Terima Kasih Telah Berkunjung ke Unclebonn.com Rosario di Dusunku - unclebonn.com

Monday, May 16, 2022

Rosario di Dusunku

https://www.unclebonn.com/2022/05/rosario-di-dusunku.html

Ini sudah bulan Mei. Dalam tradisi umat Katolik Bulan Mei dan Bulan Oktober tiap tahunnya di kenal sebagai bulan Maria atau bulan Rosario. Setiap malam selama bulan itu umat Katolik akan berdoa secara bergiliran di rumah-rumah umat yang beragama Katolik. Biasanya dilaksanakan di setiap basis. Atau secara hirarki gereja disebut Kelompok Umat Basis (KUB). 


Di KUB kami, keluargaku anggota baru. Kami baru pindah rumah. Sudah setahun ini kami menetap namun baru mendaftarkan diri pada ketua KUB di dusun kami pada bulan Mei ini. Kami cukup memasukkan kartu keluarga agar tercatat sebagai anggota resmi di KUB kami. 


Suasana doa Rosario benar-bemar kental dengan nuansa kekeluargaan. Mereka menyambut keluarga kami dengan hangat. Suasana sedikit kaku hanya terjadi di malam pertama. Selanjutnya langsung akrab. Kerap penuh canda dan tawa. 


Walaupun di dusun namun soal waktu KUB ini benar-benar tepat waktu. Jam tujuh malam atau pukul 19.00 doa Rosario dimulai. Sungguh luar biasa. Keunikan lain yang bisa temukan adalah apapun kondisi rumahnya umat yang hadir semuanya harus berada di dalam rumah yang dikunjungi. Atau disekitar pelataran arca atau foto Bunda Maria. Walaupun berdesak-desakan. Lantunan doa salam Maria pun dilakukan secara bergilir. 


Anak-anak yang hadir cukup mendominasi di tambah ibu-ibu dan beberapa anak gadis. Untuk kaum Adam jumlah tidak sebanyak kelompok yang disebut tadi. Pemimpin doa Rosario ditentukan. Dengan jadwal doa yang sudah disusun untuk sebulan. 


Tidak ada kewajiban suguhan setelah doa Rosario. Namun setelah Rosario ada kebiasaan para umat (tuan rumah) bagi anggota KUB yang hadir disuguhkan segelas kopi atau teh ditambah kue atau gorengan. Ada juga yang menyiapkan penganan lokal. 


Rosario bagi keluarga kami selain kewajiban imani orang Katolik, juga kesempatan bersilaturahmi dengan keluarga Katolik yang ada di lingkungan sekitar kami. Selain itu kesempatan untuk meringankan beban akibat tugas dan pekerjaan. Cara relaksasi pikiran yang cukup efektif.


Bulan Rosario ini merupakan bulan penuh berkah karena kami yang hadir selalu saling mendoakan. Mendoakan orang-orang yang kami kunjungi. Bagiku, semoga Bunda Maria yang Selalu Menolong akan menolong kami yang sedang bergumul untuk tujuan hidup berkeluarga. 


Kami percaya dengan berdoa Rosario kami akan hidup dalam rasa syukur, karena kerahiman Tuhan Yesus Kristus kami akan dipulihkan atas segala dosa kami, atas sakit penyakit kami dan terutama diselamatkan oleh karena darah Yesus. Sehingga kami dapat menikmati janji Allah akan keselamatan abadi.


Salam Maria, Ora Pro Nobis.* 

Baca Juga : Rosario Pemberian Bunda Maria


No comments:

Post a Comment

Kami sangat menghargai pendapat Anda namun untuk kebaikan bersama mohon berkomentarlah dengan sopan!