Terima Kasih Telah Berkunjung ke Unclebonn.com Siapa Saja yang Dilahirkan Tanpa Dosa Asal? - unclebonn.com

Tuesday, December 28, 2021

Siapa Saja yang Dilahirkan Tanpa Dosa Asal?

https://www.unclebonn.com/2021/12/siapa-saja-yang-dilahirkan-tanpa-dosa.html

Apa itu dosa asal? Istilah "dosa asal" atau biasa juga disebut dengan "dosa waris", itu berhubungan dengan dosa ketidaktaatan Adam dalam memakan buah Pohon Pengetahuan yang Baik dan yang Jahat. Dan dosa Adam ini diturunkan dari generasi ke generasi.


Jadi karena Adam dan Hawa berdosa, maka semua manusia yang dilahirkan dari Adam dan Hawa memiliki dosa asal itu. Lalu apa akibat dari dosa asal itu?


Akibatnya kita manusia kehilangan kekudusan dan terpisah dari Allah. Soal ini kita bisa baca dalam Kitab Kejadian 3. Berarti kita semua manusia itu memiliki dosa asal. Pertanyaannya apakah ada orang yang dilahirkan tanpa Dosa Asal?


Baca Juga : Sebuah Catatan Untuk Pasutri Katolik : Pernikahan Bukan Parade Siklus Atau Mie Instan


Ada. Doktrin dan Tradisi Gereja Katolik Roma, memegang teguh bahwa ada tiga orang yang dilahirkan tanpa dosa asal. Siapa-siapa mereka?


Yang pertama adalah Yesus Kristus. Dia dikandung tanpa Dosa. Yesus Kristus dilahirkan tanpa dosa karena Ia pun dikandung tanpa dosa. Putera dari Perawan Maria, yang juga adalah Putera Allah. Dalam tradisi Katolik Roma, Dosa Asal, seperti telah dijelaskan di atas, diwariskan dari ayah ke anaknya; hal ini terjadi melalui hubungan seksual. Karena Bapa dari Kristus adalah Allah sendiri, maka tidak ada Dosa Asal yang diwariskan. Dengan dikandung dari Roh Kudus melalui kerjasama sukarela Maria pada peristiwa Anunsiasi yang mana Kristus tidak diperbudak oleh dosa Adam atau akibat-akibatnya. Terus siapa lagi?


Baca Juga : Katakan Kepada Pasanganmu : You Are My Everything


Yang kedua adalah Santa Perawan Maria. Sama halnya dengan Yesus, Santa Perawan Maria juga dilahirkan tanpa Dosa Asal karena ia pun dikandung tanpa Dosa Asal. Konsep Maria dilindungi dari Dosa Asal inilah sebabnya kita menyebut Maria sebagai Yang Dikandung Tanpa Noda.


Bagaimana bisa dijelaskan tentang Maria terlindung dari Dosa Asal? Kan orang tuanya Santo Yoakim dan Santa Anna, manusia biasa juga, kan?


Begini Maria terlindung dari Dosa Asal dengan cara yang berbeda dari Kristus. Maria adalah puteri Allah sama seperti Kristus adalah Putera Allah. Ayah Maria, Santo Yoakim, adalah seorang manusia, dan seperti semua manusia keturunan Adam, ia pun berada di dalam Dosa Asal. Normalnya, Yoakim akan mewariskan dosa asal itu kepada Maria melalui konsepsinya di dalam rahim Santa Anna. Namun Allah memiliki rencana lain. Rencana lain yang bagaimana?


Baca Juga : Apa Sih Maunya Istriku?


Paus Pius IX mengatakan bahwa Santa Maria dilindungi dari Dosa Asal “sejak awal konsepsinya, oleh sebuah rahmat tunggal dan hak istimewa yang dianugerahkan oleh Allah yang Mahakuasa.” (Lihat Konstitusi Apostolik Ineffabilis Deus, di mana Pius IX secara infallibel mempromulgasikan doktrin Maria Dikandung Tanpa Noda).


 “Rahmat tunggal dan hak istimewa” tersebut dikaruniakan kepada Maria oleh karena pengetahuan awal Allah bahwa Maria akan setuju untuk menjadi ibunda dari Putera-Nya. Maria memiliki kehendak bebas; mungkin saja ia akan mengatakan tidak; namun Allah tahu bahwa ia tidak melakukan demikian. Dan karena itulah, “berkat jasa-jasa Yesus Kristus, Juruselamat umat manusia,” Allah melindungi Maria dari noda Dosa Asal yang sudah menjadi kondisi umat manusia sejak Kejatuhan Adam dan Hawa.


