Terima Kasih Telah Berkunjung ke Unclebonn.com Istilah dan Penjelasan pada Mata Pelajaran Bahan dan Alat Penagkap Ikan - unclebonn.com

Saturday, October 8, 2022

Istilah dan Penjelasan pada Mata Pelajaran Bahan dan Alat Penagkap Ikan

https://www.unclebonn.com/2022/10/istilah-dan-penjelasan-pada-mata.html

Bahan alat tangkap ikan yang biasa dalam Bahasa Inggris dikenal dengan sebutan Fishing Gear Materials. Bahan Alat Tangkap adalah semua bahan alat peralatan yang dipergunakan untuk membuat alat penangkap ikan. Namun dalam praktiknya masih insan perikanan atau pelaku perikanan memiliki perbedaan nama bahan dan peralatan dimaksud terutama para nelayan di beberapa daerah di Indonesia. 


Oleh karena itu pada kesempatan ini kami sajikan nama bahan dan peralatan yang dipakai dalam membuat alat tangkap disajikan secara sederhana  seperti di bawah ini. 


Baca Juga : Soal Pilihan Ganda Disertai Jawaban Mata Pelajaran Bahan Dan Alat Tangkap Nautika Kapal Penangkap Ikan


Webbing/ lembaran jaring 

Webbing adalah rangkaian dari simpul-simpul, tiap simpul membentuk sebuah mata jaring dan tiap baris simpul menambah panjang lembaran jaring dengan setengah mata

Webbing/Lembaran Jaring

Menurut Supardi Ardidja (2007) webbing adalah gabungan sejumlah mata jaring yang dijurai baik dengan cara disimpul atau tanpa simpul, dibuat dengan menggunakan mesin atau tangan, baik yang terbuat dari serat alami maupun serat buatan, juga merupakan komponen utama alat penangkap ikan


Seleran 


Seleran merupakan alat yang terbuat dari kayu atau bambu yang berfungsi sebagai penentu ukuran mata jaring, dimana ukuran lebar seleran adalah sama dengan ukuran ½ mata jaring tersebut. Seleran dapat dibuat dari bahan kayu, plastik, bambu, logam dan sebagainya.

Seleran

Coban 

Coban dari Bahan Plastik

Coban adalah suatu alat yang bentuknya menyerupai jarum. Coban digunakan untuk menempatkan/menggulung benang juraian yang akan dipakai untuk pembuatan jaring. Coban dapat terbuat dari bahan kayu, bambu, plastik, tanduk atau logam.


Baca Juga : Soal Dan Jawaban Teknik Penangkapan Ikan Dengan Alat Tangkap Gillnet Atau Jaring Insang


Netting Twine / Fishing Twine 

Netting twine/ Fishing Twine 

Netting Twine atau benang webbing merupakan jalinan tali jaring atau benang mempunyai besaran atau diameter.


Simpul (Knot)

Jenis-jenis simpul yang sering digunakan

Simpul adalah hubungan tali dengan tali yang belum diikatkan pada suatu benda lain.


Ikatan 

Ikatan

Ikatan adalah hubungan antara tali dengan benda lainnya, misal kayu, balok, bambu dan sebagainya


Hand wove adalah cara membuat jaring dengan tangan atau disebut dengan menjurai. Sedangkan pembuatan jaring dengan mesin disebut mechine wove


Tali temali adalah salah satu seni menyambung tali dengan menggunakan simpul-simpul sehingga membentuk suatu alat atau benda lain yang bermanfaat.




Gantungan atau menggantungkan mata jaring horizontal agar memudahkan dalam membentuk  mata jaring vertical.
Gantungan 
Berikut ada beberapa istilah yang perlu diketahui dalam pemotongan jaring antara lain : Mesh cut adalah memotong dua buah bar yang sejajar  dengan arah juraian. Point cut adalah memotong dua buah bar yang tegak lurus dengan arah juraian. Bar cut adalah memotong sebuah atau beberapa bar secara miring. 
Contoh jenis-jenis potongan jaring 


Clean mesh adalah simpul pada mata jaring yang dapat di bersihkan  tetapi tidak terbuka (lepas. Cutting rate adalah perbandingan antar mesh dan bar atau point dan bar pada bagian jaring  yang terpotong. 






Demikian penjelasan singkat dan sederhana terkait dengan materi Bahan Alat Tangkap atau Bahan Alat Penangkap Ikan (Fishing gear materials) yang biasa dipakai dalam dunia pendidikan di Indonesia khususnya pada SMK bidang keahlian kemaritiman dan kampus-kampus perikanan. Semoga bermanfaat. 





No comments:

Post a Comment

Kami sangat menghargai pendapat Anda namun untuk kebaikan bersama mohon berkomentarlah dengan sopan!