Terima Kasih Telah Berkunjung ke Unclebonn.com Mengenal Produk Kreatif dan Kewirausahaan SMK Negeri 1 Pandawai - unclebonn.com

Sunday, November 6, 2022

Mengenal Produk Kreatif dan Kewirausahaan SMK Negeri 1 Pandawai

https://www.unclebonn.com/2022/11/mengenal-produk-kreatif-dan.html

Salah satu SMK di Kabupaten Sumba Timur yang gencar memproduksi produk-produk kreatif dan Kewirausahaan-nya adalah SMK Negeri 1 Pandawai.  Lokasi sekolah ini berada di Desa Palakahembi, Kecamatan Pandawai.


Produk kreatif ini merupakan implementasi dari mata pelajaran (Mapel) Produk Kreatif dan Kewirausahaan (PKK).  Memang produk kreatif yang dihasilkan ini tidak semuanya linear dengan mapel PKK namun Kepala SMK Negeri 1 Pandawai meminta semua guru terlebih lagi guru mata pelajaran PKK perlu memaksimalkan semua sumber daya yang ada untuk menumbuh kembangkan jiwa entrepreneurship atau kewirausahaan bagi peserta didiknya. 


Jumlah jam pelajaran (JP) untuk mata pelajaran PKK adalah 15 jam perminggu dengan rincian untuk Kelas XI, 7 jam pelajaran perminggu dan kelas XII, 8 jam pelajaran perminggu. Satu jam pelajaran sama dengan 45 menit. 


Mapel PKK langsung terintegrasi dengan kompetensi keahlian masing-masing. Tiga kompetensi keahlian (jurusan) yang ada di SMK Negeri 1 Pandawai antara lain : Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM), Nautika Kapal Penangkap Ikan (NKPI) dan Agribisnis Ternak Unggas (ATU). 


Namun pada praktiknya produk-produk yang dihasilkan tidak mesti spesifik namun menganut prinsip multi skill-multi product.  Maksudnya bahwa seorang entrepreneur harus peka dengan apa yang dibutuhkan dan minta oleh pasar.  Inilah prinsip yang mesti dimiliki oleh lulusan SMK Negeri 1 Pandawai


Pada kunjungan Bupati dan Wakil Bupati Sumba Timur di SMK Negeri 1 Pandawai pada Kamis (26/10/2022) peserta didik didampingi oleh guru-guru mata pelajaran PPK menyajikan berbagai produk-produk olahan siap saji dari bahan kacang tanah, ikan, ayam pedaging, pisang, gula sabu, dan buah kelapa muda. Dari kejuruan keterampilan pengelasan dan pengembangan keterampilan dasar menjuai (merajut pukat/jaring). 


Apa yang sajikan dan ditampilkan oleh SMK Negeri 1 Pandawai memberi kesan positif dari para pejabat terutama istri Bupati Sumba Timur, Ny Merliyati Simanjuntak.


Berikut hasil karya produk Kreatif dan Kewirausahaan yang bisa kami tampilkan untuk diketahui pembaca Unclebonn.com


















No comments:

Post a Comment

Kami sangat menghargai pendapat Anda namun untuk kebaikan bersama mohon berkomentarlah dengan sopan!