Terima Kasih Telah Berkunjung ke Unclebonn.com Delapan Tips Mengelola Blog Gado-Gado atau Blog Campuran - unclebonn.com

Monday, November 8, 2021

Delapan Tips Mengelola Blog Gado-Gado atau Blog Campuran

https://www.unclebonn.com/2021/11/delapan-tips-mengelola-blog-gado-gado.html

Guys pada kesempatan ini admin Unclebonn.com akan membagi pengalaman terkait bagaimana cara mengelola blog gado-gado. Mengelola blog gado-gado itu memiliki tantangan sendiri. Ada suka dukanya.  Apalagi blog tersebut dikelola sendiri, usianya masih muda (blog baru) namun si pengelola berkeinginan (beroreantasi) agar bisa mendapatkan penghasilan dari blog tersebut. 


Blog gado-gado atau blog campuran adalah blog yang tidak fokus satu topik saja melainkan banyak topik. Sesuai namanya "gado-gado" bahwa blog ini menyajikan banyak menu: bisa artikel dalam bentuk opini, berita,  olahraga,  pariwisata, politik,  pendidikan dan lain sebagainya.  Sebaliknya blog niche blog yang membahas topik tertentu atau masih dalam satu konteks saja atau dalam satu tema. Misalnya blog tentang perikanan bisa saja dia cukup membahas masalah perikanan tangkap atau hal-hal tertentu yang berkaitan dengan perikanan tangkap, misalnya. 


Blog niche memiliki karakter kuat yakni konten atau artikel yang ditulis dibahas secara mendalam.  Atau artikel-artikel yang cenderung analisis namun tetap berusaha disajikan secara menarik. Pembacanya jelas orang-orang yang sealiran. Setia membaca dengan topik-topik yang disajikan. Kelebihan blog niche mudah menduduki page one (halaman utama) Google. 


Sedangkan blog gado-gado itu cenderung tergantung dari karakter pemilik blog-nya dan apa oreantasinya. Jika penulisnya menganggap menulis sebagai hobi blog itu akan bertahan lama jika pemiliknya mengejar penghasilan mending fokus di blog niche saja. Karena kita menulis sesuai latar belakang keilmuan kita. Begitu guys. 


Pengalaman saya yang mengelola blog gado-gado yang baru berumur 1 tahun 6 bulan (November 2021) bahwa proses sampai ke tahap monetisasi dari google adsense sama dengan blog niche baik dari segi waktu maupun jumlah artikel.  Untuk mendapatkan iklan dari adsense waktunya kurang lebih empat bulan dengan 60-an artikel.  


Walaupun blog gado-gado "rada nyantai" menurut saya kualitas konten baik artikel, gambar maupun video jika ada maka kualitas harus benar-benar diperhatikan.  Saya belum memahami SEO (Search Engine Optimization). Walaupun saya belum menerapkan kaidah-kaidah SEO saya tetap berusaha memperhatikan tuntutan itu dengan berusaha menulis artikel sebaik mungkin.  


Lantas apakah blog gado-gado bisa menghasilkan uang? Saya sendiri sudah dua kali panen. Tergantung apakah pengelolanya  rajin menulis apa tidak? Dan jelih melakukan eksperimen sesuai kebutuhan pembaca dengan sajian yang eksklusif dan menarik. 


Lantas bagaimana mengelola blog gado-gado? Berikut 8 tips mengelola blog gado-gado yang bisa saya bagikan : 


