Terima Kasih Telah Berkunjung ke Unclebonn.com Seratus Persen Indonesia, Indonesia Never Ending - unclebonn.com

Tuesday, August 17, 2021

Seratus Persen Indonesia, Indonesia Never Ending

https://www.unclebonn.com/2021/08/seratus-persen-indonesia-indonesia.html

Happy Independence Day, Mom
! Salam hormat untuk Ibuku. Ibu,... aku selalu berharap  jiwa dan ragamu terus hidup agar setiap anak jaman dari generasi ke generasi mereka bisa merasakan peluk kasih nan lembut darimu.  Tapi maaf seribu maaf.  Kali ini aku tak memberikan hadiah istimewah buat ibuku. Bukan perak apalagi emas. Hadiahku hanyalah bunga-bunga kertas ungu ini. Kembang bunga ini memang tak seindah mawar atau melati.  Atau kembang edelweis yang menandai cinta sejatiku padamu ibu. Bagiku ini tetaplah istimewah.  Ini terjadi karena aku masih galau. Aku galau dengan situasi dan kondisi negeri ini. Tapi kelak kalau aku mampu menggoreskan tinta emas pada prasasti yang ibu siapkan bagi kami, aku  akan datang dan bersujud padamu.


Ibu, bukankah negeri ini negeri pelangi? Negeri yang memiliki kekayaan dengan segala keragamannya. Ironinya kita jauh dari raihan garansi prestisius. Sayang nian, pelangi di atas langit nusantara selalu ditutupi  awan kelabu, ibu.


Baca Juga : Menyemai Kembali Rasa Dan Komitmen Kebangsaan


Aku tak perlu basa-basi. Merdeka bagiku adalah usaha untuk memerdekakan sesama (anak bangsa). Untuk mewujudkan kemerdekaan yang sejati itu dibutuhkan aksi nyata. Dan tak selamanya kita terus berteori dan berkata-kata.  Saat ini kita harus kerja.  Seperti kata Bang Wi (Jokowi), "pokoknya saya mau kerja- nggak mikirin yang lain-lain". Tentunya bekerja sesuai dengan tugas dan kewajiban yang ada. Untuk membangun negeri ini konsepnya sudah jelas.  Tinggal dibutuhkan niat, keberanian serta terobosan. Jangan lupa dedikasi. 


Tapi sulit jikalau rakyatnya bermental HG (harap gampang) tidak mau bekerja dan bermimpi  pemimpin bagai  Sinterklas, datang lalu bagi-bagi hadiah. Problematika lainnya mentalitas para elitisnya yang tidak pernah puas dengan apa yang dimiliki mereka.  Hal ini bisa menjadi kekuatiran. Aku ingin berkata bahwa ketiadaan rasa syukur dan ketidakpuasan menyebabkan orang menjadi serakah.  Kuatirnya lagi ketika keserakahan merajalela kita tinggal menunggu bom waktu tentang kejatuhan negeri ini.


Baca Juga : Dulu Lawan Kini Kawan, Politik Itu Cair Dan Unpredictable, Bro!


Persoalan bangsa dan negara sebesar Indonesia sangatlah kompleks. Pilihan Pancasila sebagai ideologi bangsa adalah tepat dan taktergantikan. Kalau ada keinginan sekelompok orang untuk menggantikan ideolagi adalah mereka-mereka yang ingin menuai badai, yang cinta kekacauan, yang ingin memancing di air keruh.  Persoalan yang dihadapi bangsa ini bukannya gagalnya sistem, melainkan gagalnya individu-individu yang gagal mengekang syahwatnya akibatnya KKN merajalela.


Pada titik ini dibutuhkan pemimpin berkualitas. Aku merindukan pemimpin yang berani berkorban, bekerja banting tulang, berjuang tanpa pamrih untuk bangsanya.  Sosok-sosok itu lekat pada Soekarno, Hatta, Sjahrir-bapak bangsa yang dilupakan.  Atau santo sekuler Nelson Mandela. Ia berani menghapuskan faham apartheid namun dengan penuh cinta, mengajak damai orang-orang kulit putih tanpa diskriminasi menjadi warga negara Afrika Selatan. Kini negaraku ditengarai mengalami pandemi berkepanjangan. Rakyat galau dan lapar. 


Baca Juga : Silahkan Download Gratis Dan Mudah Logo HUT Republik Indonesia Ke-76


Memperingati kemerdekaan, kita berusaha tengggelam dalam euforia kemerdekaan pada 76 tahun silam. Kemerdekaan yang diproklamirkan pada saat itu, kita ingin menyatakan kemerdekaan secara Kita telah berdaulat secara politik dan ekonomi dalam bingkai NKRI. Jadi gempitanya luar biasa. Dan ekspresi emosianalnya meledak-ledak. Sekali merdeka tetap merdeka. Merdeka atau mati? Kira-kira itulah kata-kata “mantra” yang melingkupi hati sanubari para pejuang kita dulu. Mereka ingin kemerdekaan itu dipertahankan hingga kiamat datang. Indonesia yang never ending


