Terima Kasih Telah Berkunjung ke Unclebonn.com Pesona Sumba Tengah (PESTA) - unclebonn.com

Friday, December 4, 2020

Pesona Sumba Tengah (PESTA)


https://www.unclebonn.com/2020/12/pesona-sumba-tengah-pesta.html
Pakaian Adat Wanita Sumba Tengah (Foto: OSA Online/Facebook.com)

Kali ini Admin Unclebonn.com akan memperkenalkan salah satu sisi budaya Kabupaten Sumba Tengah. Kabupaten Sumba Tengah berada di Pulau Sumba dan menjadi kabupaten termuda dibandingkan tiga kabupaten lainnya yakni Kabupaten Sumba Timur, Sumba Barat dan Kabupaten Sumba Barat Daya. 

Dikutib dari Wikipedia.org Kabupaten Sumba Tengah adalah sebuah kabupaten di provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Ibu kotanya berada di Kota Waibakul. Kabupaten ini adalah pemekaran dari Kabupaten Sumba Barat. Peresmian kabupaten ini dilakukan pada tanggal 22 Mei 2007.

Kabupaten Sumba Tengah sendiri terdiri dari 5 kecamatan dan 65 desa. Pada tahun 2017, jumlah penduduknya mencapai 84.174 jiwa dengan luas wilayah 1.868,74 km² dan sebaran penduduk 45 jiwa/km². Dari prespektif budaya dan adat Sumba Tengah tak beda jauh dengan dengan tiga kabupaten lainnya yang berada di Sumba. 

Seperti dikutib dari akun Facebook OSA Online bahwa Sumba Tengah sangat - sangat kaya, baik dari sisi bahasa daerah, tarian yang beraneka, irama gong, alam, tradisi, dan lain-lain. 

Lebih lanjut dijelaskan bahwa sejauh ini memang sangat sedikit warga Sumba Tengah yang bisa keluar dari bayang-bayang ber-Sumba pada umumnya (menurut saya) khususnya dalam berbusana daerah. 

Sumba Tengah dalam 4 mata angin dengan tradisi busana daerah (khusus kain sarung) memiliki ciri tersendiri. Semuanya dominan warna polos, tanpa banyak ornamen seperti saudaraku (orang asli) di Sumba Timur, Sumba Barat dan Sumba Barat Daya. 

Sumba Tengah 60 % - 75 % dominan polos, dan inilah keunikan Sumba Tengah. Sarung polos tanpa ornament benar - benar menjadi pembeda di daratan Sumba ini. Lebih jelasnya silahkan lihat slide show di bawah ini. Dan penonton juga bisa melihat slide lainnya tentang sarung dan kain asli yang berasal dari Sumba Timur. 
 
Sumba Tengah 60 % - 75 % dominan polos, dan inilah keunikan Sumba Tengah. Sarung polos tanpa ornament benar - benar menjadi pembeda di daratan Sumba ini. Dan pembaca juga bisa melihat slide lainnya tentang sarung dan kain asli yang berasal dari Sumba Timur. Silahkan klik Pesona Kain Dan Sarung Asli Sumba Timur

No comments:

Post a Comment

Kami sangat menghargai pendapat Anda namun untuk kebaikan bersama mohon berkomentarlah dengan sopan!