Ini yang saya belum paham baik, karena hal yang sama juga yang menjadi alasan penolakan dari orang Protestan soal Maria Dikandung Tanpa Noda Dosa, karena kalau logis maka orang tua Maria juga memerlukan pembebasan dari awal sebelum mengandung Maria!


Baca Juga : Stigmata Dalam Pandangan Gereja Katolik


Penting dicatat di sini bahwa perlindungan Maria dari Dosa Asal sebetulnya tidak harus; Allah melakukannya atas dasar kasih yang begitu besar kepada Maria, dan melalui jasa-jasa penebusan Kristus. Agar Kristus dapat dilahirkan tanpa Dosa Asal, tidak wajib Maria juga dilahirkan tanpa Dosa Asal. Perlindungan Allah atas Maria merupakan sebuah tindakan murni karena kasih. Maria ditebus oleh Kristus; tetapi penebusannya dilaksanakan oleh Allah pada waktu konsepsinya, dalam antisipasi akan penebusan seluruh umat manusia oleh Kristus di kayu salib.


Baik soal ini sudah pahamkan? Lantas yang ketiga, siapa lagi?


Yang ketiga adalah Yohanes Pembaptis. Apakah sama kelahiran Santo Yohanes Pembaptis yang tanpa dosa dengan kelahiran tanpa dosa dari Yesus dan Maria?


Beda.  Yohanes Pembaptis dikandung dengan Dosa Asal, tapi dilahirkan tanpa dosa asal. Macam aneh sekali? Dikandung dengan Dosa Asal, tapi dilahirkan tanpa dosa asal? Bagaimana hal ini bisa dijelaskan? 


Baca Juga : Sekiranya Kamu Perlu Memberinya Anggur Asam


Ayah Yohanes, Zakaria, seperti juga Yoakim ayah Maria, berada dalam Dosa Asal. Namun Allah tidak melindungi Yohanes Pembaptis dari noda Dosa Asal pada saat konsepsinya. Jadi Yohanes pun, seperti kita semua keturunan Adam, juga berada di bawah Dosa Asal. Namun kemudian sebuah peristiwa mencengangkan terjadi. Ketika Maria, setelah diberi tahu oleh Malaikat Gabriel bahwa sepupunya, Elisabet, ibu dari Yohanes Pembaptis, sedang hamil pada usia tuanya (Lukas 1:36-37), dia pergi untuk membantu sepupunya tersebut. (Luk 1:39-40). Terus?


Nah pada saat peristiwa kunjungan Maria kepada Elisabeth inilah terjadi sebuah pengalaman yang luar biasa. Ketika mereka berdua sedang bergembira karena perjumpaan itu, “bayi [Yohanes Pembaptis] melonjak kegirangan di dalam rahim [Elisabet]” (Luk 1:41). Lonjakan ini yang oleh Tradisi dipandang sebagai pengakuan Yohanes atas kehadiran Kristus; di dalam rahim ibunya yang dipenuhi oleh Roh Kudus. Dan karena itu, pada saat yang sama juga, Yohanes ikut dipenuhi oleh Roh Kudus, dan “lonjakan” Yohanes dalam Rahim ibunya itu adalah sebuah bentuk Pembaptisan. 


Baca Juga : Bolehkah Seorang Wanita Katolik Berhijab?


Jadi Yohanes Pembaptis sebenarnya sudah dibaptis sejak masih dalam kandungan ibunya.


Jadi Yohanes Pembaptis, tidak seperti Kristus dan Maria, yang dikandung dengan Dosa Asal; namun tiga bulan sebelum kelahirannya, Yohanes Pembaptis sudah dibersihkan dari Dosa Asal, dan dengan demikian ia dilahirkan tanpa Dosa Asal. Paham sekarang?*

Penulis : MYB

Catatan : Artikel ini sudah diedit sesuai kebutuhan blog


No comments:

Post a Comment

Kami sangat menghargai pendapat Anda namun untuk kebaikan bersama mohon berkomentarlah dengan sopan!