Seiring berjalannya waktu dinamika dalam tatanan kebangsaan berubah.  Semangat kebangsaan mengendur. Yang lebih nampak kini adalah eklusivisme kedaerahan makin menonjol. Padahal sentuhan edukasi historis sudah melintasi jarak antar ruang wilayah.  Sehingga kesadaran sebagai bangsa, berbahasa, dan bertanah air satu Indonesia telah menjadi harga mati. Tapi apa yang diharapkan dari proses itu jauh panggang dari api. Dalam sebuah diskusi ringan dengan teman ia katakan, “banyak diantara kita yang terhegemoni dengan bangunan primordialisme”.  Primordial atau primordialisme bisa membawa orang pada kubangan fanatisme. Kata orang, fanatik itu boleh asal jangan tenggelam dalam fanatisme hasilnya akan menjadi manusia yang berpikiran kerdil.


Baca Juga : Inilah Profil Lengkap 6 Tokoh Nasional Yang Dianugerahkan Presiden Joko Widodo Sebagai Pahlawan Nasional Tahun 2020


Kita telah hidup di alam merdeka saat ini. Meminjam bahasanya Yudi Latif, kita perlu bangun elan kreatifias untuk menyemai rasa kebangsaan.  Kaum muda harus sadar akan diri dan potensinya. Kaum muda yang kurang sadar dan lupa dengan kaumnya kata Indra Jaya Piliang cocok disematkan pada Anda yakni kaum muda tanpa kaum.


Jadi kita harus mengisi kemerdekaan dengan aksi-aksi yang positif.  Jangan selalu ngeyel pada negaramu, daerahmu!  Jadi teringat apa yang dikatakan J. F Kennedy,  “jangan tanya lagi apa yang negara buat untuk dirimu, seharusnya kita bertanya pada diri kita, apa yang bisa kita buat untuk negara kita ini." Sebagai guru tentunya harus banyak belajar, mengembangkan profesionalisme diri biar bisa didik anak bangsa dengan ilmu pengetahuan yang mumpuni karena knowledge is power.


Pada tanggal 17 Agustus 1945 duo proklamator mengumandangkan kemerdekaan. Jadi sudah 76 tahun kita merdeka. Tapi kenapa orang masih banyak yang protes. Padahal waktu 76 tahun itu, ibarat manusia bukan usia ABG lagi yang masih mencari jati dirinya. Inikan usia orang yang sudah punya cucu.  Mereka yang protes mengatakan; kita belum merdeka seutuhnya, kita belum merdeka secara ekonomi, hukum, politik, dan kemerdekaan mendapatkan pekerjaan.  Dan adalagi yang memprotes kenapa hak intelektual anak negeri di negara ini belum sepenuhnya diapresiasi? Di masa pandemi ini berpikir apa yang bisa saya lakukan? Lakukan saja apa yang bisa dikerjakan. Indonesia sedang "sakit" karena pandemi Covid-19. 


Baca Juga : Bacaan Ringan Anak Ikan : Wilayah Pengelolaan Perikanan Dan Zona-Zona Laut


Memerdekakan kemerdekaaan di negara ini jangan sampai kebablasan.  Seyogyanya jauh dari sikap permusuhan dan anarkisme. Jangan hanya karena kesenggol saja, langsung ambil pentungan (kayu kudung), batu lantas nimpuk orang lain lalu membentangkan atau mengibarkan simbol-simbol tertentu demi membenarkan aksinya. Kata anak gaul Kupang, lu pung aksi sonde cerdas bro'.  Kenapa tidak boleh demikian?-KITA semua ANAK BANGSA Bung!- 100% Indonesia.


Aku juga terenyuh, ketika menonton aksi panjat pinang. Kenapa begitu? Saya merasa jangan sampai di tanah air tercinta ini untuk mendapat "hadiah" kita harus saling injak, rebutan, berdarah-darah, baru bisa raih hadiahnya. Kalau kita pakai cara cerdas kita pakai tangga saja, kan mudah? Atau pakai tali. Bagi diriku baik tangga maupun tali adalah tahapan-tahapan (proses) untuk meraih tujuan.


Jadi sebagai anak bangsa yang bisa kita lakukan saat ini adalah kita mengisi waktu dengan bekerja keras. Apapun profesi kita. Entah Anda sebagai anggota TNI, anggota Polri, guru, pegawai kantoran, usahawan, pemuka agama, pebisnis, olahragawan dan seterusnya kita bekerja dengan cara kita masing-masing.  Kalian, saya kita semua bekerja untuk kemajuan dan kemaslahatan bangsa dan negara republik Indonesia. Kata Bung Karno, “bangsa yang besar adalah bangsa yang mau menghargai jasa para pahlawannya”.  Ingat Soekarno ingat Jas Merah. DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA KE-76. MERDEKA! Seratus persen Indonesia.


Baca Juga : Tetap Teguh Pak Jokowi


Kalumbang, 17 Agustus 2021

Catatan : Artikel milik admin ini sudah diposting pada 16 Agustus 2013 dan direvisi sesuai kebutuhan hari ini.

No comments:

Post a Comment

Kami sangat menghargai pendapat Anda namun untuk kebaikan bersama mohon berkomentarlah dengan sopan!