Terima Kasih Telah Berkunjung ke Unclebonn.com RSUD Umbu Rara Meha Waingapu Akan Laksanakan Pemeriksaan Swab Untuk Deteksi Covid-19 - unclebonn.com

Sunday, July 19, 2020

RSUD Umbu Rara Meha Waingapu Akan Laksanakan Pemeriksaan Swab Untuk Deteksi Covid-19

RSUD Umbu Rara Meha
Ilustrasi /Pixabay.com/Gerd Altmann

Informasi penting untuk warga – masyarakat kabupaten Sumba Timur bahwa mulai tanggal 20 Juli 2020 Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Umbu Rara Meha akan melaksanakan pemeriksaan hasil Swab bagi Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan Orang Dalam Pemantauan (ODP).  Informasi ini dibagikan oleh akun facebook Ali Oemar Fadaq yang tak lain adalah Ketua DPRD Kabupaten Sumba Tiimur.

Unggahan Ali Oemar Fadaq di Waingapu Fans Club/Facebook.com
Terkait dengan pemeriksaan Swab tersebut Unclebonn.com coba mencari kebenaran informasi ini melalui messenger kepada pihak RSUD Umbu Rara Meha. Salah satu staf yang tak mau disebutkan namanya menyampaikan bahwa informasi itu benar. Namun terkait dengan waktu dia belum memastikan apakah pemeriksaan Swab akan dimulai Senin (19 Juli 2020) belum bisa dipastikan.

“Informasi itu benar. Kalau tanggal operasi (pelaksanaannya) 19 Juli 2020 saya belum tahu,” ungkapnya.  

Selama masa pandemic Covid-19 banyak istilah yang kerap kita dengar nah apakah kalian tahu istilah-istilah seperti PDP, ODP, OTG, Rapid Test dan Swab?

Supaya lebih tahu dan paham berikuti ini kami rangkum penjelasan terkait PDP, ODP, OTG, Rapid Test dan Swab dari berbagai sumber.

ODP adalah singkatan alias kependekan dari Orang dalam Pemantauan. ODP merupakan istilah yang digunakan untuk mengelompokkan orang berdasarkan beberapa hal seperti gejala demam atau gangguan pernapasan. Selain itu, berdasarakan riwayat perjalanan ke daerah yang telah terinfeksi virus corona atau tinggal di daerah tersebut. Kemudian, juga riwayat kontak dengan orang yang terinfeksi atau diduga terinfeksi virus corona.

Hal tersebut terjadi dalam 14 hari terakhir sebelum gejala timbul. Pada ODP, timbul salah satu antara gejala demam atau gangguan pernapasan. Gangguan pernapasan misalnya  batuk, pilek, sakit tenggorokan, atau sesak napas. Orang yang berstatus ODP harus menjalani isolasi di rumah. Kondisi ODP akan dipantau setiap hari selama 2 minggu dengan menggunakan formulir khusus. Nah, kalau kondisinya memburuk dan memenuhi kriteria PDP atau hasil laboratoriumnya positif terinfeksi virus corona, maka ODP tersebut harus dibawa ke rumah sakit.

PDP adalah singkatan dari Pasien dalam Pengawasan. Sama seperti halnya ODP, PDP juga merupakan istilah yang digunakan untuk mengelompokkan orang berdasarkan beberapa hal yang telah diungkapkan di atas. Namun, terdepat beberapa perbedaan mengenai PDP ini jika dibandingkan dengan ODP.

Perbedaannya merujuk pada gejala yang dialami oleh masing-masing individu. PDP sudah ada gejala demam dan juga gangguan pernapasan. PDP ini mestinya rawat inap dan diisolasi di rumah sakit.  Selain itu, pemerikasaan laboratorium juga haru dilakukan terhadap PDP. Orang lain yang memiliki kontak erat terhadap PDP juga harus dipantau kondisi kesehatannya.

OTG adalah singkatan dari Orang Tanpa Gejala. OTG adalah istilah yang digunakan untuk kondisi teringan pada seseorang yang terinfeksi virus corona tapi tidak menunjukkan gejala. Meski tidak ditemukan gejala, OTG harus mendapatkan isolasi mandiri di rumah dengan kamar atau ruangan yang terpisah. OTG juga harus menerapkan physical distancing alias menjaga jarak dengan orang lain. Soalnya, individu dengan status OTG tetap bisa menularkan virus kepada orang lain.

Pasien OTG sebaiknya melakukan pengukuran suhu rutin sebanyak 2 kali dalam satu hari. Pasien OTG harus disiplin dalam menggunakan masker, juga mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, serta siap sedia hand sanitizer.

Mengonsumsi makanan bergizi, istirahat cukup, dan rutin berjemur setiap hari selama 10-15 menit juga sebaiknya dilakukan untuk meningkatkan dan menjaga imun tubuh. Kondisi kesehatan OTG harus dipantau oleh petugas dan nantinya melakukan kontrol kesehatan setelah menjalani isolasi mandiri selama 14 hari.

Rapid test adalah metode pemeriksaan cepat untuk mendeteksi virus corona. Metode ini menjadi skrining awal untuk mengetahui masyarakat yang terinfeksi virus corona.

Cara kerja rapid test adalah mendeteksi antibodi IgM dan IgG yang digunakan tubuh untuk melawan virus corona. Antibodi baru terbentuk setelah tubuh terpapar virus corona selama beberapa hari hingga minggu

Swab test adalah pemeriksaan medis untuk mengetahui adanya virus corona di dalam tubuh. Uji ini dilakukan dengan mengambil sampel lendir di saluran pernapasan, misal hidung dan tenggorokan.

Sampel dari swab test kemudian diperiksa dengan teknologi PCR di laboratorium tertentu. Hal inilah yang menyebabkan hasil swab test keluar lebih lama dibanding rapid test, namun akurat karena tidak perlu menunggu terbentuknya antibodi.

Sumber :
  1. ·         https://kids.grid.id/read/472147686/cari-tahu-singkatan-dan-arti-dari-istilah-yang-digunakan-saat-adanya-pandemi-virus-corona-di-indonesia
  2. ·         https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-5016585/mengenal-20-istilah-terkait-covid-19-odp-pdp-rapid-hingga-swab-test





No comments:

Post a Comment

Kami sangat menghargai pendapat Anda namun untuk kebaikan bersama mohon berkomentarlah dengan sopan!