Terima Kasih Telah Berkunjung ke Unclebonn.com MKKS SMK Sumba Timur Selenggarakan Gebyar SMK Tingkat Kabupaten tanggal 22 - 24 Mei 2023 - unclebonn.com

Thursday, May 18, 2023

MKKS SMK Sumba Timur Selenggarakan Gebyar SMK Tingkat Kabupaten tanggal 22 - 24 Mei 2023

https://www.unclebonn.com/2023/05/mkks-smk-sumba-timur-selenggarakan.html

Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) jenjang Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) kabupaten Sumba Timur akan melaksanakan Gebyar SMK kedua tingkat kabupaten Sumba Timur. Gebyar SMK ini diagendakan mulai tanggal 22 – 24 April 2023. Hal ini didasarkan hasil keputusan rapat MKKS SMK bersama koordinator pengawas dan para pengawas pembina SMA/SMK tanggal 13 Mei 2023 bertempat di SMK Negeri 1 Waingapu. 


Kegiatan Gebyar SMK ini merupakan program kerja rutin MKKS SMK Kabupaten Sumba Timur sebagai wadah aktualisasi dan branding sekolah (SMK) dan peserta didiknya dari aspek bidang keahlian, program keahlian bahkan yang lebih spesifik lagi kompetensi keahlian. Dengan adanya Gebyar SMK ini masyarakat luas dapat mengetahui cirikhas SMK dan konektivitas lulusannya dengan DIDUKA (Dunia Industri, Dunia Usaha dan Dunia Kerja). 


Baca Juga : Cerita Dibalik Gebyar SMK Sumba Timur 2022 : Perjuangan SMK Negeri 1 Pandawai Ditengah Keterbatasan


Atas pertimbangan konektivitas dengan DIDUKA maka pada Gebyar SMK nanti, pimpinan/pemilik tempat-tempat Prakerin (Praktik Kerja Industri) dari para peserta didik akan diundang khusus untuk berkunjung ke setiap stand dari 11 SMK dan 1 SLB yang ada di Kabupaten Sumba Timur. 


Kegiatan Gebyar SMK tahun 2023 ini dikatakan lebih baik karena persiapannya lebih matang dan koordinasinya lebih lancar. Pelaksanaan Gebyar SMK tahun 2023 ini juga berdasarkan hasil evaluasi Gebyar SMK Tahun 2022 lalu seperti disampaikan oleh Dominik W. Tenggu, SH.,Gr ketua MKKS SMK Kabupaten Sumba Timur saat memimpin rapat persiapan Gebyar SMK di SMK Negeri 1 Pandawai.   


Pada saat Pembukaan Gebyar SMK tanggal 22 Mei 2023 nanti akan dihadiri Bupati Sumba Timur dan beberapa instansi terkait, kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Nusa Tenggara Timur serta pimpinan / direktur DUDI. Bahkan yang menjadi jurinya untuk penentuan stand terbaik berasal dari Balitbang Daerah Kabupaten Sumba Timur.  Tujuannya bahwa penilain itu bersifat independen dan sportif serta akuntabel karena stand terbaik merupakan representasi kondisi riil SMK yang ada di Sumba Timur.  


Baca Juga : Catatan Untuk Gebyar SMK Sumba Timur 2022 Dan Sumbang Saran Untuk Gebyar SMK Sumba Timur 2023


Pada Gebyar SMK kali ini akan ada pagelaran panggung hiburan dan pertunjukan seni yang diisi oleh siswa-siswi SMK. Ada bazar produk-produk kratif dan kewirausahaan atau produk keunggulan lokal lainnya dari masing-masing SMK. Jadi masyarakat umum bisa mendapatkan berbagai produk dari makanan siap saji, penganan lokal sampai furniture bahkan produk rekayasa teknologi lainnya.   SMK Negeri 1 Pandawai, misalnya, akan memperkenalkan prooduk-produk unggulan seperti Nugget Ayam dari jurusan Agribisnis Ternak Unggas dan lain-lain. 

Desain Kemasan Nugget Ayam SMK Negeri 1 Pandawai

Gebyar SMK dibuka dalam dua sesi yakni sesi siang dari pukul 08.00 – 12.00 Wita dan sesi malam dari pukul 18.00 – 20.00 Wita. Sebelum acara pembukaan dilaksanakan parade atau arak-arakan ke arena Gebyar dari setiap SMK dengan dress code bernuansa putih. 


Kali ini SMK Negeri 1 Waingapu Kembali menjadi tuan rumah setelah sebelumnya sudah menjadi tuan rumah yang sukses dalam penyelenggaraan Gebyar SMK perdana di Sumba Timur tahun 2022 lalu. Tahun ini yang menjadi ketua panitia Gebyar SMK 2023 adalah Boby W. Siokain, S.Sos kepala SMK Negeri 1 Waingapu. Semoga Gebyar SMK Kabupaten Sumba Timur kali ini semakin sukses seperti jargon SMK : #SMKBISA #SMKHEBAT. (Admin). 


No comments:

Post a Comment

Kami sangat menghargai pendapat Anda namun untuk kebaikan bersama mohon berkomentarlah dengan sopan!