Terima Kasih Telah Berkunjung ke Unclebonn.com Poseidon, Kisah Asmara dan Skandal Sang Dewa Penguasa Lautan yang Temperamen - unclebonn.com

Wednesday, January 6, 2021

Poseidon, Kisah Asmara dan Skandal Sang Dewa Penguasa Lautan yang Temperamen

https://www.unclebonn.com/2021/01/poseidon-kisah-asmara-dan-skandal-sang.html

Bagi pembaca yang suka dengan cerita mitologi atau kisah para dewa pada kesempatan ini kami menyajikan kisah salah satu dewa terkuat yaitu Poseidon. Dewa Poseidon disebut sebagai dewa yang penguasa lautan. Ia dikenal sebagai dewa yang temperamen namun ia kerap menolong para pelaut bahkan memberikan hadiah kepada para pemujanya. 


Seperti kisah para dewa lainnya, Poseidon juga suka terpesona kepada para dewi, Nimfa dan wanita biasa yang memiliki paras cantik. Ia juga memiliki skandal asmara dan hasrat kuat untuk menguasa kota yang dianggapnya memuja dirinya. Untuk lebih jelas silahkan baca kisah Poseidon yang saya ambil dari channel Youtube Kode Alam.


Dengan sekali pukulan trisulanya dia mampu menghancurkan sebuah gunung, membelah bumi, menimbulkan gempa, badai, dan juga Tsunasmi. Poseidon dikenal sebagai dewa penguasa lautan dan wilayah perairan lainnya. Dia adalah yang terkuat diantara saudara-saudaranya sehingga saat mereka berhasil merebut kekuasaan dari Cronus, ayahnya dan membagi wilayah kekuasaan Poseidon mendapat bagian wilayah terluas dari bumi yaitu lautan.  


Senjata andalannya adalah sebuah trisula (Trisula Poseidon) yang dibuat oleh para Cyclops. Cyclops itu raksasa bermata satu.  Mereka inilah para raksasa yang berjuang melawan Cronus ayahnya.  Poseidon saat berjuang melawan Cronus ia juga memiliki sebuah kereta perang yang ditarik seekor Hippokampos, makhluk yang berwujud setengah kuda dan setengah ikan. Tubuh bagian atasnya berbentuk kuda dan belakangnya adalah ikan. 


Hippokampos sering digambarkan memiliki sisik berwarna hijau dan juga mempunyai ciri khusus. Dalam tugasnya dialah yang mengatur lautan dan juga dibantu oleh beberapa dewa dewi yang tinggal di lautan dan mempunyai tugas masing-masing. Istri Poseidon bernama Amfitrite yang menjadi ratu lautan. Dengan Amfitrite, Poseidon memiliki beberapa anak dan salah satu anaknya yang terkenal adalah Triton yang bertugas sebagai pembawa pesan di lautan. Triton digambarkan bertubuh setengah manusia setengah ikan dan dibahunya terdapat kerang laut. Ia selalu membawa sebuah trompet berbentuk keong yang saat ditiup mampu menenangkan dan membuat ombak di lautan tenang.


Suara terompetnya bahkan mampu membuat rasa ketakutan selain Amfitrite, Poseidon juga memiliki kisah asmara dengan banyak wanita lain baik dengan para dewi dan juga manusia biasa bahkan dengan para Nimfa sehingga melahirkan banyak keturunan dari mereka.


Salah satu dewi yang pernah dia dekati adalah Dewi Demeter. Poseidon menyukainya namun Sang Dewi menolak dan berubah wujud menjadi seekor kuda betina untuk menghindarinya. Namun hal ini diketahui oleh dewa laut yang kemudian juga mengubah dirinya menjadi seekor kuda jantan untuk mendekati Demeter. Dari hasil hubungan mereka lahir juga sosok kuda bernama Arion. Yaitu seekor kuda yang bisa berbicara bahasa manusia.


Poseidon menjadi orang keempat dalam kisah cinta dewi kecantikan Aphrodite. Sebenarnya suami sah Aphrodite adalah Hepaistus, dewa pandai besi. Namun karena tidak bahagia Sang Dewi berselingkuh dengan Ares, si dewa perang. Perselingkuhan mereka diketahui oleh Hepaistus dan akhirnya menjebak mereka dalam sebuah jaring saat lagi bermesraan. Hepaistus lalu memanggil semua dewa untuk melihat perbuatan mereka dan merebut kembali hadiah pernikahan yang sudah diberikan pada para dewa saat menikahi Aphrodite.


Poseidon datang sebagai pahlawan dengan membujuk Hepaistus supaya melepaskan mereka dan berjanji akan mengembalikan hadiah pernikahannya. Hepaistus lalu melepaskan mereka. Atas jasanya dan mendapat perhatian dari Aphrodite dan juga sebagai balas jasa dari bantuannya, Poseidon dan Aphrodite berhubungan dan melahirkan seorang anak bernama Erix.


Selain para dewi, Poseidon juga pernah memiliki hubungan dengan manusia biasa dan melahirkan beberapa pahlawan terkenal. Dia juga pernah bersaing dengan Zeus untuk mendapatkan cinta dari seorang nimfa laut bernama Thetis yang kemudian menikah dengan raja Peleus dan menjadi ibu dari seorang pahlawan bernama Achilles.


