Terima Kasih Telah Berkunjung ke Unclebonn.com Belajar Segan dan Menghormati Orang Lain - unclebonn.com

Wednesday, November 9, 2022

Belajar Segan dan Menghormati Orang Lain

https://www.unclebonn.com/2022/11/belajar-segan-dan-menghormati-orang-lain.html

Beberapa hari lalu (5/11/2017), sebuah video menjadi viral karena konten video itu sungguh mengejutkan. Video berdurasi enam menit enam belas detik itu menampilkan sikap tidak terpuji dua anggota ASN  dan beberapa orang lain kepada wakil walikota Kupang, Herman Man. Kedua ASN ini membentak dan mengeluarkan kata-kata tidak hormat kepada atasannya bahkan seorang pejabat negara. 


Baca Juga : Bagaimana Menjadi Pemenang Sejati? Yuk Belajar Dari Kemenangan Yordenis Ugas Atas Manny Pacquiao


Bagi saya sikap ini diluar kepatutan seorang aparatur sipil negara.


Anda mungkin pernah melihat bagaimana sikap Pak Jokowi ketika bertemu Pak Prabowo? Jokowi membungkuk ketika Prabowo memberi salam komando. Apakah ia mau merendahkan atributnya sebagai presiden RI? 


Kita bisa juga bisa bandingkan bagaimana sikap Pak Jokowi ketika menyerahkan  SK kepada Pak Din Syamsuddin sebagai utusan khusus dialog antar agama dan peradaban di istana beberapa minggu lalu?  Pak Jokowi membungkuk saat menyerahkan surat keputusan itu. Apakah pak Din itu atasan Jokowi?


Baca Juga : Arti Sebuah Pertemanan Dan Tips Agar Pertemanan Tetap Langgeng 


Sikap Pak Jokowi tentu menunjukkan rasa hormat kepada mereka yang lebih tua. Kepada Pak Prabowo tentu sebagai patriot bangsa.  Dan kepada Pak Din Syamsuddin tentu sebagai ulama, cendekiawan muslim juga sebagai tokoh bangsa. Apakah sikap Pak Presiden itu salah kalau membungkuk?


Sikap dua ASN di Kupang itu menunjukan sikap arogansi, angkuh, tidak tahu diri dan tentu diluar kepatutan sebagai aparatur sipil negara. Padahal saat prajabatan mereka dibina agar menghormati atasan mereka. Memberi hormat itukan bukan menyembah. 


Baca Juga : Apakah Maksud Memilih Hidup Elegan Untuk Para Sultan?


Sikap Wakil Walikota Kupang  yang menempuh jalur hukum patut kita dukung biar bisa menjadi pembelajaran untuk kita. Bagaimana menghormati orang  yang yanglebih tua. 


Memberi sikap respek pada orang lain bukan berarti kita mau merendahkan diri tapi kita menghargai sesama manusia. Apalagi nanti dibilang takut.  Jika itu yang terlintas  jelas itu keliru. Dan saya yakin dua orang ASN itu akan diproses hukum apalagi mereka ngaku sebagai tim sukses. Apa boleh ASN berpolitik praktis? 


Akhir kata, lakukan apa yang ingin orang lain lakukan padamu!


Baca Juga : Belajar Hidup Sederhana Ala Kaesang Pangarep Anak Presiden Joko Widodo

Ditulis : Kambajawa, 5 November 2017

No comments:

Post a Comment

Kami sangat menghargai pendapat Anda namun untuk kebaikan bersama mohon berkomentarlah dengan sopan!