Terima Kasih Telah Berkunjung ke Unclebonn.com Walau Hanya Sekali Meraih Podium Pertama, Joan Mir Berhasil Menjadi Juara Dunia MotoGP 2020 - unclebonn.com

Sunday, November 15, 2020

Walau Hanya Sekali Meraih Podium Pertama, Joan Mir Berhasil Menjadi Juara Dunia MotoGP 2020

https://www.unclebonn.com/2020/11/walau-hanya-sekali-meraih-podium.html

Walaupun finis diposisi ke - 7 pada balapan di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Minggu (15/11/2020) malam WIB ini, Joan Mir tetap keluar sebagai kampiun MotoGP tahun 2020. Peluang juara dunia bagi Joan Mir terbuka lebar saat balapan tadi setelah pesaing terdekatnya Fabio Quartararo mengalami crash pada Turn 6 putaran ke sembilan. 


Walau Hanya Sekali Meraih Podium Pertama, Joan Mir Berhasil Menjadi Juara MotoGP 2020


Pemenang race pada balapan di Valencia adalah Franco Morbidelli walau dalam dua lap terakhir diganggu oleh Jack Miller namun Morbidelli mampu mempertahankan posisi pertama hingga garis finish. Sementara urutan kedua dan ketiga adalah Jack Miller disusul oleh Pol Espargaro. 


Joan Mir Satu Kali Podium Pertama 


Dari 13 seri yang digelar sampai membawa Joan Mir merengkuh titel juara dunia MotoGP tahun 2020, ia baru sekali meraih podium pertama pada balapan ke-12 yang digelar di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Minggu (8/11/2020). Itu merupakan raihan tertinggi selama keikutsertaan di kelas utama MotoGP 2020.  


Kemenangan pada balapan minggu lalu secara keseluruhan Joan Mir telah memperoleh tujuh kali podium. Sebelum balapan hari ini selisih poin dengan Fabio Quartararo dan rekan setimnya Alex Rins yaitu 37 poin. Sementara itu Joan Mir sendiri memuncaki klasemen dengan 162 poin. 


Walaupun hanya meraih sekali podium pertama selama pagelaran MotoGP 2020 Joan Mir cukup konsisten selama balapan. Ia membalab secara cerdas. Yang penting mendapatkan poin. 


Diawal musim sebenarnya nama Joan Mir tidak termasuk dalam daftar untuk persaingan juara MotoGP 2020. Orang lebih menjagokan Fabio Quartararo yang dua balapan awal meraih podium pertama. Nama berikutnya adalah Andrea Dovizioso dan Maverick Vinales yang tampil cukup meyakinkan. Namun karena inkonsistensi Fabio Quartararo dan dua nama tadi pada balapan-balapan selanjut membuat poin mereka disusul oleh Joan Mir. 


Pembuktian konsisten pembalap Spanyol 23 tahun ini dimana ia hanya dua kali gagal finis dalam 13 kali balapan yaitu pada balapan MotoGP Spanyol (balapan ke-1) dan pada MotoGP Ceko (balapan ke-3). Selanjut ia selalu mendulang poin. 


Klasemen akhir sampai Joan Mir hingga meraih titel juara dunia MotoGP tahun 2020 ini dimana Mir unggul 29 angka dari pemegang klasemen kedua yaitu Franco Morbidelli. 


Ini dia daftar poin klasemen sampai balapan MotoGP 2020 di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Minggu (15/11/2020) malam ini sebagai berikut : 

  1. Joan Mir (171 poin)
  2. Franco Morbidelli (142 poin)
  3. Alex Rins (138 poin)
  4. Maverick Vinales (127 poin), dst.


Penantian Suzuki 20 Tahun Terbayarkan 


Pada Grand Prix Aragon, Spanyol Joan Mir naik podium untuk kelima kalinya selama MotoGP 2020. Pada MotoGP Aragon 2020 saat itu merupakan balapan ketujuh. Karena pebalap Petronas, Fabio Quartararo gagal finis di zona poin akhirnya posisi pertama yang selama ini dikuasai oleh Quartararo digeser oleh Joan Mir. 


Menempati posisi puncak saat itu menjadikan Joan Mir menjadi pebalab MotoGP kelas utama dari Tim Suzuki yang pertama kali kembali menempati puncak klasemen setelah 20 tahun keikutsertaan diajang MotoGP.


Puncaknya pada race ke-13 hari ini, Joan Mir memastikan diri sebagai juara baru kelas utama MotoGP tahun 2020 dan menjadikan dirinya sebagai pebalab ke-4 Spanyol yang berhasil meraih juara dunia di kelas utama MotoGP.*

No comments:

Post a Comment

Kami sangat menghargai pendapat Anda namun untuk kebaikan bersama mohon berkomentarlah dengan sopan!