaten Sumba Timur. 


Kelima, Ibadah dipimpin oleh Ketua BPMJ GKS Walakiri, Pdt. Merliani Yakoba Betriks,S.Th. Terkait pemimpin ibadah natal untuk kali ini giliran GKS Walakiri. Hal ini sesuai tradisi yang sudah dibangun oleh SMK Negeri 1 Pandawai bahwa pemimpin ibadah dalam setiap momentum atau hajatan diundang secara bergilir untuk semua Ketua BPMJ GKS yang berada disekitar sekolah. Bahkan Ketua BPMJ seperti mitra kerohanian SMK Negeri 1 Pandawai.


Dalam khotbahnya, inti pesan yang disampaikan oleh Ibu Pdt. Merliani Yakoba Betriks,S.Th  adalah 'Kasih" Sebagaimana Kritus telah  menyatakan kasihnya bagi kita umat manusia maka wujud kasih Kristus itu yang harus kita nyatakan bagi sesama lewat relasi kita yangg menggerakkan persaudaraan. Jelas ini sesuai tema natal nasional tahun 2021, "Cinta Kasih Kristus yang Menggerakan Persaudaraan'" yang diambil dari 1 Petrus 1 : 22.

Foto Bersama Kepala SMK Negeri 1 Pandawai,
Bpk Dominik W. Tenggu,SH bersama Undangan (Dok. SMKN 1 Pandawai 2022)

Demikian catatan admin terkait pelaksanaan Natal Bersama Keluarga Besar SMK Negeri 1 Pandawai yang dilaksanakan pada hari Jumat, 7 Januari 2022. Natal kali ini sebagai tonggak awal bagi SMK Negeri 1 Pandawai untuk memulai pembelajaran tatap muka (PTM) dalam menyambut semester genap tahun pelajaran 2021-2022. Tuhan Yesus memberkati kita semua. Amin.*


Baca Juga : 

  1. Sesederhana Kasih Natal
  2. Catatan Admin : "Natal Online Dan Tradisi Natal" Di Masa Covid-19
  3. Natal Dalam Kesederhanaan
  4. Kasih Nyata Seorang Saudara Seindah Kasih Natal


2 comments:

Kami sangat menghargai pendapat Anda namun untuk kebaikan bersama mohon berkomentarlah dengan sopan!