Terima Kasih Telah Berkunjung ke Unclebonn.com Soal Essay Disertai Jawaban Navigasi Radar dan Elektronik - unclebonn.com

Wednesday, June 8, 2022

Soal Essay Disertai Jawaban Navigasi Radar dan Elektronik

https://www.unclebonn.com/2022/06/soal-essay-disertai-jawaban-navigasi.html

Berikut ini kami sajikan soal dan jawaban terkait Radar (Radio Detection and Ranging)  materi untuk kelas XI Kompetensi Keahlian Nautika Kapal Penangkapan Ikan Semester 3 (ganjil). Silah Anda sederhanakan agar muda dipahami. Apa yang disajikan ini sekedar membantu guru dalam mengoreksi pekerjaan peserta didik. 

1. Sebutkan 4 faktor yang menyebabkan terjadinya kesalahan jarak!

  • Variable Range Marker tidak dikalibrasi, 
  • Interpolasi yang salah ketika menggunakan gelang jarak.
  • Terdapat kesalahan inherent didalam peralatan. 
  • Pemfokusan yang lemah akan memberikan sasaran yang lebih    besar dan gelang jarak yang tebal. 

2. Jelaskan yang dimaksud dengan diskriminasi jarak (Range descrimination) atau biasa juga disebut resolusi jarak! 

Kemampuan radar untuk membedakan jarak pemisahan sasaran yang terletak pada baringan yang sama dan satu sama lain berdekatan. Diskriminasi jarak dapat juga dikatakan sebagai jarak minimum dimana dua objek akan terpisah.

3. Jelaskan mengapa kesalahan baringan dapat terjadi!

Apabila penanda haluan (heading marker) menunjukkan arah 0 tetapi antena tidak menunjukkan kearah yang sama.  Kesalahan ini dapat diperiksa dengan membandingkan baringan radar dan baringan penglihatan pada sasaran secara serentak. Penggunaan skala jarak yang lebih pendek dapat mengurangi atau menghilangkan kesalahan ini.

4. Jelaskan apa yang dimaksud dengan Radar Interference – Jamming!

Gangguan radar (jamming) akan terjadi apabila ada kapal lain yang berdekatan menggunakan jalur radar yang sama. Gangguan ini akan menimbulkan bintik-bintik cerah (bright dots) bertaburan diseluruh permukaan skrin radar. Taburan mungkin secara berkelompok atau dalam bentuk garis putus yang bermula dari pusat ketepi skrin. Gangguan akan lebih jelas pada skala jarak yang lebih jauh dan lebih mudah dibedakan dengan gema biasa karena kedudukannya selalu berubah setiap kali antena berputar.

5. Uraikan apa yang dimaksud dengan pembiasan super dan apa pengaruhnya!

Dalam keadaan cuaca baik, laut tenang, fenomena yang disebut pembiasan super akan terjadi pada sinar radar yaitu bila terdapat lapisan udara panas diatas lapisan udara dingin. Pengaruh pembiasan super akan menambah pengbengkokan/lengkungan sinar radar mengarah kebawah. Ini akan menambah kemampuan deteksi radar pada jarak yang lebih jauh. Keadaan ini sering terjadi didaerah tropis bila udara panas dari daratan (land breeze) bertiup dipermukaan air yang lebih dingin. Fenomena ini kadang-kadang terjadi di perairan temperat (middle latitude).  

6. Uraikan apa yang dimaksud dengan sea clutter dan sea return dan bagaimana cara mengatasinya ?

Gangguan ini adalah disebabkan oleh rekaman gema laut dari ombak yang kuat walaupun gemanya lebih lemah dari gema kapal atau sasaran lain dan ini biasa disebut “sea return” atau “sea clutter”. Dalam keadaan ekstrim gema dari pemantul radar dan ombak tidak dapat dibedakan.

Gema ombak (sea echoes) dapat dikurangi dengan menggunakan “swept gain” yaitu peninggian gain secara otomatis dan bertahap (gradual) untuk setiap gema dnyut yang diterima; gain yang rendah untuk gema yang dipantulkan lebih awal dan gain tinggi untuk gema yang diterima kemudian. Control ini disebut “sensitivity time control” (STC).  


Demikian soal dan jawaban kami sajikan terkait mata pelajaran Navigasi Radar dan Elektronik semoga bisa membantu pembaca sekalian minimal menambah wawasan untuk kita semua.*


Baca Juga : 

No comments:

Post a Comment

Kami sangat menghargai pendapat Anda namun untuk kebaikan bersama mohon berkomentarlah dengan sopan!