Terima Kasih Telah Berkunjung ke Unclebonn.com Presiden Jokowi : Apakah Anda Tengah Menanti Vaksin Covid-19? Sabar, Saya juga! - unclebonn.com

Thursday, January 7, 2021

Presiden Jokowi : Apakah Anda Tengah Menanti Vaksin Covid-19? Sabar, Saya juga!

https://www.unclebonn.com/2021/01/presiden-jokowi-apakah-anda-tengah.html

Membuka tulisannya Presiden Joko Widodo bertanya, Apakah Anda Tengah Menanti Vaksin Covid-19? Sabar, Saya juga! Menurut Presiden Joko Widodo pada saat ini ketersediaan vaksin Covid-19 sudah ada. Bahkan sudah mulai didistribusikan ke daerah-daerah di Indonesia. 


"Vaksinnya sudah ada, dan sudah mulai didistribusikan ke daerah-daerah," ungkapnya melalui laman Facebook Presiden Joko Widodo Kamis, (7/1/2021).


Lebih lanjut ia menyampaikan permasalahan sampai saat ini belum dilaksanakan vaksinasi  karena masih menunggu ijin penggunaan dari BPOM dan MUI.


Baca Juga : Tetap Teguh Pak Jokowi


"Tapi kita masih menunggu izin penggunaan darurat dari Badan Pengawas Obat dan Makanan dan proses kajian halal dari Majelis Ulama Indonesia." 


Apabila semua prosedur sudah lewati pemerintah akan menggelar vaksinasi Covid-19 secara gratis bagi seluruh masyarakat Indonesia melalui beberapa tahap. 


Presiden seperti yang diberitakan oleh berbagai media online akan menjadi orang pertama dalam menerima vaksin Covid-19. Ia juga mempertegas lagi dan menyampaikan alasan mengapa dirinya menjadi orang pertama yang menerima vaksin Covid-19 melalui laman Facebook Presiden Joko Widodo hari ini Kamis, (7/1/2021).


"Dan saya sekali lagi akan menjadi orang pertama yang menerima vaksin Covid-19 tersebut. Mengapa Presiden jadi yang pertama? Bukan hendak mendahulukan diri sendiri, tapi agar semua yakin bahwa vaksin ini aman dan halal. Jadi, siap-siap saja," tulisnya untuk mempertegas lagi. 


Seperti yang dikutib dari Buku Saku Info Vaksin Covid-19 Vaksin adalah produk biologi yang berisi antigen yang bila diberikan kepada seseorang akan menimbulkan kekebalan spesifik secara aktif terhadap penyakit tertentu. Dan pelaksanaan vaksinasi ini berkaitan erat dengan kegiatan imunisasi. 


Baca Juga : Dulu Lawan Kini Kawan, Politik Itu Cair Dan Unpredictable, Bro!


Imunisasi adalah suatu upaya pembentukan kekebalan tubuh seseorang terhadap suatu penyakit sehingga apabila suatu saat terkena dengan suatu penyakit yang sama tidak akan sakit atau hanya mengalami sakit yang ringan saja. Selanjutnya,  tujuan pemberian imunisasi secara umum adalah untuk menurunkan angka kesakitan, kematian dan kecacatan akibat penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi.  


Lantas apa hubungan antara vaksin, imunisasi dan kekebalan kelompok (Herd Immunity)?


Vaksin akan membuat tubuh seseorang mengenal bakteri atau virus penyebab penyakit tertentu,  sehingga bila terpapar bakteri ataupun virus akan menjadi lebih kebal. Cakupan imunisasi yang tinggi dan merata akan membentuk kekebalan kelompok (Herd Immunity) sehingga mampu mencegah penularan atau keparahan suatu penyakit.*


No comments:

Post a Comment

Kami sangat menghargai pendapat Anda namun untuk kebaikan bersama mohon berkomentarlah dengan sopan!