Terima Kasih Telah Berkunjung ke Unclebonn.com Natal Sebentar Lagi, Yuk Simak 11 Fakta Menarik Seputar Natal! - unclebonn.com

Sunday, November 29, 2020

Natal Sebentar Lagi, Yuk Simak 11 Fakta Menarik Seputar Natal!

https://www.unclebonn.com/2020/11/natal-sebentar-lagi-yuk-simak-11-fakta.html

Ada 11 fakta menarik seputar natal yang mungkin sebagian umat kristiani seluruh dunia belum mengetahuinya. Ini berkaitan dengan tradisi perayaan natal seperti pohon natal, sinterklass, lagu natal, sejarah natal dan masih banyak lagi. Saat ini umat kristiani dunia sudah memasuki masa adven. Artinya sedang mempersiapkan diri menanti kelahiran sang juru selamat dunia, Yesus Kristus. 


Perayaan Natal bagi umat kristiani adalah memperingati hari kelahiran Yesus Kristus yang menurut iman kristiani sebagai Tuhan dan Juru Selamat. Seperti manusia pada umumnya bahwa kelahiran merupakan harapan dan sukacita. Pasti akan menyambutnya dengan penuh ceria dan penuh kegembiraan.


Fakta historis mengungkapkan bahwa Yesus lahir bukan pada tanggal 25 Desember. Dan Natal sendiri dengan segala keindahan yang tampak hari ini bukan merupakan perayaan asli umat kristiani (Katolik dan Kristen Protestan). Beberapa sumber mengungkapkan bahwa perayaan natal itu berasal dari acara pemujaan dewa matahari. Namun tata cara itu kemudian diadaptasi (diganti) dengan tata cara menurut perspektif iman kristiani. Kemudian model perayaan diikuti hingga saat ini dan disesuaikan dengan gereja masing-masing.


Namun kita harus tahu bahwa sosok yang kita  sembah dalam perayaan natal bukan dewa melainkan Yesus Kristus Anak Allah. Yesus  yang tertulis dalam Alkitab dan Injil. Yesus yang dalam sejarah peradaban manusia nyata lahir, menderita, mati dan bangkit kembali. Ia kemudian naik ke surga dan akan datang kembali untuk mengadili orang hidup dan mati.


Biar pembaca semakin mengetahui tentang "misteri" natal kami akan sajikan fakta-fakta menariknya.  Dikutib dari JC Channel ada 11 fakta menarik tentang natal bisa jadi kamu belum mengetahuinya.


Natal Sebentar Lagi, Yuk Simak 11 Fakta Menarik Seputar Natal!


Pertama, Christmas atau Merry Christmas kemudian disingkat jadi XMAS pada awalnya mendapat penolakan dan menyebabkan kamarahan umat Kristen di dunia. Karena mengganti kata Christ dengan huruf X. Karena menggunakan huruf X untuk singkatan Christ akan memiliki makna peyoratif (pemburukan makna) atau penghinaan pada sosok yang Yesus Kristus. Namun faktanya huruf X pada singkatan XMAS berasal dari Bahasa Yunani XPITO yang berarti CHRISTкаS.


Kedua, natal pertama kali dirayakan pada tahun 336 Masehi (M). Pada tahun 300-an M umat kristen tidak memiliki hari raya khusus untuk menghormati Yesus Kristus. Nah pada tanggal 25 Desember pertama kali dicatat dalam almanak Romawi dan catatan pemimpin kristen.


Ketiga, pada Juni 1970 pemerintah pusat Amerika Serikat meresmikan hari natal sebagai hari libur nasional.


Keempat, dahulu pohon natal biasa dihiasi makanan ringan, kacang-kacangan, apel, dan kurma. Pada abad ke-18 barulah pohon natal dihiasi dengan ornamen indah dan cantik seperti saat ini.


Kelima, jika Anda penasaran dengan hadiah Natal terbesar tentunya ada dan dimiliki oleh Amerika Serikat. Hadiah tersebut adalah patung Liberty atau icon Amerika Serikat yang diberikan pada tahun 1886 oleh Prancis.


