Terima Kasih Telah Berkunjung ke Unclebonn.com Ada Tangan yang Berkuasa - unclebonn.com

Tuesday, May 18, 2021

Ada Tangan yang Berkuasa

https://www.unclebonn.com/2021/05/ada-tangan-yang-berkuasa.html

Pasca bencana banjir dan badai siklon tropis Seroja yang melanda NTT banyak terkuak kisah tentang hal-hal diluar nalar manusia. Terutama kejadian-kejadian itu membuat korban selamat dari maut. Dalam konteks ini kejadian di luar nalar itu saya sebut sebagai keajaiban (miracle). 


Karena ada pertolongan dari "tangan yang berkuasa." Pertolongan dimaksud bisa saja berasal dari perentaraan orang lain. Atau dengan melibatkan alam. 


Kornelia  Letek, warga Adonara, Flores Timur, NTT, korban badai seroja berhasil selamat setelah tertimpa pohon dan tertimbun lumpur dua jam lamanya. Di kabupaten yang sama seorang bocah selamat setelah 5 jam terendam lumpur. Di Sumba Timur, misalnya, pasca badai siklon tropis seroja banyak juga warga yang membagikan pengalaman unik terkait kejadian diluar nalar itu dengan penuh rasa syukur.  Dan saya menjadi saksi hidup atas peristiwa itu. 


Jika dipantau rata-rata pohon yang tumbang diterjang badai itu selalu "menghindari" rumah warga. Seperti sudah diatur begitu. Ada pohon yang jatuh tepat di antara wc dan rumah. Di salah satu rumah ada tiga pohon yang tumbang namun jatuhnya tidak menghantam rumah namun persisnya pada sisi-sisi rumah sang pemilik pohon itu. 


Memang jika peristiwa ini bila dibawah kedalam ranah ilmiah pasti ada argumentasi ilmiahnya.  Dan itu bisa dibuktikan. 


Baca Juga : Cerita Pasca Banjir Sumba Timur April 2021


Namun jika melihat momentum dan rentetan peristiwa yang sama dalam prespektif iman kita bisa meyakini ada "Tangan yang Berkuasa" yang boleh menyelamatkan dan melindungi penghuni rumah (umatnya) itu. 


Saya percaya masih ada peristiwa-peristiwa unik dan besar lainnya yang tidak terekam kamera atau terendus media. Namun orang-orang yang mengalami langsung akan tahu bahwa "keselamatan nyawanya" saat itu tidak lepas dari Providentia Dei (Pemeliharaan Allah/penyelenggaraan ilahi). Dia yang punya kuasa yang menyelenggarakan takdir atas hidup orang itu. Hidup kita. Hidup semua orang - manusia. 


Peristiwa yang telah memporak-porandakan sebagian bumi FLOBAMORA-NTT ini memang menyisakan pilu yang mendalam. Namun ada hal besar lainnya bahwa spirit kemanusian kita kembali hidup. Kita bersatu atas nama kemanusian. Kita yang makin peka dengan kondisi alam dan lingkungan sekitar kita. Kita semakin menjadi pribadi yang berserah diri kepada sang pencipta. 


Peristiwa di luar nalar ini kembali menyadarkan kita bahwa setinggi-tingginya, dan secanggih-canggihnya teknologi tak mampu melampaui "Pribadi" yang menciptakan alam semesta dan segala isinya. Dia-lah pribadi yang berkuasa di atas segalanya (Above all). 

No comments:

Post a Comment

Kami sangat menghargai pendapat Anda namun untuk kebaikan bersama mohon berkomentarlah dengan sopan!