Baca Juga : Kisah Nyata, Yasuke Prajurit Samurai Pertama Asal Afrika Yang Melegenda


Saat itu Zeus dan Poseidon mendapat ramalan bahwa kelak anak yang dilahirkan dari hubungan asmara mereka dengan Thetis akan menjadi lebih kuat dan berkuasa dari ayahnya. Mendengar hal itu, kedua dewa menjadi mundur dan membiarkan Thetis menikah dengan Peleus. Kisah percintaan Poseidon yang paling menghebohkan adalah dengan seorang gadis bernama Medusa. 


Medusa awalnya adalah seorang wanita cantik penjaga kuil Athena. Kecantikannya yang membuat sang Dewa laut menjadi terpesona. Poseidon pun mendekatinya saat kuil dalam keadaan sepi.  Mereka memadu kasih di kuil suci Athena sehingga membuat Sang Dewi marah dan mengutuk Medusa jadi monster mengerikan berambut ular dan siapapun yang melihat matanya akan berubah menjadi batu.


Monster Medusa akhirnya ditaklukkan oleh seorang pahlawan bernama Perseus. Dan karena saat itu Medusa sedang mengandung anak dari Poseidon maka dari darah yang keluar lahir anak bernama Pegasus. Si kuda bersayap dan saudaranya Chisaor yang berwujud raksasa. 


Selain bersaing didalam hal percintaan Poseidon juga pernah bersaing dengan para dewa-dewi dalam hal perebutan kota yang memuja mereka seperti dengan Dewi Athena dalam merebut kota Athena. Poseidon saat itu kalah dalam pemungutan suara hingga membuatnya marah lalu mengirim banjir besar untuk menghukum mereka. 


Sementara di Argos, Poseidon juga pernah bersaing dengan dewi Hera. Namun lagi-lagi kalah. Sehingga Poseidon sering mengerjai kota tersebut dengan mengeringkan sungai-sungai di Argos dan dilain waktu juga membuat banjir. 


Poseidon juga pernah bersaing dengan Helios, sang dewa matahari di Kota Korinthos. Rakyat Korinthos yang tidak ingin membuat kedua dewa itu marah memutuskan untuk memuja kedua dewa itu. 


Poseidon adalah seorang dewa yang temperamen. Kemarahannya kadang menimbulkan gempa bumi dan badai di lautan. Namun selain itu dia juga banyak membantu manusia. Seperti menenangkan ombak buat para pelaut dan memberikan hadiah bagi orang-orang yang memujanya.  Dia juga bisa menghukum manusia yang tidak patuh dan menurut padanya maupun membohongi dirinya. 


Seorang raja Kreta pernah meminta hadiah seekor banteng pada Poseidon dan berjanji akan mempersembahkan banteng tersebut dalam pemujaan terhadap sang dewa laut. Poseidon lalu memberinya seekor banteng putih yang indah dan mampu berjalan di atas air. Tapi Minos melanggar janjinya dan menolak mempersembahkan banteng tersebut. Akhirnya Poseidon marah dan membuat istri Minos yang bernama Pasifae jatuh cinta pada sang banteng lalu melahirkan seekor monster berkepala banteng bernama Minotaur. 


Poseidon juga pernah menghukum para pasukan Yunani yang kala itu sedang melakukan perjalanan pulang setelah berhasil mengalahkan Troya karena mereka menghancurkan kuil-kuil penyembahan para dewa saat membumihanguskan Troya.  Pasukan Yunani yang dipimpin oleh Odysseus harus melalui perjalanan pulang selama 10 tahun melewati berbagai rintangan dan tantangan sebelum akhirnya sampai ke Yunani.


Seorang gadis cantik bernama Andromeda yang selalu dibangga-banggakan oleh ibunya dengan mengatakan kecantikan putrinya mampu menyaingi semua orang di dunia bahkan para Nimfa laut. Hal ini membuat mereka (para dewi dan nimfa) marah dan meminta Poseidon untuk memberikan hukuman di kota tersebut. Poseidon lalu mengirimkan banjir besar sehingga menghancurkan kota dan juga seekor monster laut yang bernama Ketos untuk meneror kota tersebut. Satu-satunya yang bisa menghentikan sang monster adalah mengorbankan Putri Andromeda padanya. Tapi akhirnya Andromeda berhasil diselamatkan oleh Porseus dan juga menaklukkan sang monster berkepala Medusa itu.


Walaupun sebagai Dewa yang paling kuat Poseidon sangat menghormati Dewa Zeus sebagai pemimpin para dewa dan juga sering membantu para dewa lain jika membutuhkan bantuan dalam hal kelautan. Poseidon tinggal di istananya dalam lautan dan jika ada pertemuan para dewa dia akan selalu hadir di Olympus.*


Sumber : Channel Youtube KODE ALAM


No comments:

Post a Comment

Kami sangat menghargai pendapat Anda namun untuk kebaikan bersama mohon berkomentarlah dengan sopan!