  1. Blog harus memenuhi standar Google. Maksudnya agar mudah dimonetisasi. Sebuah blog minimal memiliki Contact Us,  About,  Privacy Policy,  Disclaimer dan Site Map. Ini prosedur minimal.  Bila perlu silahkan beli templeta blog premium, pakai domain dan percantik tampilan blog dengan berbagai widget sesuai kebutuhan agar kesannya menarik dan profesional. Selain itu buatkan menu-menu sesuai selera penulis.  
  2. Blog gado-gado seperti yang sudah saya singgung di atas hobi menulis dari berbagai genre itu merupakan modal utama. Jika pemilik blog-nya bukan seorang yang hobi menulis sebaiknya tinggalkan saja rencana mau mengelola blog gado-gado.  Karena mengelola blog gado-gado bukan perkara mudah apalagi dikelola sendiri ribetnya minta ampun. Apalagi ketika penulisnya gagap ide. Mentok deh.  Admin sendiri memilih blog gado-gado karena dulu terbiasa menulis di facebook. Karena tidak mendapatkan apa-apa dari facebook saya rubah haluan menjadi seorang blogger pemula. 
  3. Belajar menulis sesuai prosedur SEO.  Walaupun saya belum menerapkan kaidah itu namun saya sarankan agar kalian bisa belajar ketentuan menulis sesuai standar SEO.  Walaupun menurut para master bahwa blog gado-gado sulit menampang di halaman utama Google yakin saja jika topik yang kamu angkat eksklusif dan berkualitas secera kepenulisannya bisa saja artikel kamu bisa menjadi nomero uno di laman utama google.  Google punya sistem sendiri untuk menempatkan artikel Anda atau kita. Kalau belum paham soal SEO  menulislah sesuai standar artikel  ilmiah populer yang dimuat pada media utama nasional. 
  4. Pilih topik-topik yang eksklusif. Maksudnya kita mengangkat topik-topik yang belum diangkat orang atau ditulis oleh orang lain. Misalnya sosok tertentu yang punya karya besar namun belum diexpose oleh penulis lain. Kita bisa angkat menurut versi kita. Kejadian-kejadian yang luar biasa namun belum diberitakan kita bisa jadikan sebagai sebuah berita yang menarik dan informatif.
  5. Buat tulisan-tulisan yang inspiratif dan evergreen. Tulislah atau ambil topik-topik yang menginspirasi banyak orang atau topik tersebut tidak dibatasi oleh ruang dan waktu.  Artikel itu tetap enak dibaca sampai kapan pun. Contohnya cerpen,  cerbung,  materi pembelajaran, tips and trik dan lain sebagainya.  
  6. Jangan berhenti menulis. Namanya blog yang dibutuhkan adalah artikel. Minimal sehari satu tulisan. Beda ya sama blog niche yang punya pengunjung setia jadi mereka sudah tahu persis kemana jika mereka membutuhkan informasi atau referensi. Jika kamu pengelola blog gado-gado akan tahu progresnya jika setiap hari ada artikel yang diposting maka jumlah visitor makin bertambah. 
  7. Buatkan Fanpage dengan nama blog Anda. Ini penting karena kita bisa tahu preferensi orang terhadap blog Anda dengan jumlah like. Selain itu bila ada artikel baru kita cukup share di Fanpage blog kita. Menurut artikel yang saya baca bahwa sebaiknya artikel jangan dibagikan ke banyak grup-grup sosial media. Minimal dua ke akun sosial media kita dan Fanpage blog.  Kita mesti bisa membedakan mana artikel viral dan yang sengaja dibagikan.  Karena ini beresiko dengan Adsense Anda jika sistem dari Google menemukan kesengajaan bisa saja blog kita di-banned.
  8. Hindari copy paste artikel atau tulisan. Memang mengelola blog gado-gado sulit namun lebih baik menunda menulis daripada mengejar tayang dengan cara-cara yang diharamkan oleh Google atau etika atas hak kekayaan intelektual orang lain. Blog gado-gado sebenarnya memungkinkan kita menulis apa saja topik-topik apa sama tergantung kepada pengelolanya.


Demikian delapan tips bagaimana mengelola blog gado-gado atau blog campuran semoga bisa membantu teman-teman (Blogger Pemula) sehingga punya gambaran bahwa ada susah senang dalam mengelola blog gado-gado.  Sekian dan terima kasih semoga memberi manfaatnya bagi pembaca semua.


Dan nantikan artikel selanjutnya terkait tata kelola blog gado-gado.*


2 comments:

  1. betul banget, sebenarnya baik blog niche maupun gado-gado punya pasar sendiri-sendiri. Kuncinya satu, seberapa konsisten untuk menulis konten yang bermanfaat.

    ReplyDelete

Kami sangat menghargai pendapat Anda namun untuk kebaikan bersama mohon berkomentarlah dengan sopan!