Terima Kasih Telah Berkunjung ke Unclebonn.com Ekstra Manfaat Berkebun di Rumah Selama Masa Pandemi Covid-19 - unclebonn.com

Saturday, October 24, 2020

Ekstra Manfaat Berkebun di Rumah Selama Masa Pandemi Covid-19

Media tumbuh bunga dari polybag - Img : Inspirasi Berkebun/Facebook.com

Berkebun di rumah merupakan salah satu aktivitas yang menjadi trend baru di kalangan masyarakat perkotaan saat ini. Berkebun dengan memanfaatkan space halaman rumah atau memanfaatkan pekarangan rumah yang selama ini "mati suri" dibuat menjadi produktif kembali. 

Trend baru ini muncul sebagai dampak penyebaran virus corona. Dimana seluruh instansi pemerintah, kantor layanan publik, sekolah dan kampus memberlakukan WFH (Work From Home). Atau di dunia pendidikan menerapkan pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau melalui online learning. Sehingga banyak pegawai, dosen dan guru, termasuk karyawan memiliki waktu luang di rumah. Dengan masa penyebaran Covid-19 ini yang tidak bisa diprediksi kapan akan berakhir sehingga sebagian masyarakat kota memanfaatkan waktu luang dengan berbagai aktivitas yang asyik dan produktif. Dari pada bete di rumah saja mendingan pilih aktivitas yang menyenangkan dan produktif. 

Pemanfaatan barang bekas untuk media tumbuh tomat - Img : Inspirasi Berkebun/Facebook.com

Sebagai contohnya berkebun atau menamam beragam jenis sayur dan bunga. Berkebun dengan menanam beraneka ragam jenis sayur dan bunga tentu asyik dan menyenangkan. Selain itu banyak manfaatnya. Selain ada manfaat ekonomis dan estetika ada manfaat lainnnya yang sangat penting yakni kesehatan fisik dan jiwa. Kerap kebanyakan orang lebih fokus pada aspek ekonomisnya. Karena dengan menanam sayur orang bisa menghemat uang belanja. Jika berorientasi soal ini maka seseorang akan lekas bosan. Karena menanam sayur atau bunga beda sama membuat cake. Karena kue tak butuh waktu lama sudah bisa mendatangkan uang. 

Berkebun dari rumah merupakan proses kreatif. Selain itu butuh kemauan, butuh ide dan aktivitas olah fisik. Tanpa modal tadi seorang pegawai kantoran yang selama ini berada di depan komputer tidak akan maksimal melaksanakan aktivitas berkebun dari rumah. Karena tidak mudah. Butuh sikap ulet dan telaten. Memang kesannya sih pekerjaan berkebun ini biasa dan ringan. Namun jika dilakukan rasanya cukup berat bagi orang-orang yang tidak terbiasa. 

Lantas dari mana proses spesifik manfaat berkebun di rumah itu? 

Halaman yang hijau dan rindang dengan tanaman bunga dan sayuran hijau nan segar akan mendatangkan udara yang segar. Saat Anda beranjak dari tempat tidur lalu berdiri sesaat di halaman rumah maka kalian akan menghirup udara segar . Itu bukan saja manfaat dari proses kreativitas melainkan anugerah alam. 


Proses memulai berkebun itu ada aktivitas fisik. Dari penyiapan lahan, proses penanaman sampai pada perawatan membutuhkan tenaga. Kegiatan ini bukan sim salabim (buka-tutup mata) lalu jadi. Artinya kegiatan itu secara tidak langsung kita telah melaksanakan olah raga ringan. Dengan melakukan aktivitas berkebun pada pagi hari dan sore hari kita telah melakukan olah raga secara rutin. Jadi keren bukan?

Dengan berkebun di rumah kita mendapatkan ekstra manfaat. Secara ekonomi uang belanja kita hemat. Kita menikmati udara segar di pagi hari dan dalam prosesnya kita juga sedang melakukan olahraga secara rutin. Jiwa dan raga sehat. Jiwa yang sehat berada di dalam tubuh yang sehat.*

1 comment:

  1. titanium arts
    TATONIC ART CUSTOMING · TATONIC ROCKING T-TATONIC ROCKING dental implants T-TATONIC worrione.com ROCKING T-TATONIC. This unique and herzamanindir.com/ original design is febcasino.com crafted with the 출장샵 use of sustainable

    ReplyDelete

Kami sangat menghargai pendapat Anda namun untuk kebaikan bersama mohon berkomentarlah dengan sopan!