Keenam, kita kerap mendengar bahwa 25 Desember sebagai hari kelahiran Yesus Kristus itu sebagai awal mula hari natal. Padahal Alkitab tidak pernah menunjukkan secara langsung kapan hari kelahiran Yesus Kristus itu sendiri.  Setelah mengalami perubahan tanggal dan pengaruh Roma melalui Pope Julius I maka tanggal 25 Desember ditetapkan sebagai hari kelahiran Yesus Kristus. Namun soal ini belum dipastikan dan masih menjadi perdebatan ilmiah tentang kebenarannya.


Ketujuh,  Menurut Anda barangkali mendengar bahwa Marthin Luther orang yang pertama kali melakukan dekorasi pada sebuah pohon natal. Kisah ini dimulai bahwa Marthin Luther tergugah akan indahnya cahaya bintang diantara ranting-ranting pohon cemara. Pada kenyataannya, kisah ini tidak benar. Pohon natal ini pertama kali diasosiasikan oleh Saint Bonifacius pada abad ke-7. Ia menebang sebuah pohon dan ingin membuktikan kepada penduduk bahwa dewa Norwegia yang mereka sembah tidak ada. Hingga abad ke-15 orang sudah menebang pohon dan meletakkannya di rumah mereka dengan berbagai hiasan melingkar pohon natal tersebut. Dan ketika Marthin Luther datang tradisi itu sudah ada. Mungkin saja dialah yang mempopulerkan tradisi itu lalu dikenal dunia. Bukan dia yang memulai.


Kedelapan, Setiap tahunnya ada ribuan surat yang dikirim anak-anak dari berbagai belahan dunia dikirim ke kutub Utara tepatnya di benua Alaska. Lalu, apakah anak-anak tersebut mendapat balasan? Bisa saja. Karena di Alaska terdapat kurang lebih 1.600 penduduk lokal yang berperan sebagai Sinterklas dan berusaha membalas surat dari anak-anak itu. 


Kesembilan, setiap natal kita tentu tak asing lagi dengan berbagai lagu natal. Dengan tujuan bahwa lagu-lagu tersebut semakin menyemarakkan perayaan Natal. Tahukah anda bahwa lagu Jingle Bells bukan merupakan lagu natal seperti yang kita pikirkan. "Jingle Bells" adalah salah satu lagu paling dikenal dan paling sering dinyanyikan pada masa liburan musim dingin di dunia. Lagu ini ditulis oleh James Lord Pierpont (1822–1893) dan diterbitkan dengan judul "One Horse Open Sleigh" pada musim gugur 1857.


Dengan perjalanan waktu maka lagu One Horse Open Sleigh yang pada akhirnya populer dengan judul lagu Jingle Bells. Kini lagu ini begitu populer dan menjadi lagu wajib natal dalam kalangan umat kristiani dunia. 


Kesepuluh, pada hari natal kita sering melihat tiga warna yang dominan dalam setiap ornamen dan perayaan natal. Ketiga warna tersebut adalah hijau, merah dan emas. Tiga warna tersebut memiliki arti khusus loh. Hijau yang berasal dari pohon natal melambangkan kehidupan dan kelahiran kembali. Dibeberapa negara Kristen seperti Rumania dan Yunani hijau melambangkan kebangkitan Kristus. Sementara itu merah mewakili darah Yesus dan apel yang dimakan Hawa melambangkan kehidupan sebelum Adam dan Hawa dikeluarkan dari taman Eden. Sedangkan emas melambangkan terang, cahaya spiritual bahwa Yesus membawa berkat kelahiran dan kebangkitan.


Kesebelas, hari natal memiliki ciri khas yaitu Sinterklas. Karakter ini muncul berdasarkan kisah Santo Nikolas yang mencintai anak-anak dan senang memberikan hadiah kepada mereka secara sembunyi-sembunyi.


Nah pembaca setia Unclebonn.com inilah sebelas fakta menarik seputar natal yang mungkin selama ini belum Anda ketahui. Semoga damai dan kasih Natal merajai hidup kita. Selamat menyongsong hari raya Natal 25 Desember 2020. Tuhan Yesus memberkati.*


Sumber : JC Channel/Jawaban




No comments:

Post a Comment

Kami sangat menghargai pendapat Anda namun untuk kebaikan bersama mohon berkomentarlah dengan sopan!