Terima Kasih Telah Berkunjung ke Unclebonn.com Unkriswina Sumba Beri Pelatihan Penggunaan Tools Google Form dan Google Classroom Kepada Guru SMK Negeri 1 Pandawai - unclebonn.com

Saturday, July 11, 2020

Unkriswina Sumba Beri Pelatihan Penggunaan Tools Google Form dan Google Classroom Kepada Guru SMK Negeri 1 Pandawai

google classroom
Kepala SMK Negeri 1 Pandawai Dominik W. Tenggu,SH Diapit oleh Dua Dosen Unkriswina Sumba
Unclebonn.com - Universitas Kristen Wira Wacana (Unkriswina) Sumba - Waingapu memberi pelatihan penggunaan Tools Google Form dan Google Classroom  kepada guru dan tenaga kependidikan SMK Negeri 1 Pandawai pada hari Jumat, (10/07/2020). Berdasarkan jadwal yang dikeluarkan oleh pihak sekolah pelatihan ini dimulai dari pukul 10.00 s.d 14.45 Wita.

Kegiatan ini merupakan bentuk pengabdian kepada masyarakat dari Kampus Unkriswina Sumba. Tema untuk kegiatan ini adalah Transformatif Digital di Era Normal Baru pada Sektor Pendidikan. Dan SMK Negeri 1 Pandawai sebagai sekolah yang dipilih untuk tujuan kegiatan dimaksud. 

Dalam arahan yang disampaikan oleh perwakilan sekaligus narasumber dari Universitas Kristen Wira Wacana Sumba, Arini Aha Pekuali,S.Kom.,M.Kom bahwa kegiatan ini merupakan bentuk pengabdian kepada masyarakat dari Kampus Unkriswina Sumba sehubungan dengan pandemi Covid - 19. Dampak dari Covid-19 bahwa kegiatan pembelajaran online merupakan salah satu pilihan utama di masa pandemi virus Corona. Lebih lanjut dikatakan bahwa kegiatan ini sifatnya untuk berbagi ilmu atau pengalaman.

"Dampak dari Covid - 19 membuat kita melakukan hal-hal baru. Kalau di kampus kegiatan pembelajaran dilaksanakan secara daring. Dan hal ini perlu dibagikan kepada guru apalagi selama masa belajar dari rumah  (BDR) bagi siswa," ungkapnya dalam sesi memberi informasi terkait dengan pelatihan itu.

Kepala SMK Negeri 1 Pandawai, Dominik W. Tenggu, SH dalam sambutannya sebelum membuka secara resmi acara tersebut mengucapkan terima kasih kepada kampus Unkriswina Sumba yang telah memilih SMK Negeri 1 Pandawai sebagai sekolah untuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat.  

"Mewakili lembaga, SMK Negeri 1 Pandawai mengucapkan terima kasih kepada Kampus Unkriswina Sumba yang telah memilih kami untuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat."

Lebih lanjut diungkapkan kepala SMK Negeri 1 Pandawai bahwa kedepan akan dibuatkan MoU (Memorandum of Understanding).

"Kami berniat bahwa kedepannya  agar lebih lancar dan memiliki kerja nyata maka akan dibuatkan MoU. Dan SMK sudah sewajarnya membangun kerja sama dengan DU/DI atau universitas seperti Kampus Unkriswina Sumba," tambahnya.

Suasana selama petatihan Tools Google Form dan Google Classroom
Kegiatan pelatihan ini dipandu oleh dua orang narasumber yang tak lain adalah dosen program studi Teknik Informasi Universitas Kristen Wira Wacana Sumba.

Dalam sesi kegiatan inti guru dan tenaga kependidikan pada SMK Negeri 1 Pandawai diajarkan bagaimana cara menggunakan Google Form untuk kepentingan pembelajaran seperti membuat daftar hadir, membuat tugas dan quiz atau soal-soal untuk kepentingan penilaian akhir semester (PAS) maupun untuk penilaian akhir tahun (PAT).  Untuk materi ini dibimbing oleh Alfrian Carmen Talakua,S.Si.,M.Kom salah satu dosen Program Studi Teknik Informatika Unkriswina Sumba. 

Sementara itu Arini Aha Pekuali,S.Kom.,M.Kom menyampaikan materi tentang Google Classroom.  Dalam pantuan media ini materi yang disampaikan oleh dosen itu dilakukan secara komprehensif mulai dari mengenal fitur-fitur dalam Google Classroom, menu bar, system kerja dan manajemen pengelolaan Google Classroom dimasa pandemi Covid-19. Seperti kita tahu dimasa Belajar Dari Rumah (BDR) aplikasi google classroom mampu menghubungkan guru dan peserta didik secara online. 

Salah satu peserta yang tak mau disebutkan namanya mengungkapkan pelatihan pemanfaatan google classroom dan google form  sangat bermanfaat dan berharap kegiatan ini bisa dilaksanakan sekali lagi.

“Terus terang kegiatan pelatihan ini sangat bermanfaat untuk saya dan teman-teman. Mungkin selama ini kami biasanya belajar dari tutorial dengan durasi singkat tapi kali ini kami diajarkan secara lengkap. Mudah-mudahan kegiatan ini bisa kembali dilaksanakan di SMK Negeri 1 Pandawai,” ungkapnya.*

No comments:

Post a Comment

Kami sangat menghargai pendapat Anda namun untuk kebaikan bersama mohon berkomentarlah dengan sopan!